Analisis Pengaruh Shariah Compliance dan Assurance terhadap Kepuasan Nasabah BMT Barokatul Umah di Kabupaten Merauke

Orin Verawati Ramadani, Abd Rahman Kadir, Abdullah Sanusi

Abstract


This study aims to determine the effect of Shariah Compliance and Assurance on customer satisfaction partially and simultaneously. In this study using a quantitative approach and multiple linear regression. The object of this research is the employees and customers of BMT Barokatul Ummah in Merauke Regency. While the data collection techniques are using interviews, questionnaires, and literature studies. The results of this study indicate that the Shariah Compliance and Assurance dimension has been implemented well, and has a positive and significant influence on customer satisfaction at the BMT Barokatul Ummah. This means that the Shariah Compliance and Assurance dimensions are further enhanced, customer satisfaction is getting higher.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Shariah Compliance dan Assurance terhadap kepuasan nasabah secara parsial dan simultan. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan regresi linier berganda. Objek dalam penelitian ini adalah pimpinan dan nasabah BMT Barokatul Ummah di Kabupaten Merauke. Sedangkan teknik pengumpulan data yaitu menggunakan wawancara, kuesioner, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi Shariah Compliance dan Assurance telah dijalankan dengan baik, dan mempunyai pengaruh positif dan signifikan kepada kepuasan nasabah pada BMT Barokatul Ummah. Artinya semakin ditingkatkan dimensi Shariah Compliance dan Assurance maka kepuasan nasabah semakin tinggi.


Keywords


Kepuasan nasabah; Customer satisfaction; Compliance; Assurance

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Kamaruddin. 2004. Dasar-Dasar Manajemen Investasi Portofolio. Jakarta: Rineka Cipta.

Cahyani, Putri Dwi. 2016. “Tingkat Kepuasan Nasabah Terhadap Kualitas Layanan Perbankan Syariah Di Yogyakarta.” ESENSI 6 (2): 151–62. https://doi.org/10.15408/ess.v6i2.3570.

Daryanto, Daryanto. 2011. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Febriana, Nina Indah. 2016. “Analisis Kualitas Pelayanan Bank Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tulungagung.” An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah 3 (1): 145–68. https://doi.org/10.21274/an.2016.3.1.145-168.

Haryanto, Resty Avita. 2013. “Strategi Promosi, Kualitas Produk, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Mcdonald’s Manado.” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 1 (4). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/2923.

Hasanah, Uswatun. 2013. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Pt. Bank Muamalat Indonesia Cabang Palu Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah.” Jurnal Penelitian Ilmiah 1 (1).

Muchtiar, Yesmizarti, Dessi Mufti, and Ike Irma Suryani. 2012. “Analisis Service Quality Pada Layanan Asurance.” Jurnal Teknik Industri Universitas Bung Hatta 1 (2). http://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php?journal=JTI-UBH&page=article&op=view&path%5B%5D=2249.

Parasuraman, A, Valarie A Zeithaml, and Leonard L. Berry. 1988. “Servqual: A Multiple-Item Scale For Measuring Consumer Perc.” Journal of Retailing 64 (1): 12–40. https://search.proquest.com/openview/7d007e04d78261295e5524f15bef6837/1?pq-origsite=gscholar&cbl=41988.

Rangkuti, Freddy. 1997. Riset Pemasaran. Cet. 2. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rohmati, Dani, and Sunan Fanani. 2016. “Implemtasi Kualitas Pelayanan Pendekatan Carter Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Ujks Koperasi Karyawan.” Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan 3 (3): 203–18.

Sekaran, Uma. 2006. Metode Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Shofani, Pritandra Chusnuludin. 2015. “Analisis Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada PT Bank Brisyariah Kantor Cabang Semarang).” Politeknik Negeri Semarang.

Sinambela, Sinambela, and Poltak Lijan. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudaryono, Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran : Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: Andi.

Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.21580/economica.2018.9.2.2662

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Economica: Jurnal Ekonomi Islam

Economica: Jurnal Ekonomi Islam Indexed by:

 Journal Terindex di Google Scholar Journal Terindex di DOAJ Journal Terindex di Moraref Journal Terindex di Portal Garuda Journal Terindex di Neliti Journal Terindex di Base Journal Terindex di Crossref  

Copyright (c) 2018 Economica: Jurnal Ekonomi Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

shopify analytics ecommerce View My Stats