MENILIK PEREMPUAN SEBAGAI SOCIAL CLIMBER DALAM PANDANGAN EKONOMI ISLAM

Authors

  • Nurudin Nurudin Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo, Semarang
  • Muyassarah Muyassarah Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo, Semarang

DOI:

https://doi.org/10.21580/sa.v12i2.1710

Keywords:

women, social climber, Islamic economics

Abstract

Social climber is described as a person who is eager to gain a higher social status in his or her society. In the globalization era, many women show off their styles that are not in accordance with their belongings. Those who look glamorous do not pay attention to the Islamic economic value. Therefore how women restrict the future generations not to be excessive in appearing their performance to avoid undesirable social and psychological impacts. Principally, Islam does not justify social climber because in Islamic economics istishod is recognized as the balance between the world and the hereafter which is in line with the Islamic economic goal namely al-falah. It means a balanced luck between the world and the hereafter. But it does not mean showing off glamorous behaviour in the world as such so it causes jealousy among the surrounding environment and induces criminals to commit crime such as theft, robbery and others. Social climber is also regarded as isrof means extravagance. Islamic economics forbids people to live extra­vagant­ly and miserly regardless of its impact because Islamic economics advocate simple life.

_________________________________________________________

Social climber digambarkan sebagai seseorang yang ingin men­dapatkan status sosial yang lebih tinggi di sekitarnya. Dalam kondisi zaman globalisasi banyak perempuan yang bergaya pamer tidak sesuai dengan kondisi materi yang dimilikinya. Mereka yang ber­penampilan glamor tidak memperhatikan nilai-nilai ekonomi Islam. Oleh karena itu bagaimana para perempuan membatasi agar generasi-generasi mendatang tidak berlebihan dalam berpenampil­an untuk menghindari dampak sosial dan psikologi yg tidak diingin­kan. Pada prinsipnya, Islam tidak membenarkan social climber karena di dalam ekonomi Islam dikenal istilah istishod yakni ke­seimbangan antara dunia dan akhirat yang sejalan dengan tujuan ekonomi Islam yang disebut al-falah. Artinya keberuntungan yang seimbang antara dunia dan akhirat, jangan hanya untung dunia yang justru pamer atau berperilaku glamor yang menyebabkan kecemburuan lingkungan sekitar dan mengundang penjahat me­laku­kan kejahatan misalnya pencurian, perampokan dan lain-lain. Social climber juga termasuk isrof yakni pemborosan. Ekonomi Islam melarang hidup boros berfoya-foya dan kikir tanpa memperhatikan dampaknya karena ekonomi Islam menganjurkan hidup sederhana.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anto, M.B. Hendrie, Pengantar Ekonomika Mikro Islami, Yogyakarta: Ekonisia UII, 2003.

Bhasin, Kamla, Menggugat Patriarki, Pengantar tentang Persoalan Dominasi terhadap Kaum Perempuan, Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya, 1996.

Chapra, Umer, Islam dan pembangunan Ekonomi, Jakarta: Gema Insani, 2000.

Featherstone, Mike, Postmodernisme dan Budaya Konsumen, terjemahan Misbah Z. Elisabeth, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001.

http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/perempuan-ternyata-tidak-melulu-berperilaku-konsumtif/

http://solo.tribunnews.com/2017/05/07/hobi-pamer-dan-sok-kaya-di-sosial-media-hati-hati-bisa-jadi-kamu-masuk-golongan-social-climber

Islahi, Abdul Azmi, Economic Concepts of Ibn Taimiyah, London: The Islamic Foundation, 1988.

Karim, Adiwarman A., Ekonomi Mikro Islami, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2015.

Muslehuddin, Muhammad, Wacana Baru: Manajemen dan Ekonomi Islam, Yogyakarta: IRCiSoD, 2004.

Mustafa dkk, Pengenalan Eksklusif Ekononomi Islam, Jakarta: Fajar Press, 2006.

al-Nabhani, Taqyuddin, Membangun System Ekonomi Alternatif Perspektif Islam, Surabaya: Risalah Gusti, 2002.

Nata, Abuddin, Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia, Jakarta: Raja Grafinda Persada, 2014.

Qardhawi, Yusuf, Spektrum Zakat dalam Membangun Ekonomi Kerakyatan, Jakarta: Zikrul Hakim, 2005.

Ritzer, pengantar, dalam Jean Baudrillard, Masyarakat Konsumsi, terjemahan Wahyunto, Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2004)

Suprayitno, Eko, Ekonomi Islam, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2005.

Wiryanto. Teori Komunikasi Massa, Jakarta: Grasindo. 2000.

Downloads

Published

2017-04-30

Issue

Section

Articles