Paikem Model Pembelajaran Alternatif Bagi Anak Usia Dini

Naila Fikrina Afrih Lia*  -  Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Setyo Sekar sari  -  Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

(*) Corresponding Author

The Active, Innovative, Creative, Effective and Fun Learning Model (PAIKEM) is one of the various child centered learning models. The PAIKEM model is appropriate to be implemented in PIAUD institutions because it is in accordance with the characteristics of early childhood. PIAUD educator needs to fully understand the essence of PAIKEM to create a quality learning. This research uses literature study method with the formulation of the problem how the PAIKEM model design and implementation in the PIAUD institution. The results showed that the PAIKEM model is appropriate to be implemented in PIAUD institutions because the characteristics of the PAIKEM model are in accordance with the psychological development of early childhood where children play while learning. Educators can also optimize the potential of the surrounding environment as a creative and innovative learning resource, as well as create childfriendly, learning media by providing effective and fun games so that children become more active, innovate, and be creative to add to their experiences.


Keywords : Learning Model; PAIKEM, PIAUD; role of educator; edu game; Model Pembelajaran; PAIKEM, PIAUD; Peran Pendidik; Permainan;

  1. Darmadi. 2018. Optimalisasi Strategi Pembelajaran. Bogor : Guepedia.
  2. Darmono, Ikhwan Sapto. 2019. “Peningkatan Kinerja Pendidik dalam Pembelajaran PAIKEM melalui Supervisi Akademik Berkelanjutan bagi Pendidik Kelas Di SD Negeri Pucangan 03 Kec. Kartasura Tahun Pelajaran 2016/2017”. Jurnal Pendidikan Konvergensi Edisi 29. Vol. 6.
  3. Ernalis. 2013. “Implementasi PAIKEM dalam Penerapan Lingkungan sebagai Sumber Belajar Di PAUD dan TK”. Cakrawala Dini : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 3. No. 1.
  4. Fadlillah, M. 2014. EDUTAINMENT PENDIDIKAN ANAK USIA DINI : Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif, dan Menyenangkan. Jakarta : Kencana.
  5. Gora, Winastwan dan Sunarto. 2010. PAKEMATIK : Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta : Elex Media Komputindo.
  6. Habibah, U. (2013). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Melalui Model PAIKEM. Journal of Elementary Education, 2. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee/article/view/2737
  7. Hanifah, U. (2020). Penerapan Model PAIKEM dengan Menggunakan Media Permainan Bahasa dalam Pembelajaran Bahasa Arab. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Umi_Hanifah4/publication/344608929_Penerapan_Model_PAIKEM_dengan_Menggunakan_Media_Permainan_Bahasa_dalam_Pembelajaran_Bahasa_Arab/links/5f8dcd6ca6fdccfd7b6cf9da/Penerapan-Model-PAIKEM-dengan-Menggunakan-Media-Permaina
  8. Hardianto dan M Rusli Baharudin. 2019. “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM Gembrot terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahapeserta didik pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar”. CJPE : Cokroaminoto Journal of Primary Education Vol. 2. No. 1.
  9. Hidayat, Isnu. 2019. Strategi Pembelajaran Populer. Yogyakarta : DIVA Press.
  10. Lefudin. 2017. Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta : Deepublish.
  11. Lensun, Sherly. 2018. “Penggunaan Metode Pembelajaran PAIKEM dan Media Pembelajaran yang Bervariasi Bagi Pendidik-Pendidik PAUD Providentia Ceria Desa Batu Kecamatan Likupang Timur”. DAYA SAINS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1. No. 1.
  12. Maaruf, Zuhdi. 2009. “Implementasi Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) untuk Pendidikan Sains Di Sekolah”. Jurnal Geliga Vol. 3. No. 2.
  13. Mahanani, Endang Dewi. 2018. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Melalui Pendekatan “PAKEM” Bagi Peserta didik Kelas VII A SMP Negeri 6 Wonogiri Semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015”. Jurnal Pendidikan Konvergensi Edisi 25. Vol. 5.
  14. Nurdiansyah, Sinta, dkk. 2019. “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik Melalui Menggunakan Metode PAIKEM GEMBROT”. Bestari : Jurnal Studi Pendidikan Islam Vol. 16. No. 1.
  15. Rahlini, 2018. “Meningkatkan Kemampuan Pendidik Dalam Menerapkan Pembelajaran PAIKEM Melalui Bimbingan Intensif di TK Dewi Sartika Kecamatan Pandawan”. Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan Vol. 4. No. 3.
  16. Setyowati, Novita Dwi. 2018. "Penerapan Permainan Kreatif Mencari Harta Karun Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak”. Jurnal PINUS Vol. 3. No. 2.
  17. Siregar, Pariang Sonang, dkk. 2017. “Penerapan Pendekatan Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) pada Pembelajaran Matematika”. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD Vol. 5. No. 2.
  18. Sukaryasih, Komang Dewi, dkk. 2016. “Penerapan Model PAKEM Berbatuan Alat Permainan Edukatif Plastisin Untuk Meningkatkan Kemandirian Anak”. e-Journal Pendiidkan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha Vol. 4. No. 1.
  19. Sumar, Warni Tune. 2016. Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Soft Skill. Yogyakarta : Deepublish.
  20. Suwarti. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Dasar Kognitif Melalui Permainan “Rainbowling” Pada Anak Kelompok B-1 Tk Islam Al Falah Kecamatan Pesantren Kota Kediri”. Jurnal PINUS Vol. 3. No. 2.
  21. Zulfahmi HB. 2013. “Indikator Pembelajaran Aktif dalam Konteks Pengimplementasian Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM)”. Jurnal At-Ta’lim Jilid 1. No. 4.

apps