Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab Melalui Media Flash card Bagi Kelas VIII MTs Al Manshur Klaten Tahun Pelajaran 2022/2023

Shofwatin Ni'mah, Mahfudz Siddiq

Abstract


Menurut observasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil belajar bahasa arab peserta didik kelas VIII MTs Al manshur Klaten masih rendah. Masih banyak peserta didik yang kurang tertarik mengikuti pembelajaran bahasa arab, sehingga dalam proses pembelajaran peserta didik menjadi kurang aktif. Dalam hal ini, Guru perlu menggunakan media yang menarik minat belajar bahasa arab peserta didik agar hasil belajar bahasa arab peserta baik. Maka dari itu, peneliti memilih media pembelajaran bahasa arab yang menarik minat peserta didik dengan media Flash Card. Melalui media Flash Card ini diharapkan hasil belajar bahasa arab peserta didik dapat meningkat. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan mediaFlash Card yang bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar bahasa arab. Masalah dalam penelitian ini adalah, apakah melalui media Flash Card dapat meningkatkan hasil belajar bahasa arab? Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2022 dengan subjek penelitian berjumlah 23 peserta didik yang duduk di kelas VIII MTs Al Manshur Klaten. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Setiap siklus menggunakan prosedur tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.Data hasil tindakan siklus 1 menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata kelas 84,34, Kemudian hasil tindakan siklus 2 menunjukkan peningkatan dengan rata-rata nilai kelas mencapai 88,26, kemudian tindakan siklus 3 mengalamai peningkatan lagi dengan rata-rata nilai kelas menjadi 89,04.


Keywords


Hasil Belajar; Media Flash Card

Full Text:

PDF

References


Kementerian Agama RI. 2009. Al Qur’an dan Terjemhnya. Surabaya: CV Penerbit Fajar Mulya

Madyawati, Lilis. 2017. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Kencana.https://ejournal. Unikama.ac.id/ indeks. php/JPPI/article/view /5684

Makruf ,Imam . 2011. Penelitian Tindakan Kelas Panduan Praktis bagi Guru Profesional.Surakarta : IAIN Press

Rosyidah, Miftachur dan Jandut Gregorious. 2015 “Penggunaan Media Flash Card Dalam ModelTGT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V Sekolah Dasar”. Jurnal PGSD. Vol. 03 No. 02

Said, Alamsyah dan Andi Budimanjaya. 2015 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences.Jakarta : Kencana

Zaini Hisyam. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: IAIN Sunan Kalijaga Press

Zulhanan. 2015. Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif. Jakarta: Rajawali Pers.2014


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Research Journal on Teacher Professional Development (ISSN 2988-0432) Published by Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia.

Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Tambakaji, Kec. Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kode Pos 50185