BABY SMOKER: PERILAKU KONSUMSI ROKOK PADA ANAK DAN STRATEGI DAKWAHNYA
DOI:
https://doi.org/10.21580/sa.v9i2.635Keywords:
baby smoker, rokok, strategi dakwahAbstract
Anak merokok merupakan fenomena yang dianggap wajar oleh sebagian besar orang tua. Anak merokok dari tahun ketahun terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini disebabkan karena banyak faktor, diantaranya faktor yang bersifat internal maupun eksternal, baik karena watak kebiasaan, maupun pengaruh dari lingkungan khususnya media massa. Pada beberapa kasus anak merokok memiliki dampak negative dalam perkembangan kehidupannya diantaranya efek berupa sakit fisik maupun psikologis, dan perilaku malasuai. Kondisi ini perlu diminimalisir agar perilaku merokok anak dapat diminimalisir. Salah satu upaya yang diduga dapat dilakukan untuk mengurangi peningkatan perilaku merokok adalah dengan upaya dakwah Islam dengan mengoptimalkan bentuk kegiatan dakwah yaitu irsyad, tabligh, tadbir, dan tathwir.Downloads
References
Aris dalam Siti Wahyuningsih, Bebaskan Indonesia dari Baby Smoker, Solo: Kementerian Kesehatan Kota Solo, 2012.
Atmarita, “Nutrition Problems in Indonesia”, The article for An Integrated International Seminar and Workshop on Lifestyle-Related Diseases, Gajah Mada University, 19-20 March, 2005
Data Komnas Perlindungan Anak, lihat dalam http://www.tribunnews. com/2012/03/15/komnas-perlindungan-anak-desak-rpp-tembakau-disahkan, diakses Selasa, 19 Pebruari 2013
Enjang As, dkk. Dasar-dasar Ilmu Dakwah, Bandung: Widyapadjajaran, 2009
FJ. Monks, Psikologi Perkembangan, Yogyakarta: UGM Press, 2006
live is grace | Bahaya Merokok Bagi Kesehatan, Lihat dalam http://w3nny. student.umm.ac.id/2010/02/04/bahaya-merokok-bagi-kesehatan/, diakses 25 Pebruari 2013
Martini, Santi. Muji Sulistiowati. The Determinants of Smoking Behavior among Teenagers in East Java Province, Indonesia: Health, Nutrition and Population (HNP) Discussion Paper Economics of Tobacco Control Paper No. 32. HNP, the World Bank, TFI WHO. December 2005. Lihat dalam www.worldbank.org/hnp and www. worldbank.org/tobacco, diakses 23 Pebruari 2013
Muliarta, “jangan kaget 1.2 juta anak Indonesia perokok aktif”, lihat dalam http://www.citizenjurnalism.com/hot-topics/daily-snapshot/jangan-kaget-12-juta-anak-indonesia-perokok-aktif/, diakses Selasa, 19 Pebruari 2013.
Mundir Suparta, dkk. (ed.), Metode Dakwah, Jakarta: Kencana, 2011
Pusat Komunikasi Publik Sekretariat Jendral Kementrian Kesehatan RI, “Laporan Global Adult Tobacco Survey (GATS),” Kementerian Kesehatan RI, 2012
Tjandra Y Aditama. Masalah Merokok dan Penanggulangannya. Yayasan Penerbiyan IDI bekerjasama dengan PDPI dan LM3. Jakarta, 2001
U.S. Department of Health and Human S ervices. Reducing Tobacco Use: A Report of the Surgeon General-Rxecutive Summary. Atlanta, Georgia: U.S. Department of Health and Human Services, Centers for Disease Control and Prevention, National Center for Chronic Disease Prevention and Health Promotion, Office on Smoking and Health, 2000
UHAMKA, Komnas P Anak. Dampak Keterpajanan Iklan Promosi dan Sponsor Rokok terhadap Kognisi, Afeksi dan Perilaku Merokok Anak. Jakarta, 2007.
Vibrant Life. How to Stop Smoking for Life. Vibrant Life: Special Issue no date, hlm.6. www.vibrantlife.com, diakses 25 Pebruari 2013.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Therefore, the author must submit a statement of the Copyright Transfer Agreement.*)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In line with the license, authors and third parties (readers, researchers, and others) are allowed to share and adapt the material. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.
________
*) Authors whose articles are accepted for publication will receive confirmation via email and send a Copyright Transfer Agreement.