Penerapan Metode Card Sort untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar
Keywords:
metode card sort, keaktifan siswa, pendidikan agama islam, sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran PAI dengan menggunakan metode card sort pada siswa Kelas III di SD Negeri 2 Sidorejo Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2022/2023. Apakah penerapan metode cart sort dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran PAI dengan menggunakan metode card sort pada siswa Kelas III di SD Negeri 2 Sidorejo Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2022/2023? Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklusnya terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dan dokumentasi. Teknik peanalisis data dengan rumus persentase keaktifan siswa, dinyatakan berhasil sudah mencapai batas keberhasilan klasikal sebesar 94,7%. Hasil Penelitian menunjukkan metode card sort dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran PAI dengan menggunakan metode card sort pada siswa Kelas III di SD Negeri 2 Sidorejo Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2022/2023. Hal ini dibuktikan dengan ketuntasan Siklus 1 50 % mengalami peningkatan 34% pada siklus II yaitu 84%. Kemudian pada siklus III juga mengalami peningkatan 10,7 % dibandingkan dengan siklus II.
Downloads
References
Melvin L. Silberman, Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif, (Bandung: Nusamedia, 2011), cet. IV, h. 169.
A. Fatah Yasin, Dimensi-dimensi Pendidikan Islam, (Malang: UIN Malang Press, 2008), h. 185.
Fifi Ulfia” Efektifitas Metode Card Sort dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih pada Siswa MI,” Skripsi pada Sarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta, 2012, h. 19, tidak dipublikasikan.
Herawati, “Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Strategi Card Sort pada Pelajaran Bahasa Indonesia,” Skripsi pada Sarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta, 2013, h. 22, tidak dipublikasikan.
Sudjana, Nana dan Wari Suwariyah. (1991). Model-Model Mengajar CBSA Bandung: CV Sinar Baru Offse
Nana Sudjana. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Piskurich, G. M., Peter B., dan Brandon H. (2000). The ASTD Handbook of Training Design and Delivery. United States of America: Mc Graw-Hill Companies.
Silberman, M. L. (2014). Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif (Alih bahasa: Raisul Muttaqien). Bandung: Nuansa Cendekia.
Warsono dan Hariyanto. (2013). Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya