Peningkatan Kreativitas Melalui Pelatihan Finger Painting Bagi Guru PAUD

Rista Sundari*  -  Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Fatimatuz Zahro  -  Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

(*) Corresponding Author

Creativity is a very important aspect for everyone because with creativity everyone can express ideas and solve problems creatively. The purpose of the preparation of this research is for PAUD teachers to be able to increase creativity in early childhood learning, especially through finger painting practice training. The research method used is a library research method with data collection techniques from several sources and relevant literature accompanied by content analysis. Teachers are required not only to produce good learning in transforming science but also to hone the potential that exists in students. The results showed that with the training, there were many benefits or advantages obtained by teachers as educators to be able to carry out the teaching and learning process creatively, innovatively, and potentially.

Keywords : Training; Creativity; Finger Painting; Early Childhood,; Teachers; Pelatihan; Kreativitas; Finger Painting,; Guru; PAUD;

  1. Abdullah, Ramli. 2016, Pembelajaran dalam Prespektif Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran, lantannida Journal. 4 (1).
  2. Adirestury, Fitranty. 2017, Pengaruh Self-Effycacy Guru dan Kreativitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa dan Implikasinya Terhadap Prestasi Belajar Pada Masa Pelajaran Ekonomi, Jurnal Wahana Pendidikan 4 (1).
  3. Andriana, J. (2018). Kinerja Guru PAUD ditinjau dari Kualifikasi Pendidik, Pengalaman Mengajar, dan Pelatihan. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 83-88.
  4. Anggraini, S., Jaya, T. B., & Sofia, A. (2018). Pengaruh Aktivitas Permainan Finger Painting terhadap Pengenalan Warna Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 4(2).
  5. Astrea, Nina. 2015, Penerapan Metode Bermain Melalui Kegiatan Finger Painting untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus, e-Jurnal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 3 (1).
  6. Fitriani Dewi, Aisyah dkk, Aplikasi Kegiatan Main Finger Painting dalam Peningkatan Kreativitas Motorik Halus Anak Usia Dini, 6 (2). 1-14.
  7. Ismiyanto. 2018, Pelatihan Mengajar Seni Rupa Berbasis Konservasi Lingkungan bagi para Guru Sekolah Dasar, Rekaya 16 (1).
  8. Jufni, Muhammad. 2015, Kreativitas Guru PAI dalam Pengembangan Bahan Ajar di Madrasah Aliyah Jeumala Amal Lueng Putu, Jurnal Magister Administrasi Pendidikan, Vol, 3, No 4.
  9. Marlina, L., & Mayar, F. (2020). Pelaksanaan Kegiatan Finger Painting dalam Mengembangkan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1018-1025.
  10. Mulyawan, B. (2013). Pengaruh Pengalaman dalam Pelatihan terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Media Komunikasi FPIPS, 11(1).
  11. Nurjanah, N. (2017). Pengaruh Kegiatan Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Pra Sekolah di Tk At-Taqwa Cimahi. Jurnal Keperawatan BSI, 5(2).
  12. Pratiwi, P. Y., & Budisetyani, I. W. (2013). Emosi dan Penggunaan Warna Dominan pada Kegiata Mewarnai Anak Usia Dini. Jurnal Psikologi Udayana Vol, 1, 160-170.
  13. Rahmawati, W., & Pratisti, W. D. (2018). Efektifitas Pembelajaran Fikome (Finger Painting, Kolase Dan Menganyam) Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
  14. Rahmi, Putri, Mengembangkan Kecerdasan social dan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal BUNAYYA: Jurnal Pendidikan Anak. 6 (2), 1-26.
  15. Saepudin, E., & Damayani, N. A. (2016). Literasi Media Bagi Guru Paud Di Kecamatan Cicalengka. Dharmakarya, 5(1).
  16. Sandi, N. V., & Setyorini, R. (2018). ANALISIS KEGIATAN BIMBINGAN BELAJAR PADA ANAK USIA DINI DALAM KREATIVITAS PEMBELAJARAN FINGER PAINTING (Melukis Terhadap Peningkatan Motorik Halus). Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 128-143.
  17. Sri Judiani, Kreativitas dan Kompetensi Guru Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17 (1).
  18. Suciati, D. A. K. G., Suarni, N. K., Ujianti, P. R., & Psi, S. (2016). Pengaruh Kegiatan Finger Painting Berbasis Teori Lokomosi Terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2).
  19. Sundari, R., Karyono, T., & Soeteja, Z. (2020). Pengembangan Buku Pengayaan Bermuatan Lokal Bagi Mahasiswa PGSD. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 31-43.
  20. Vitamami, L (2013). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus dengan Finger Painting pada Kelompok A2 RA Babussalam Krian Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa.

apps