SICI: Alternatif Model Pembelajaran PAI Unggulan

Umi Zulfa*  -  Institut Agama Islam Imam Al-Ghazali Cilacap, Indonesia

(*) Corresponding Author

This study aims to find a new PAI learning model that is more creative and innovative. Data collection methods used were observation, interview and documentation. The data analysis technique used was the qualitative analy-sis of interactive models. Based on the research methods used, the findings are: a) the policy of the PAI learning in SDIP Kroya deals with learning inside and outside the classroom, b) the implementation stages of the PAI learning are through religious values socialization, religious values inter-nalization, continuity and religious values institutionalization, c) learning outcomes indicate that the new religious values just become a custom made by students, not as strong character, d) the PAI learning model found with the name of SICI learning Model.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan satu model pembelajaran PAI yang baru, yang lebih kreatif dan inovatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik ana-lisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif model interaktif. Berda-sarkan metode penelitian yang digunakan, diperoleh temuan penelitian bah-wa: a) kebijakan tentang pembelajaran PAI di SDIP Kroya adalah pembela-jaran yang dilakukan di dalam kelas dan luar kelas, b) pelaksanaan pem-belajaran PAI melalui tahapan sosialisasi nilai agama, internalisasi nilai agama, kontinuitas dan institusionalisasi nilai agama, c) hasil pembelajaran menunjukkan bahwa nilai-nilai agama baru sekedar menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh subjek didik, belum sepenuhnya menjadi karakter yang kuat, d) temuan model pembelajaran PAI dengan nama Model Pembelajaran SICI.

Keywords: pembelajaran PAI; sosialisasi; internalisasi; keberlanjutan; institutionalisasi learning of PAI; socialization; internalization; continuity; institutionalization;

  1. Abu, Ahmadi. 2007. Sosiologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Ali, Mohammad. 2009. Pendidikan Untuk Pembangunan Nasio-nal. Menuju Bangsa Indonesia yang Mandiri dan Berdaya Saing Tinggi. Jakarta: IMTIHa.
  3. Alma, Bukhari. 2003. Pemasaran Stratejik Jasa Pendidikan, Bandung: Alfabeta.
  4. Al Syaibany, Oemar Mohmad Al Toumy. 1979. Falsafah Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
  5. Fitri, Agus Zaenul. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Dan Etika Di Sekolah. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
  6. Gaffar, M. Fakry. 2009. Kompetensi dan Strategi Dalam Membangun Perguruan Tinggi Pada Era Globalisasi. Perkuliahan Sekolah Pascasarjana Program S3 Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, 19 Februari 2009.
  7. Hanafiah, Nanang dan Suhana. 2010. Konsep Strategi Pem-belajaran. Bandung: Reflika Aditama.
  8. Hasibuan, Malayu. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi, Jakarta: Bumi Aksara.
  9. Ihsan, Hamdani dan Ihsan, Fuad. 2007. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
  10. Majid, Abdul dan Andayani. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  11. Mangkunegara, Anwar Prabu. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  12. Muhaimin. 2009. Rekonstruksi Pendidikan Islam. Dari Para-digma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum Hingga Strategi Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  13. Munir, Abdullah. 2010. Pendidikan Karakter. Membangun Karakter Anak Sejak Dari Rumah. Yogyakarta: Pedagogia.
  14. Nasution. 2009. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
  15. Nasution. 1995. Asas Asas Kurikulum.Jakarta: Bumi Aksara
  16. Prayitno. 2009. Dasar, Teori Dan Praksis Pendidikan.Jakarta: Gramedia.
  17. Pannen, Paulina dkk. 2001. Konstruktivisme Dalam Pembelajaran: PAU-PPAI Universitas Terbuka.
  18. Rahayu, Agus. 2008. Membangun Pelayanan Strategik Perguruan Tinggi Melalui Penjaminan Mutu. dalam Manajemen Corporate Dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan. Fokus Pada Mutu Dan Layanan Prima. Bandung: Alfabeta.
  19. Subarsono. 2008. Analisis Kebijakan Publik. Konsep, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  20. Sukmadinata dkk. 2006. Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah (Konsep, Prinsip, dan Instrumen), Bandung: Refika Aditama.
  21. Syahidin. 2009. Menelusuri Metode Pendidikan Dalam Al Qur,an. Bandung: Alfabeta.
  22. Wahab, Abdul Azis. 2011. Gagasan Dan Pemikiran Pembangunan Pendidikan Di Indonesia. Penghargaan dan Penghormatan 68 tahun prof. Dr/H. Abdul azis Wahab, M.A. (Ed. Bandung: Laboratorium PKn PIPS UPI Bandung.
  23. Yeoh, Michael. 1995. Vision & Leadership. Values and Strategies Towards Vision 2020. Malaysia: Academe Art & Printing Services

Open Access Copyright (c) 2016 Nadwa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 INDEXED BY

Journal Terindex di CrossrefJournal Terindex di LeidenJournal Terindex di MorarefJournal Terindex di Google ScholarJournal Terindex di GarudaJournal Terindex di Base

View My Stats
apps