BABY SMOKER: PERILAKU KONSUMSI ROKOK PADA ANAK DAN STRATEGI DAKWAHNYA

Authors

  • Hasyim Hasanah IAIN Walisongo, Semarang

DOI:

https://doi.org/10.21580/sa.v9i2.635

Keywords:

baby smoker, rokok, strategi dakwah

Abstract

Anak merokok merupakan fenomena yang dianggap wajar oleh sebagian besar orang tua. Anak merokok dari tahun ketahun terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini disebabkan karena banyak faktor, diantaranya faktor yang ber­sifat internal maupun eksternal, baik karena watak ke­biasa­an, maupun pengaruh dari lingkungan khususnya media massa. Pada beberapa kasus anak merokok memiliki dampak negative dalam perkembangan kehidupannya diantaranya efek berupa sakit fisik maupun psikologis, dan perilaku malasuai. Kondisi ini perlu diminimalisir agar perilaku merokok anak dapat di­mini­ma­li­sir. Salah satu upaya yang diduga dapat dilakukan untuk mengurangi peningkatan perilaku merokok adalah dengan upaya dakwah Islam dengan mengoptimalkan bentuk kegiatan dakwah yaitu irsyad, tabligh, tadbir, dan tathwir.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aris dalam Siti Wahyuningsih, Bebaskan Indonesia dari Baby Smoker, Solo: Kementerian Kesehatan Kota Solo, 2012.

Atmarita, “Nutrition Problems in Indonesia”, The article for An Integrated International Seminar and Workshop on Lifestyle-Related Diseases, Gajah Mada University, 19-20 March, 2005

Data Komnas Perlindungan Anak, lihat dalam http://www.tribunnews. com/2012/03/15/komnas-perlindungan-anak-desak-rpp-tembakau-disahkan, diakses Selasa, 19 Pebruari 2013

Enjang As, dkk. Dasar-dasar Ilmu Dakwah, Bandung: Widyapadjajaran, 2009

FJ. Monks, Psikologi Perkembangan, Yogyakarta: UGM Press, 2006

live is grace | Bahaya Merokok Bagi Kesehatan, Lihat dalam http://w3nny. student.umm.ac.id/2010/02/04/bahaya-merokok-bagi-kesehatan/, diakses 25 Pebruari 2013

Martini, Santi. Muji Sulistiowati. The Determinants of Smoking Behavior among Teenagers in East Java Province, Indonesia: Health, Nutrition and Population (HNP) Discussion Paper Economics of Tobacco Control Paper No. 32. HNP, the World Bank, TFI WHO. December 2005. Lihat dalam www.worldbank.org/hnp and www. worldbank.org/tobacco, diakses 23 Pebruari 2013

Muliarta, “jangan kaget 1.2 juta anak Indonesia perokok aktif”, lihat dalam http://www.citizenjurnalism.com/hot-topics/daily-snapshot/jangan-kaget-12-juta-anak-indonesia-perokok-aktif/, diakses Selasa, 19 Pebruari 2013.

Mundir Suparta, dkk. (ed.), Metode Dakwah, Jakarta: Kencana, 2011

Pusat Komunikasi Publik Sekretariat Jendral Kementrian Kesehatan RI, “Laporan Global Adult Tobacco Survey (GATS),” Kementerian Kesehatan RI, 2012

Tjandra Y Aditama. Masalah Merokok dan Penanggulangannya. Yayasan Penerbiyan IDI bekerjasama dengan PDPI dan LM3. Jakarta, 2001

U.S. Department of Health and Human S ervices. Reducing Tobacco Use: A Report of the Surgeon General-Rxecutive Summary. Atlanta, Georgia: U.S. Department of Health and Human Services, Centers for Disease Control and Prevention, National Center for Chronic Disease Prevention and Health Promotion, Office on Smoking and Health, 2000

UHAMKA, Komnas P Anak. Dampak Keterpajanan Iklan Promosi dan Sponsor Rokok terhadap Kognisi, Afeksi dan Perilaku Merokok Anak. Jakarta, 2007.

Vibrant Life. How to Stop Smoking for Life. Vibrant Life: Special Issue no date, hlm.6. www.vibrantlife.com, diakses 25 Pebruari 2013.

Downloads

Published

2014-04-21

Issue

Section

Articles