Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Materi Sumber Hukum Islam Melalui Media Audio Visual di Kelas X DKV 2 Tahun Pelajaran 2022-2023

Dina Andriyani, Dina Andriyani, Mahfud Junaedi

Abstract


Media audio visual adalah salah satu metode untuk meningkatkan hasil belajar PAI peserta didik Kelas X SMK Negeri 1 Sale Kecamatan Sale Kabupaten Rembang Tahun pelajaran 2022/2023. Permasalahan dalam penelitian ini adalah banyaknya siswa yang mendapatkan nilai rendah atau belum tuntas pada materi Sumber Hukum Islam pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Sale Kecamatan sale Kabupaten Rembang Tahun Pelajaran 2022/2023.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI materi Sumber Hukum islam kelas X SMK Negeri 1 Sale Kecamatan Sale Kabupaten Rembang tahun pelajaran 2022/2023.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan siklus penelitian. Rinciannya tindakan prasiklus, tindakan siklus I dan tindakan siklus II. Setiap siklus terdiri empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksaanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X DKV 2 SMK Negeri 1 Sale sebanyak 25 peserta didik, data yang diperoleh berupa hasil tes formatif.Untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran PAI materi Sumber Hukum islam melalui media audio visual dilakukan tes uji coba yang dilaksanakan pada tindakan prasiklus, tindakan siklus I dan tindakan siklus II kemudian hasilnya dianalisis. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa kecenderungan hasil prestasi belajar peserta didik mata pelajaran PAI materi Sumber Hukum Islam kelas X DKV 2 SMK Negeri 1 Sale ada peningkatan, yakni pada saat tindakan prasiklus/sebelum dilakukannya tindakan siklus selanjutnya hanya terdapat 7 peserta didik yang memperoleh nilai tuntas atau 28 % dari jumlah peserta didik, dengan skor rata – rata sebesar 64,6. Kemudian setelah diadakan tindakan pada siklus I ada peningkatan yaitu 18 peserta didik yang mendapatkan nilai tuntas atau 73 % dari jumlah peserta didik dengan rata- rata nilai 73,2. Dilanjutkan tindakan pada siklus II peserta didik yang mendapatkan nilai tuntas sebanyak 24 peserta didik atau 96 % dari jumlah siswa dengan rata-rata nilai 80,8. Dengan demikian berarti ada peningkatan hasil prestasi belajar yang cukup signifikan yaitu sebanyak lebih kurang 68%

Keywords


Peningkatan Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Sumber Hukum Islam

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Islam sebagai paradigma ilmu pendidikan,Yogyakarta: Aditya media,

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, (Jakarta: Raja Grafindo

Persada, 2003), Ed. 1, Cet ke 5,

Damayanti & Moedjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta:Rineka Cipta, 2007

Ismail SM, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, Cet. Ke- IV,

Semarang: Rasail Media Group, 2008

Mustakim Zainal, Strategi & Metode Pembelajaran, Pekalongan: STAIN

Pekalongan PRESS, 2013

Nana Sudjana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Cet. Ke-10,

(Bandung: Sinar Baru Algesindo,2009.

Junaedi, M., Nasikhin, N., & Hasanah, S. (2022). Issues in the Implementing of Online Learning in Islamic Higher Education During the Covid-19 Pandemic. Ta'dib, 25(1), 33-46.

Sarwitos Wirawan, Psikologi Remaja, Jakarta:Rajawali Pres, 1988

Sugiono, Metode Penelitian Kwuantitatif Kualitatif R & D, Bandung: Alfabeta, 2010

Suharsmi Arikunto, & Safrudin, Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis

Praktis bagi Praktisi Pendidikan, Jakarta:Bumi Aksara, 2009

Suryana & Suryadi, yang dikutip dari M Surya, Modul Bimbingan

Konseling/DMS, Jakarta: Kemenag RI, 2009

Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung :Sinar

Baru Algensido Offset.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia

Suleiman, Amir Hamzah. 1991. Media Audio-Visual untuk pengajaran,

penerangan, dan penyuluhan. Jakarta: PT Gramedia

Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Research Journal on Teacher Professional Development (ISSN 2988-0432) Published by Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia.

Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Tambakaji, Kec. Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kode Pos 50185