Implementasi Model Problem Based Learning dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah

Nurun Nafidzah, Zulaikhah Zulaikhah

Abstract


            Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tema 5 pada siswa kelas 6 MI Islamiyah Desa Bulusari.  Karenakan penggunaan metode yang digunakan oleh guru tidak sesuai dengan karakter dari materi mata pelajaran yang disampaikan. Maka dari itu permasalahan dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran khususnya tema 5 dengan menggunakan model pembelajaran PBL pada siswa. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif.  Subjek penelitian adalah siswa kelas 6A di MI Islamiyah Bulusari Desa Bulusari, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak. yang terdiri dari 31 siswa.  Objek penelitian adalah Model Pembelajaran PBL.  Tekhnik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes tertulis sebelum diberikan tindakan prosentase ketuntasan belajar yang diperoleh pada prasiklus 25, 81 %, sedangkan pada siklus I sebesar 83,87 % , kemudian pada siklus II sebesar 87,09 % dan pada siklus III sebesar 93,54 %.  Jadi dari Siklus I menuju Siklus II perkembangan anak mengalami peningkatan sebesar 3,22%, kemudian dari siklus II menuju siklus III mengalami peningkatan kembali sebesar 6,45 %. Sedangkan dari pra tindakan menuju Siklus III mengalami peningkatan sebesar 67,73 %. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar.


Keywords


Bahasa Indonesia, Madrasah Ibtidaiyah, Problem Best Learning, Prestasi Belajar, PPKN.

Full Text:

PDF

References


Achmad Saifudin, Upaya meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Jakarta; UIN Syarif Hidayatullah.

I wayan Dasna dan Sutrisno, Pembelajaran berbasis masalah (problem based learning), dari http://lubisgrafura.wordpress.com. Diakses pada tanggal 18 November 2022

I wayan Dasna dan Sutrisno, Pembelajaran berbasis masalah Diakses pada tanggal 18 November 2022

Junaedi, M., Nasikhin, N., & Hasanah, S. (2022). Issues in the Implementing of Online Learning in Islamic Higher Education During the Covid-19 Pandemic. Ta'dib, 25(1), 33-46.

Nasikhin, N., & Raaharjo, R. (2022). Moderasi Beragama Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah dalam Konsep Islam Nusantara dan Islam Berkemajuan. Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman, 11(1), 19-34.

Nasikhin, N., & Shodiq, S. (2021). DIFFERENT PERSPECTIVE OF RELIGIOUS EDUCATION IN ISLAMIC THEOLOGY AND WEST THEOLOGY. Jurnal Al-Fatih, 4(2), 328-342.

Nasikhin, N., Ismutik, I., & Albab, U. (2022). PHILOSOPHY OF ISLAMIC SCIENCE IN AL-FARABI'S PERSPECTIVE. RUSYDIAH: Jurnal Pemikiran Islam, 3(1), 20-34.

Nasikhin, N., Shodiq, S., Albab, U., Al-Ami, B., & Ismutik, I. (2022). Tantangan Pendidikan Agama Islam di Era Posh Truth. Al Manam: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 2(1), 25-36.

Nurhayati Abbas, Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah 2018.

Resti Septikasari dan Rendi Nugraha Frasandy, “Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar”. (Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, Volume III Edisi 02 2018).

Sumiati, (2008). “Pembelajaran”, Bandung : CV. Wahana Prima

Wiantinaisyah, dkk. Pembelajaran melalui metode PBL dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Fakultas Farmasi Universitas Padjajaran. http:/wiantimultiply.com/journal/ item/7/. diakses tanggal 18 November 2022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Research Journal on Teacher Professional Development (ISSN 2988-0432) Published by Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia.

Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Tambakaji, Kec. Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kode Pos 50185