Balitbang Kemenag Jawa Tengah - Indonesia
MODEL PENINGKATAN MINAT MASYARAKAT TERHADAP MADRASAH IBTIDIYAH DI JAWA TENGAH
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana mi-nat masyarakat untuk menyekolahkan anak mereka pada MI Ma’arif Grabag 1 Magelang, (2) Bagaimana pengelolaan MI Ma’arif Grabag 1 Magelang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menyekolah-kan anak mereka, serta (3) Bagaimana model peningkatan minat masyarakat menyekolahkan anak mereka pada MI Ma’arif Grabag 1 Magelang, adapun hasilnya adalah:
Pertama, minat masyarakat untuk menyekolahkan anak mer-eka pada MI Ma’arif Grabag 1 Magelang tergolong tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya orang tua wali yang ikut mendaftar-kan putera-puterinya ke madrasah tersebut. Kedua, pengelolaan MI Ma’arif Grabag 1 Magelang meliputi program unggulan dan pem-biasaan yang berlaku di MI Ma’arif Grabag 1. Ketiga, model peningkatan minat masyarakat menyekolahkan anak mereka pada MI Ma’arif Grabag 1 Magelang adalah dengan memiliki program-program unggulan, membiasakan akhlak mulia, alumni banyak diterima di lembaga favorit, memiliki prestasi akademik dan prestasi non akademik yang unggul serta menjalin kerja sama yang intens dengan berbagai pihak.
Keywords: Minat Masyarakat, MI Grabag 1 Magelang; Program Unggulan
- Azra, Azyumardi. 2002. Paradigma Baru Pendidikan Nasional; Rekonstruksi dan Demokratisasi. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
- ------, 2003. Pendidikan Islam Tradisional dalam Transisi dan Modernisasi. Jakarta: Logos.
- ------, 2003. Surau: Pendidikan Islam Tradisional dalam Transisi dan Modernisasi. Jakarta: Logos.
- Dhofier, Zamakhsyari. 1994. Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES.
- Greg Fealy (ed). 1997. Ahmad Suaedy (terjemahan). Tradisionalisme Radikal : Persinggungan Nahdlatul Ulama-Negara. Yogyakarta : LKIS.
- H.A. Malik Fadjar. 1995. dalam Kontekstualisasi Ajaran Islam 70 Tahun Munawir Sjadzal. Jakarta: kerja sama IPHI dan Paramadina.
- Madjid, Nurcholis.1997. Bilik-Bilik Pesantren. Jakarta: Paramadina.
- ------, Bilik-bilik pesantren Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramidana.
- Mastuhu. 1994. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren; Suatu Kajian Tentang Unsur dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS.
- Moestopo, M.Habib. 2001. Kebudayaan Islam di Jawa Timur: Kajian Beberapa Unsur Budaya Masa Peralihan. Yogyakarta: Jendela.
- Muhadjir, Noeng. 2002. Metodologi penelitian kebijakan dan evaluation research. Yogyakarta: Rake Sarasin.
- ------, 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif (Yogyakarta: Rake Sarasin.
- Muhaimin, et al.. 2002. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosda-karya.
- Mulkhan, Munir. 2002. Nalar Spiritual Pendidikan. Yogyakarta: Tiara Wacana.
- Nasution. 1993. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Citra Aditya Bakti.
- Sayono. Joko. 2001. “Historiografi Pesantren: Perspektif Metodologis antara Ada dan Tiada”. Makalah.
- Sirozi, M. 2005. Politik Pendidikan; dinamika Hubungan antara Kepentingan Kekuasaan dan Praktek Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: RajaGrafi ndo Persada.
- Steenbrink, K. A.. 1986. Pesantren madrasah sekolah: Pendidikan Islam dalam kurun modern. Jakarta: LP3ES.
- Sri Sutjiatiningsih & Slamet Kutoyo. 1986. Sejarah Pendidikan Daerah Jawa Timur. Surabaya: Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudyaan Daerah.
- Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
- Sumber data Kantor Kementrian Agama Kabupaten Kudus tahun 2010.
- Supaat. 2009. Model transformasi Madrasah sebagai Sekolah Umum Berciri Khas Islam.
- Van Bruinessen, Martin. 1997. Kitab Kuning Pesantren dan Tarekat: Tradisi-Tradisi Islam di Indonesia. Bandung: Mizan. 1995.
- Wahid, Marzuki. 1999. Pesantren Masa Depan; Wacana Pemberdayaan dan transformasi pesantren. Bandung: Pustaka Hidayah.
- Zuhairini, dkk. 1995. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
- Zuhri, Saefuddin. Pendidikan Pesantren di Persimpangan Jalan. dalam : Marzuki Wahid(ed). Pesanten Masa Depan