STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP AL-MUNAWWIR SANGATTA SELATAN

Muhammad Yasin*  -  Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta, Indonesia
Siti Komariah  -  Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta, Indonesia

(*) Corresponding Author
Pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Untuk memajukan bangsa dan negara, diperlukan sistem pendidikan yang berkualitas. Salah satu unsur terpenting untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah pengamatan terhadap proses pembelajaran di sekolah, khususnya di kelas, rumusan dalam mengatasi permasalahan 1).Bagaimana proses pembelajaran siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Al-Munawwir? , 2). Bagaimana strategi guru dalam mengatasi kejenuhan belajar di SMP Al-Munawwir?, 3). Bagaimana problem dalam mengatasi kejenuhan pada mata pelajaran PAI di SMP Al-Munawwir?. Pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan pendapat Miles dan Huberman yang meliputi kondensasi data, tampilan data, menggambar dan memverifikasi kesimpulan. Hasilnya adalah: 1). pembelajaran PAI sangat memiliki peran besar dalam membentuk nilai religious para santri dan santriwati di SMP Al-Munawir Sangatta Selatan, 2). seorang guru mengembangkan kreatifitasnya dalam mempersiapkan konsep strategi pembelajaran, kemudian guru harus memperhatikan kondisi dan suasana tempat belajarnya, jika didalam kelas membuat siswa bosan atau jenuh guru bisa mengalihkan pembelajaran dengan belajar di luar kelas, ataupun guru bisa mengubah konsep dan metode didalam pembelajaran tersebut. Manfaat strategi tersebut bisa membantu untuk mengatasi keadaan siswa yang bosan dalam pembelajaran. 3). problem atau masalah terberat atau kendala yang paling sering dijumpai dalam proses pembelajaran adalah merasa jenuh, bosan, dan ngantuk dengan materi yang disampaikan guru yang berakibat pada kejenuhan dan juga ngantuk serta motivasi belajar siswa yang kurang sehingga malas untuk belajar dengan serius dan malas mendengarkan guru saat pembelajaran

Keywords: implementasi; hubungan masyarakat; kepercayaan masyarakat;

