EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PAI SISTEM DARING PADA SISWA SMA DI DESA PLUMBON KECAMATAN SELOPAMPANG KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2020

Hasan Fuady*  -  STAINU Temanggung, Indonesia
Nur Alfi Muanayah  -  STAINU Temanggung, Indonesia
Sholeh Kurniandini  -  STAINU Temanggung, Indonesia

(*) Corresponding Author

Penggunaan media daring menjadi solusi selama masa darurat kesehatan atas pandemi covid-19 dengan adanya himbauan untuk belajar dari rumah pada tanggal 16 maret – 29 maret 2020. Dalam hal ini dinas pendidikan merespon dengan mengeluarkan surat edaran tentang belajar dari rumah sehingga menjadi dasar penelitian pada siswa SMA desa Plumbon Tahun 2020. Permasalahan yang kemudian dirumuskan dalam penelitian adalah bagaimana efektifitas pembelajaran PAI sistem daring pada siswa SMA di Desa Plumbon Kecamatan Selopampang Kabupaten Temanggung Tahun 2020. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif  dengan menggunakan metode penelitian langsung lapangan, adapun teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa efektifitas pembelajaran PAI menggunakan sistem daring dengan kondisi masa darurat kesehatan covid-19 berjalan kurang efektif. Penggunaan daring atau dalam jaringan memiliki beberapa kekurangan di antaranya respon peserta didik terhadap pembelajaran daring yang masih rendah, beberapa kendalanya kebutuhan kuota internet yang besar, sinyal yang tidak stabil, spesifik gawai yang rendah, dana terbatas dan lainnya.

Keywords: learning effectiveness; online; high school students

  1. Abdullah, Amin, 2006, Metodologi Penelitian Agama: Pendekatan Multidisipliner, Yogyakarta: LP UIN Sunan Kalijaga.
  2. Abdurahman, Dudung, 2006, Metodologi Penelitian Agama Pendekatan Multidisipliner, Yogyakarta: LP UIN Sunan Kalijaga.
  3. Baharuddin, 2015, Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
  4. Barizi, Ahmad, 2011, Pendidikan Integratif Akar Tradisi dan Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam, Malang: UIN-Maliki Press.
  5. Baskoro, Wahyu, -, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Edisi Lux, Jakarta: Setia Kawan Press.
  6. Bektiarso, Singgih, 2015, Strategi Pembelajaran, Yogyakarta: Laksbang Press.
  7. Daryanto, 2013, Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran, Yogyakarta: Gava Media.
  8. Ismail, 2009, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan, Semarang: Rasail Media.
  9. Karsidi, Ravik, 2011, Sosiologi Pendidikan, Surakarta: LPP UNS.
  10. Komariah, Aan, dan Cepi Triatna, 2005, Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif, Bandung: Bumi Aksara.
  11. Kompri, 2016, Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa, Bandung: Rosdakarya.
  12. Mudlofir, Ali, 2017, Desain Pembelajaran Inovatif Dari Teori ke Praktik, Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  13. Putri Melania, Eka, 2020, Pembelajaran Daring, Apakah Efektif Untuk Indonesia?,(Online),(http://muda.kompas.id/baca/2020/04/06/pembelajaran-daring-apakah-efektif-untuk-indonesia. diakses tanggal 28 April 2020).
  14. Sardiman, A.M., 2004, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  15. Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
  16. Ungguh Muliawan, Jasa, 2014, Metodologi Penelitian Pendidikan, Yogyakarta: Gava Media.
  17. https://pddi.kemendesa.go.id/desa?id=3323152012 diakses tanggal 2 Juni 2020
  18. https://www.kanalpengetahuan.com/arti-kata-daring-dan-luring. Diakses tanggal 10 Juni 2020.

Open Access Copyright (c) 2020 Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional

View My Stats
apps