Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Materi Sumber Hukum Islam Melalui Media Audio Visual di Kelas X DKV 2 Tahun Pelajaran 2022-2023
Keywords:
Peningkatan Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Sumber Hukum IslamAbstract
Media audio visual adalah salah satu metode untuk meningkatkan hasil belajar PAI peserta didik Kelas X SMK Negeri 1 Sale Kecamatan Sale Kabupaten Rembang Tahun pelajaran 2022/2023. Permasalahan dalam penelitian ini adalah banyaknya siswa yang mendapatkan nilai rendah atau belum tuntas pada materi Sumber Hukum Islam pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Sale Kecamatan sale Kabupaten Rembang Tahun Pelajaran 2022/2023.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI materi Sumber Hukum islam kelas X SMK Negeri 1 Sale Kecamatan Sale Kabupaten Rembang tahun pelajaran 2022/2023.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan siklus penelitian. Rinciannya tindakan prasiklus, tindakan siklus I dan tindakan siklus II. Setiap siklus terdiri empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksaanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X DKV 2 SMK Negeri 1 Sale sebanyak 25 peserta didik, data yang diperoleh berupa hasil tes formatif.Untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran PAI materi Sumber Hukum islam melalui media audio visual dilakukan tes uji coba yang dilaksanakan pada tindakan prasiklus, tindakan siklus I dan tindakan siklus II kemudian hasilnya dianalisis. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa kecenderungan hasil prestasi belajar peserta didik mata pelajaran PAI materi Sumber Hukum Islam kelas X DKV 2 SMK Negeri 1 Sale ada peningkatan, yakni pada saat tindakan prasiklus/sebelum dilakukannya tindakan siklus selanjutnya hanya terdapat 7 peserta didik yang memperoleh nilai tuntas atau 28 % dari jumlah peserta didik, dengan skor rata – rata sebesar 64,6. Kemudian setelah diadakan tindakan pada siklus I ada peningkatan yaitu 18 peserta didik yang mendapatkan nilai tuntas atau 73 % dari jumlah peserta didik dengan rata- rata nilai 73,2. Dilanjutkan tindakan pada siklus II peserta didik yang mendapatkan nilai tuntas sebanyak 24 peserta didik atau 96 % dari jumlah siswa dengan rata-rata nilai 80,8. Dengan demikian berarti ada peningkatan hasil prestasi belajar yang cukup signifikan yaitu sebanyak lebih kurang 68%Downloads
References
Ahmadi, Islam sebagai paradigma ilmu pendidikan,Yogyakarta: Aditya media,
Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, (Jakarta: Raja Grafindo
Persada, 2003), Ed. 1, Cet ke 5,
Damayanti & Moedjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta:Rineka Cipta, 2007
Ismail SM, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, Cet. Ke- IV,
Semarang: Rasail Media Group, 2008
Mustakim Zainal, Strategi & Metode Pembelajaran, Pekalongan: STAIN
Pekalongan PRESS, 2013
Nana Sudjana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Cet. Ke-10,
(Bandung: Sinar Baru Algesindo,2009.
Junaedi, M., Nasikhin, N., & Hasanah, S. (2022). Issues in the Implementing of Online Learning in Islamic Higher Education During the Covid-19 Pandemic. Ta'dib, 25(1), 33-46.
Sarwitos Wirawan, Psikologi Remaja, Jakarta:Rajawali Pres, 1988
Sugiono, Metode Penelitian Kwuantitatif Kualitatif R & D, Bandung: Alfabeta, 2010
Suharsmi Arikunto, & Safrudin, Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis
Praktis bagi Praktisi Pendidikan, Jakarta:Bumi Aksara, 2009
Suryana & Suryadi, yang dikutip dari M Surya, Modul Bimbingan
Konseling/DMS, Jakarta: Kemenag RI, 2009
Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung :Sinar
Baru Algensido Offset.
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia
Suleiman, Amir Hamzah. 1991. Media Audio-Visual untuk pengajaran,
penerangan, dan penyuluhan. Jakarta: PT Gramedia
Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia