Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Kolase dengan Media Loose Parts

Restya Nugrahaeni, Baiti Al Ami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan kolase dengan media loose parts. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan kelas. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas siswa. Berdasarkan analisis dan pengamatan hasil dari penelitian tersebut diperoleh informasi bahwa upaya meningkatkan kemampuan motoric halus anak melalui kegiatan kolase dengan media loose parts dapat meningkat. Sebelum diberikan kegiatan kolase media loose parts baru mencapai 52,1%, pada siklus I 71,9 % dan pada siklus II mencapai 82,8 % telah melebihi target yang ditetapkan yaitu >75 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan motoric halus anak semakin besar.

Keywords


anak, kolase, media loose parts, motorik halus

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: Rineka Cipta

Bruner. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Terjemah Suyanto Slamet. Jakarta: Depdiknas.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

KBBI Online. 2022. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Tersedia di http://www.kbbi.com. (online) diakes 23 desember 2021

Levie & Lentz. 2012. Fungsi dan Manfaat Media. Jakarta: Rajawali Pers

Masitoh. 2005. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka

Purnawati dan Eldarni. 2001. Media Pembelajaran. Jakarta: Rineke Cipta

Sudono. 1995. Alat Perainan dan Sumber Belajar. Jakarta: Depdikbud

Suhardjono, Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Susanto, Ahmad. 2011 Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana

Zaman & Eliyawati. 2014. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung, PGPAUD FIP UPI


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Research Journal on Teacher Professional Development (ISSN 2988-0432) Published by Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia.

Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Tambakaji, Kec. Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kode Pos 50185