PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) BERMUATAN SWH (Science Writing Heuristic) PADA MATERI STOIKIOMETRI KELAS X DI MA FUTUHIYYAH 2 MRANGGEN DEMAK

Siti Zumronah, R Firmansyah, Muhammad Zammi

Abstract


Penelitian pengembangan petunjuk praktikum kimia berbasis POGIL bermuatan SWH ini didasarkan pada karakteristik peserta didik yang menyukai praktikum. Namun, petunjuk praktikum yang digunakan seperti buku resep, sehingga belum mampu mengarahkan peserta didik menemukan konsep materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kualitas petunjuk praktikum kimia berbasis POGIL bermuatan SWH yang dapat mengarahkan peserta didik menemukan konsep materi. Petunjuk praktikum berbasis POGIL bermuatan SWH dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Akan tetapi yang dilakukan dalam penelitian ini hanya terbatas pada tahap development. Subjek penelitian ini adalah 9 peserta didik dari MA Futuhiyyah 2 Mranggen Demak dengan tingkat pemahaman berbeda. Karakteristik dari petunjuk praktikum kimia yang dikembangkan antara lain: 1) Petunjuk praktikum disusun dengan tahapan-tahapan (orientasi, eksplorasi, penemuan konsep, aplikasi, dan penutup) yang dapat mengarahkan peserta didik menemukan konsep, 2) pertanyaan-pertanyaan dalam petunjuk praktikum bersifat rinci dan dikaitkan dengan kehidupan nyata peserta didik. Penilaian kualitas petunjuk praktikum kimia berbasis POGIL bermuatan SWH menggunakan validasi ahli dan respon peserta didik. Hasil penilaian validasi ahli materi mendapat kategori sangat baik (SB) dengan persentase 92,3%, sedangkan penilaian ahli media mendapat kategori sangat baik (SB) dengan persentase 90,83%. Respon peserta didik terhadap petunjuk praktikum menunjukkan kategori sangat baik (SB) dengan persentase 84,2%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa petunjuk praktikum berbasis POGIL bermuatan SWH layak digunakan sebagai panduan pelaksanaan praktikum di Laboratorium dan perlu diuji lebih lanjut pada kelas besar untuk mengetahui keefektifan produk dalam pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Agung, Salamah & Marc S. Schwartz. (2007). Students’ Understanding of Conservation of Matter, Stoichiometry and Balancing Equations in Indonesia. Internation Journal of Science Education, 29:13, 1679-1702. Canada: McGill University

Chang, Raymond. (2004). Kimia Dasar Edisi 3 Jilid 1. Jakarta: Gramedia

Erkol, Mehmet, et al., (2010). The Effect of Implementation of Science Writing Heuristic on Students’ Achievement and Attitudes toward Laboratory in Introductory Physics Laboratory. Procedia Social and Behavioral Sciences 2 (2010) 2310-2314

Firmansyah, R. Arizal. (2012). Implementasi Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dalam Perkuliahan dan Science Writing Learning (SWH) dalam Praktikum: Telaah Peranan Pendidikan Kimia dalam Mensukseskan Green Chemistry. IAIN Walisongo Semarang: Tadris Kimia

Hale, Dena dan Linda Greef Mullen. (2009). Designing Process-Oriented Guided-Inquiry Activities: A New Innovation for Marketing Classes. Marketing Education Review, Volume 19, Number 1

Hanson, David M. (2005). Designing Process-Oriented Guided-Inquiry Activities. Stony Brook University: Department of Chemist

Schoeder, Jacob D. and Thomas J. Greenbowe. (2008). Implementing POGIL in the Lecture and The Science Writing Heuristic in The Laboratory-Student Perceptions and Performance in Undergraduate Organic Chemistry. Chem.Educ.Res.Pract.2008, Vol. 9, Number 149-156

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2013). Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Desertasi. Bandung: ALfabeta

Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Widoyoko, Eko Putro. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar




DOI: http://dx.doi.org/10.21580/phen.2019.9.1.3773

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :
Journal Terindex di DOAJJournal Terindex di Google ScholarJournal Terindex di AcademiaJournal Terindex di Portal GarudaJournal Terindex di MorarefJournal Terindex di SintaJournal Terindex di Crossref Journal Terindex di BaseJournal Terindex di onesearch


Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA

Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Walisongo
Jl. Prof. Hamka km 2, Ngaliyan, Semarang - Indonesia
Phone: +62 24 7615387
Email: phenomenon@walisongo.ac.id