Penerapan Model Pembelajaran Window Shopping pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Materi Fathu Makkah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Madrasah Aliyah

Fifi Nur Rokhmah

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Fathu Makkah di kelas X MIPA 6 MAN 2 Banjarnegara. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran window shopping. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siklus I adalah 76,29, Siklus II meningkat menjadi 83,00 dan siklus III meningkat menjadi 88,43. Ketuntasan hasil belajar yang didapatkan adalah 71,43% pada siklus I, meningkat menjadi 85,71% di siklus II dan 100% di siklus III. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran window shopping dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Fathu Makkah di kelas X MIPA 6 MAN 2 Banjarnegara.


Keywords


window shopping, learning outcomes, learning completeness, Islamic cultural history

Full Text:

PDF

References


Apriana, Baiq Nurjihatun. Model Cooperative Learning Tipe Window Shopping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IX-B SMP Negeri 1 Wansaba. Wuny, Edisi September, 2020.

Arikunto, Suharsimi. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Aslan dan Suhari. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jakarta: Ebooksia Publisher, 2018.

Berdiati, Ika. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif dan Menyenangkan). Bandung: Sega Asry, 2010.

Daryanto. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010, cet. VI.

Djamarah, Syaipul Bahri dan Aswan Zain. Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Erliyanti, Rusnida. “Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Window Shopping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Konsep Himpunan Pada Kelas VII C SMP N 3 Hulu Sungai Tengah. Jurnal EDU-MAT. Volume 7. Nomor 2, Oktober 2019.

Gazalba, Sidi. Asas Kebudayaan Islam Dalam Pembahasan Ilmu Dan Filsafat. Jakarta: Bulan Bintang, 1978.

Isjoni. Cooperative Learning: Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung: Alfabeta, 2012.

J. Moleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.

Majid, Abdul. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Margono, S. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Adi Mahasatya, 2004.

Menteri Agama Republik Indonesia. Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 000912 Tahun 2013.

Nasikhin, N., & Raaharjo, R. (2022). Moderasi Beragama Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah dalam Konsep Islam Nusantara dan Islam Berkemajuan. Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman, 11(1), 19-34.

Nurjihatun Apriana, Baiq. “Model Cooperative Learning Tipe Window Shopping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IX-B SMP Negeri 1 Wansaba. Jurnal Wuny. Edisi September, 2020.

Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Restiwi, Lizza. Skripsi: “Penerapan Model Pembelajaran Window Shopping Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep IPA Siswa Pada Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi di MTs Jabal Nur Kandis. Pekanbaru: UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 2022.

Rochmat, Saefur. Ilmu Sejarah dalam Perspektif Ilmu Sosial. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009.

Sopiatin, Popi dan Sohari Sahrani. Psikologi Belajar dalam Perspektif Islam. Bogor: Ghalia Indonesia, 2011.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Sulistijati, Nurdjannah. Window Shopping dalam Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Deepublish, 2022.

Suprijono, Agus. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya, 2011.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.

Ulumudin, Ikhya dkk. Pemanfaatan Penilaian Hasil Belajar Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jakarta: Puslikjatdikbud, 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Research Journal on Teacher Professional Development (ISSN 2988-0432) Published by Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia.

Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Tambakaji, Kec. Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kode Pos 50185