STRATEGI COPING STRESS PEREMPUAN DENGAN HIV/AIDS

Ema Hidayanti*  -  IAIN Walisongo Semarang, Lakpesdam LDNU Kota Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author
Penyakit merupakan salah satu stressor psikososial dalam kehidupan seseorang. Apalagi bagi penderita HIV/AIDS, penyakit ini tergolong kronis sekaligus terminal. Dimana penderita­nya selain dihadapkan pada pengobatan seumur hidup, juga di­hadap­kan pada ancaman kematian mengingat belum di­temu­kan obatnya. ODHA (orang dengan HIV/AIDS) pasti mengalami stress yang berat baik yang bersumber dari penyakitnya sendiri ataupun dampak psikososialnya. Setiap orang memiliki beragam cara mengatasi stress yang dihadapi dalam hidupnya. Sebagian mengembangkan strategi coping yang positif dan sebagian yang lain justru memilih strategi yang negatif yang merugikan. Pe­milihan dan pengembagan strategi coping akan sangat me­nentukan perjalanan ODHA dalam menghadapi penyakitnya. Gambaran ini pula yang terjadi pada para perempuan dengan HIV/AIDS yang dengan cara mereka masing-masing berjuang menaklukan stress yang dialami dalam hidupnya.

Keywords: strategi coping; stress; perempuan dengan HIV/AIDS

  1. Aliah, Purwakania Hasan, Psikologi Kesehatan Islami, Jakarta: Rajawali Press, 2008.
  2. Damaiyanti, Mukhripah, Komunikasi Terapeutik dalam Praktek Keperawatan, Bandung: Refika Aditama, 2008.
  3. Darajat, Zakiyah, Peranan Agama dalam Kesehatan Mental, Jakarta: Gunung Agung, 1993.
  4. Departemen Kesehatan RI Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan, Buku HIV/AIDS untuk SPK/AKPER, Jakarta: 1997.
  5. Hawari, Dadang, “Konsep Islam memerangi AIDS” dalam Al-Qur’an, Ilmu Kedoteran Jiwa dan Kesehatan Jiwa, Yogyakarta: Dhana Bakti Primayasa, 2000.
  6. __________, Integrasi Agama dalam Pelayanan Medik, Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2008.
  7. Hidayanti, Ema, “Dimensi Spiritual dalam Praktek Konseling Bagi Penderita HIV/AIDS di Klinik VCT RS Panti Wilasa Semarang”, Laporan Penelitian Lemlit 2012.
  8. Http://Www.Bahtera.Org/Kateglo/?Mod=Dictionary&Action=View&Phrase=Penyakit%20kronis)
  9. Jawa Pos Minggu 23 September 2012, “Odha Tertular dari Pasangan Tercinta”.
  10. Jawa Pos Minggu 23 September 2012, “Sempat Terpikir untuk Bakar Anak”.
  11. Jawa Pos Minggu 23 September 2012, “Tak Tahu Nikahi Perempuan ODHA”.
  12. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka, 2005, hlm. 2005.
  13. Lestarianita, Prety dan M. Fakhrurozi, “Perbedaan Coping Stress pada Perawat Pria dan Wanita”, Jurnal Penelitian Psikologi No.1, Volume 12, Juni 2007.
  14. Mustamir, Metode Supernol Menaklukan Stress, Jakarta: Al Hikmah, 2008.
  15. Naing, Amaya Maw dkk, Modul Pelatihan Konseling dan Tes Sukarela HIV (Voluntary Counseling and Test/VCT) untuk Konselor Profesional, Jakarta: Departemen Kesehatan RI Direktoral Jenderal Pelayanan Medik Direktorat Jenderal Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan, 2004.
  16. Nalini, Konsultasi Kejiwaan “Merasa Sedih Idap HIV”, Jawa Pos Sabtu 6 Juli 2013.
  17. Nursalam dan Ninuk Dian Kurniawati, Asuhan Keperawatan pada Pasien Terinfeksi HIV/AIDS, Jakarta: Salemba Medika, 2008.
  18. Patricia, dkk, Fundamental Keperawatan Konsep, Proses dan Praktik, Alih bahasa Yasmin Asih, dkk, Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC, 2005.
  19. Siswanto, Kesehatan Mental Konsep, Cakupan, dan Perkembangan, Yogyakarta: Andi Offset, 2007.
  20. Syahlan, JH, dkk, AIDS dan Penanggulangannya, Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan (PUSDIKNAKES) Departemen Kesehatan RI, 1997.
  21. Tandiono, Elisa, dkk, “Peran Consultation-Liaison Psychiatry pada Penatalaksanaan Pasien Dengan HIV/AIDS”, http://www.tempo.co.id/medika/online/ tmp.online.old/hor-1.htm, diunduh 5 Junuari 2012.
  22. Tifany, “Prilaku Pertahanan (Coping Behaviour) pada Stress dan Penyakit”, dalam http://tafany.wordpress.com/2007/06/04/prilaku-pertahanan-coping-behaviour-pada-stress-dan-penyakit/, diunduh tgl 13 Febuari 2013.
  23. Yusuf, Syamsu, Mental Hygiene Perkembangan Kesehatan Mental dalam Kajian Psikologi dan Agama, Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2005.

Publisher:
Center for Gender and Child Studies (Pusat Studi Gender dan Anak)
LP2M, Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang.
Central Java, Indonesia


Sawwa Visitor Statistics
 
apps