Peningkatan Hasil Belajar Qur’an Hadits Model Problem Based Learning Materi Keutamaan Memberi

Rini Setiawati, Nasirudin Nasirudin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data observasi yang menunjukkan perolehan hasil belajar al-Qur’an hadits materi hadits keutamaan memberi siswa sangat rendah. Untuk merespons hal itu maka peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini antara lain: (1) Untuk mengatahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an hadits, (2) Untuk mengatahui hasil belajar siswa kelas VI semester I di MI Matholi’ul Huda 02 Troso tahun pelajaran 2022/2023 pada mata pelajaran Al-Qur’an hadits materi  keutamaan memberi setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. 

Penelitian dilaksanakan menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VI MI Matholi’ul Huda 02 Troso yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, sedangkan teknik analisa data menggunakan teknik holberman yaitu reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Problem Based Learning, ini mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil tiap siklus yang dilakukan. Perincian nilai rata-rata pra-siklus rata-ratanya adalah 66. Posttes siklus I nilai rata-ratanya adalah 71,8. Posttes siklus II nilai rata-ratanya adalah 75,5. Posttes siklus III nilai rata-ratanya adalah 85. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari nilai normal gain tiap siklusnya, yakni   hhN-gain siklus I adalah 0,52. N-gain siklus II adalah 0,53 dan  N-gain siklus III adalah 0,727 atau bisa dibulatkan menjadi 0,73. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis dengan menggunakan metode Problem Based Learning, dirasa sudah maksimal karena pencapain nilai diatas KKM sudah melebihi target yang cukup tinggi yaitu 87%.


Full Text:

PDF

References


Alisuf Sabri, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 2007), h. 55

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 2002), Cet.2, h.10

E. Mulyasa, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2009), h. 212

Materi pelatihan penerapan Metode PBL di IBII, Elsa Krisanti & Kamarza Mulia, 2004 dalam M. Taufiq Amir, Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning, Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan, (Jakarta: Kencana, 2010), Cet. II, h. 21

Muhibin Syah, Psikologi Pendidikan dan Pendekatan Baru, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004), h. 92-93

Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006), cet.10, h. 22.

Nasikhin, N., & Raaharjo, R. (2022). Moderasi Beragama Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah dalam Konsep Islam Nusantara dan Islam Berkemajuan. Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman, 11(1), 19-34.

Nasikhin, N., & Shodiq, S. (2021). DIFFERENT PERSPECTIVE OF RELIGIOUS EDUCATION IN ISLAMIC THEOLOGY AND WEST THEOLOGY. Jurnal Al-Fatih, 4(2), 328-342.

Nasikhin, N., Ismutik, I., & Albab, U. (2022). PHILOSOPHY OF ISLAMIC SCIENCE IN AL-FARABI'S PERSPECTIVE. RUSYDIAH: Jurnal Pemikiran Islam, 3(1), 20-34.

Nasikhin, N., Shodiq, S., Albab, U., Al-Ami, B., & Ismutik, I. (2022). Tantangan Pendidikan Agama Islam di Era Posh Truth. Al Manam: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 2(1), 25-36.

Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, (Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2009), h. 44

Sutraman,dkk,al-qur’an hadits kelas 6,Jakarta,Direktorat KSKK Madrasah,2020,hlm.53

Tim Penyususn Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka: 1998), Cet. I, h. 300


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Research Journal on Teacher Professional Development (ISSN 2988-0432) Published by Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia.

Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Tambakaji, Kec. Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kode Pos 50185