  1. Abdussalam, Idzan Afrian. “Strategi Guru PAI Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja” 5, no. 2 (2013): 7.
  2. Afifah, I., & Sopiany, H. M. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Peserta Didik DI SMP Negeri 1 Labakkang Kabupaten Pangket Skripsi. Vol. 87, 2017.
  3. Ahmad Aunur Rohman And Sayyidatul Karimah, n.d.
  4. Ahmadi, Abu. Strategi Belajar Mengajar. Bandung, 2018.
  5. Airin, N U R. Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Di Madrasah, 2022.
  6. Asipi, Lili Sururi, Utami Rosalina, and Dwi Nopiyadi. “The Analysis of Reading Habits Using Miles and Huberman Interactive Model to Empower Students’ Literacy at IPB Cirebon.” International Journal of Education and Humanities 2, no. 3 (2022): 117–25.
  7. Management, Islamic, Jurnal Manajemen, and Pendidikan Islam. “Islamic Management; Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol.I, No.1, Januari 2018,” no. 1 (2018): 116–27.
  8. Muhammad Darwis Dan Aprida Pane, n.d.
  9. Nurlela, and Eri Purwanti. “Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Peserta Didik.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah 5, no. 1 (2020): 8–15. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v5i1.53.
  10. Riska, Riska Kurniawati, and Ulfa Danni Rosada Ulfa. “Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Smp Muhammadiyah Bantul.” Dharmas Education Journal (DE_Journal) 2, no. 2 (2021): 380–90. https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.528.
  11. Samrin, Samrin. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik. Shautut Tarbiyah. Vol. 27, 2021. https://doi.org/10.31332/str.v27i1.2895.
  12. Samsu, Ibu. No Title. Sangatta Selatan, n.d.
  13. Sulistyowati, Nashir Wahyu Tri Supartini. Strategi Guru PAI Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa. Surakarta, 2022.
  14. Tanjung, Wisudatul Ummi, and Dian Namora. Kreativitas Guru Dalam Mengelola Kelas Untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah. Vol. 7, 2022. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).9796.
  15. Uin, Library, and Sunan Ampel. “View Metadata, Citation and Similar Papers at Core.Ac.Uk,” 2018.
  16. Yasin, Muhammad, and Kiki Fadilah. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengatasi Kekurangan Tenaga Pendidik Di Smp Islam Ma’arif Sangatta Utara.” An-Nadzir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 01 (2023): 1–11.
  17. Yasin, Muhammad, and Siti Sri Fattul Jannah. “Penanggulangan Dampak Negatif Media Sosial Melalui Peran Guru Dan Masyarakat Di Sekolah.” DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 1, no. 3 (2022): 250–58.
  18. Yasin, Muhammad, Rosaliana Rosaliana, and Sevia Rahayu Nur Habibah. “Peran Guru Di Sekolah Dan Masyarakat.” DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 2, no. 3 (2023): 382–89.
  19. Abdussalam, Idzan Afrian. “Strategi Guru PAI Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja” 5, no. 2 (2013): 7.
  20. Afifah, I., & Sopiany, H. M. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Peserta Didik DI SMP Negeri 1 Labakkang Kabupaten Pangket Skripsi. Vol. 87, 2017.
  21. Ahmad Aunur Rohman And Sayyidatul Karimah, n.d.
  22. Ahmadi, Abu. Strategi Belajar Mengajar. Bandung, 2018.
  23. Airin, N U R. Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Di Madrasah, 2022.
  24. Asipi, Lili Sururi, Utami Rosalina, and Dwi Nopiyadi. “The Analysis of Reading Habits Using Miles and Huberman Interactive Model to Empower Students’ Literacy at IPB Cirebon.” International Journal of Education and Humanities 2, no. 3 (2022): 117–25.
  25. Management, Islamic, Jurnal Manajemen, and Pendidikan Islam. “Islamic Management; Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol.I, No.1, Januari 2018,” no. 1 (2018): 116–27.
  26. Muhammad Darwis Dan Aprida Pane, n.d.
  27. Nurlela, and Eri Purwanti. “Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Peserta Didik.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah 5, no. 1 (2020): 8–15. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v5i1.53.
  28. Riska, Riska Kurniawati, and Ulfa Danni Rosada Ulfa. “Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Smp Muhammadiyah Bantul.” Dharmas Education Journal (DE_Journal) 2, no. 2 (2021): 380–90. https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.528.
  29. Samrin, Samrin. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik. Shautut Tarbiyah. Vol. 27, 2021. https://doi.org/10.31332/str.v27i1.2895.
  30. Samsu, Ibu. No Title. Sangatta Selatan, n.d.
  31. Sulistyowati, Nashir Wahyu Tri Supartini. Strategi Guru PAI Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa. Surakarta, 2022.
  32. Tanjung, Wisudatul Ummi, and Dian Namora. Kreativitas Guru Dalam Mengelola Kelas Untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah. Vol. 7, 2022. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).9796.
  33. Uin, Library, and Sunan Ampel. “View Metadata, Citation and Similar Papers at Core.Ac.Uk,” 2018.
  34. Yasin, Muhammad, and Kiki Fadilah. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengatasi Kekurangan Tenaga Pendidik Di Smp Islam Ma’arif Sangatta Utara.” An-Nadzir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 01 (2023): 1–11.
  35. Yasin, Muhammad, and Siti Sri Fattul Jannah. “Penanggulangan Dampak Negatif Media Sosial Melalui Peran Guru Dan Masyarakat Di Sekolah.” DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 1, no. 3 (2022): 250–58.
  36. Yasin, Muhammad, Rosaliana Rosaliana, and Sevia Rahayu Nur Habibah. “Peran Guru Di Sekolah Dan Masyarakat.” DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 2, no. 3 (2023): 382–89.

Open Access Copyright (c) 2023 Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional

View My Stats
apps