Pengembangan Four-Tier Multiple Choice Diagnostic Test untuk Mengetahui Tingkat Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Termokimia

Sanaa Jauza Roghdah*  -  Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Muhammad Zammi  -  Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Julia Mardhiya  -  Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

(*) Corresponding Author

Kesulitan peserta didik pada pemahaman materi termokimia melalui suatu proses pembelajaran berpotensi menyebabkan kesulitan peserta didik dalam memahami materi kimia yang lain. Untuk menghindari hal ini, maka perlu dicari letak kesulitan peserta didik dengan tes yang bersifat diagnostik agar dapat diketahui tingkat pemahaman dan kelemahan peserta didik dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kualitas instrumen tes diagnostik pilihan ganda empat tingkat yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode Design Based Research (DBR) dengan model pengembangan yang diadaptasi oleh Reeves. Subjek dari penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI MAN 2 Kota Semarang. Instrumen yang dikembangkan terdiri atas kisi-kisi soal tes, petunjuk pengerjaan tes, soal tes, kunci jawaban, pedoman penskoran, dan pedoman interpretasi hasil tes. Melalui uji coba yang dilakukan, instrumen tes diagnostik ini dinyatakan valid dan reliabel dengan nilai reliabilitas sebesar 0,985.

Keywords: Tes diagnostik, tingkat pemahaman, termokimia.

  1. Ardiansah, A., Masykuri, M., & Rahardjo, S. B. (2018). Student certainty answering misconception question: Study of Three-Tier Multiple-Choice Diagnostic Test in Acid-Base and Solubility Equilibrium. Journal of Physics: Conference Series, 1006(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1006/1/012018
  2. Caleon, I. S., & Subramaniam, R. (2010). Do students know What they know and what they don’t know? Using a four-tier diagnostic test to assess the nature of students’ alternative conceptions. Research in Science Education, 40(3), 313–337. https://doi.org/10.1007/s11165-009-9122-4
  3. Gurel, D. K., Eryilmaz, A., & McDermott, L. . (2015). A review and comparison of diagnostic instruments to identify students’ misconceptions in science. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 11(5), 989–1008. https://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1369a
  4. Gurel, D. K., Eryılmaz, A., & McDermott, L. C. (2015). A Review and Comparison of Diagnostic Instruments to Identify Students’ Misconceptions in Science. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 11(5), 989–1008.
  5. Habiddin, & Page, E. M. (2019). Development and validation of a four-tier diagnostic instrument for chemical kinetics (FTDICK). Indonesian Journal of Chemistry, 19(3), 720–736. https://doi.org/10.22146/ijc.39218
  6. Harahap, I. P. P., & Novita, D. (2020). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Tes Diagnostik Four-Tier Multiple Choice ( 4TMC ) pada Konsep Laju Reaksi. Unesa Journal of Chemical Education, 9(2), 222–227.
  7. Herrington, J., McKenney, S., Reeves, T., & Oliver, R. (2007). Design-based research and doctoral students: Guidelines for preparing a dissertation proposal. World Conference on Educational Multimedia, Hypermedia and Telecommunications, 4089–4097.
  8. Irby, S. M., Phu, A. L., Borda, E. J., Haskell, T. R., Steed, N., & Meyer, Z. (2016). Use of a card sort task to assess students’ ability to coordinate three levels of representation in chemistry. Chemistry Education Research and Practice, 17(2), 337–352. https://doi.org/10.1039/c5rp00150a
  9. Murniningsih, Muna, K., & Irawati, R. K. (2020). Analysis of misconceptions by four tier tests in electrochemistry, case study on students of the chemistry education study program UIN Antasari Banjarmasin. Journal of Physics: Conference Series, 1440(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012008
  10. Nugraeni, D., Jamzuri, & Sarwanto. (2013). Penyusunan Tes Diagnostik Fisika Materi Listrik Dinamis. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2), 12.
  11. Nurhidayatullah, N., & Prodjosantoso, A. K. (2018). Miskonsepsi materi larutan penyangga. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 41–51. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.10029
  12. Plomp. (2013). Educational Design Research Educational Design Research. Educational Design Research, 1–206.
  13. Ritonga, P. S., & Yasthophi, A.-. (2019). Pengembangan Instrumen Test Diagnostik Multiple Choice Four Tier Pada Materi Ikatan Kimia. Konfigurasi : Jurnal Pendidikan Kimia Dan Terapan, 3(1), 23. https://doi.org/10.24014/konfigurasi.v3i1.6797
  14. Rohmah, S. (2019). Analisis konsepsi siswa kelas XI pada materi asam basa menggunakan instrumen tes four tier multiple choice: Penelitian deskriptif di kelas XI SMA Negeri Wilayah Bandung Timur (pp. 1–8). UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
  15. Septiana, D., Zulfiani, & Noor, M. F. (2014). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Archaebacteria Dan Eubacteria Menggunakan Two-Tier Multiple Choice. Edusains, VI(2), 192–200.
  16. Sheftyawan, W. B., Prihandono, T., & Lesmono, A. D. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Four-tier Diagnostic Test pada Materi Optik Geometri. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), 147–153.
  17. Sudijono, A. (2015). Pengantar evaluasi pendidikan (Ed. Ke-1,). Raja Grafindo Persada.
  18. Talanquer, V. (2011). Macro, submicro, and symbolic: The many faces of the chemistry “triplet.” International Journal of Science Education, 33(2), 179–195. https://doi.org/10.1080/09500690903386435
  19. Winata, B. C. (2019). Analisis konsepsi siswa pada materi kesetimbangan kimia menggunakan instrumen tes Four-Tier Multiple Choice. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
  20. Yakubi, M., & Hanum, L. (2017). Menganalisis Tingkat Pemahaman Siswa pada Materi Ikatan Kimia Menggunakan Instrumen Penilaian Four-Tier Multiple Choice ( Studi Kasus pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Banda Aceh ) Abstrak Pendahuluan Metode Penelitian. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK), 2(1), 19–26.
  21. Yalçınkaya, E., Taştan, Ö., & Boz, Y. (2009). High School Students’ Conceptions about Energy in Chemical Reactions. Pamukkale University Journal of Education, 26, 1–11.

Open Access Copyright (c) 2021 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps