Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Kolase dengan Media Loose Parts

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Restya Nugrahaeni
Baiti Al Ami

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan kolase dengan media loose parts. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan kelas. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas siswa. Berdasarkan analisis dan pengamatan hasil dari penelitian tersebut diperoleh informasi bahwa upaya meningkatkan kemampuan motoric halus anak melalui kegiatan kolase dengan media loose parts dapat meningkat. Sebelum diberikan kegiatan kolase media loose parts baru mencapai 52,1%, pada siklus I 71,9 % dan pada siklus II mencapai 82,8 % telah melebihi target yang ditetapkan yaitu >75 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan motoric halus anak semakin besar.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
  2. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Bruner. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Terjemah Suyanto Slamet. Jakarta: Depdiknas.
  4. Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
  5. KBBI Online. 2022. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Tersedia di http://www.kbbi.com. (online) diakes 23 desember 2021
  6. Levie & Lentz. 2012. Fungsi dan Manfaat Media. Jakarta: Rajawali Pers
  7. Masitoh. 2005. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka
  8. Purnawati dan Eldarni. 2001. Media Pembelajaran. Jakarta: Rineke Cipta
  9. Sudono. 1995. Alat Perainan dan Sumber Belajar. Jakarta: Depdikbud
  10. Suhardjono, Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara
  11. Susanto, Ahmad. 2011 Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana
  12. Zaman & Eliyawati. 2014. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung, PGPAUD FIP UPI