Penguasaan Kosakata Arab Melalui Model Discovery Learning bagi Siswa Madrasah Tsanawiyah

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nurul Fasekhah

Abstract

ABSTRAK
Dalam proses pembelajaran Bahasa Arab masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar, Guru juga tidak menggunakan metode-metode yang dapat memudahkan siswa dalam memahami materi yang disampaikan. Masih banyak siswa yang tidak memahami apa yang disampaikan oleh guru. Siswa susah mengingat kosakata yang ada di dalam teks, sehingga penguasaan mufradat masih rendah. Beberapa hal di atas menjadikan minat dan motivasi siswa untuk mempelajari Bahasa Arab sangat kurang. Maka ketepatan pemilihan suatu pendekatan, model dan metode pembelajarannya tidak bisa dianggap sepele. Penerapkan model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan penguasaan mufradat pada pelajaran Bahasa Ara bias jadi sebuah solusi
Tujuan penelitian kali ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran kosakata Arab menggunakan model Discovery Learning di kelas VII-A MTs Fathul Ulum tepatnya pada siswa unggulan dan bagaimana peningkatan penguasaan mufradat siswa setelah diterapkannya model Discovery Learning dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas VII-A MTs Fathul Ulum.
Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK), dengan mengambil data kelas VII-A MTs Fathul Ulum sebagai subyek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan analisis data secara kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab materi mufradat dengan menggunakan model Discovery Learning baik pada siklus 1, 2 maupun siklus 3, terdapat peningkatan yaitu: peserta didik terlihat semangat selama proses pembelajaran berlangsung, peserta didik terlihat tidak bosan dan tidak mengantuk selama pembelajaran, dan peserta didik sudah mulai nampak aktif pada siklus 3. Prasiklus yang mencapai KKM hanya 15%. Sedangkan siklus 1 (70%), siklus ke 2 (85%) dan di siklus ke 3 sudah mencapai 100% nilai rata-rata 93,50.
Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pembelajaran dengan model Discovery Learning pada pembelajaran Bahasa Arab kelas VII-A MTs Fathul Ulum Gabus terbukti dapat meningkatkan penguasaan kosakata Arab (mufradat). Dan dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran bahasa Arab.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Abidin, Zaenal. “Motivasi dalam Strategi pembelajaran Dengan Pendekatan ARCS,
  2. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta”. Jurnal SUHUF,
  3. Vol.XVIII, No.02, 2006.
  4. Afendi, Akhmad. Efektivitas Penggunaan Metode Discovery Learning Terhadap Hasil
  5. Belajar Kelas X SMK Diponegoro Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga: Fakultas Sains
  6. dan Teknologi, 2012.
  7. Akbar, Sa‟dun. Instrumen Perangkat Pembelajaran, Cet. I. Bandung: Remaja
  8. Rosdakarya, 2013.
  9. Arifin, Zainal. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja
  10. Rosdakarya, 2011).
  11. B. Uno, Hamzah. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar
  12. yangKreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Askara, 2011.
  13. Dahar, Ratna Wilis, Teori-teori Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Erlangga, 2011
  14. Effendi, Ahmad Fuad, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Misykat Malang: Percetakan
  15. Nuansa Jogjakarta, 2005
  16. Ma‟arif, Syamsul. Guru Profesional Harapan dan Kenyataan. Semarang: Need.S Press,
  17. Mulyana,Deddy.Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan
  18. Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2003.
  19. Nasir, Moh. Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2009.
  20. Nurhadi. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK.
  21. Malang: UniversitasNegeri Malang, 2004.
  22. Nurhayati, Hesti. Pembelajaran dengan metode Discovery Learning dalam Meningkatkan
  23. hasil belajar Kimia siswa pada Konsep Pembahasan Asam Basa. UIN: Jakarta,
  24. Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta:
  25. Kencana Prenada Media Group, 2006
  26. Suharsimi Arikunto, Langkah Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta; PT. Rineka
  27. Cipta, 2006. ----------, Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: Bumi Aksara, 2007).
  28. Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT Remaja
  29. Rosdakarya, 2004
  30. Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep Landasan dan
  31. Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta:
  32. Prenada Media Group, 2010