Menentukan Variabel Prediktor bagi Kinerja Guru PAI

Ikhrom Ikhrom*  -  IAIN Walisongo Semarang Email:, Indonesia

(*) Corresponding Author

This paper attempts to analyze the influence of supervision of Islamic Education (PAI), compensation, competence, and motivation to work on PAI teacher performance. The result of multiple linear regression analysis concluded that all four aspects are jointly significant affect the performance of teachers PAI. Partial regression test results explained that the supervision and competence of significant influence while compensation and motivation influenced but not significant. Based on the model test found that supervision direct impact on performance. Supervision has a direct influence scores greater than the indirect effect. Compensation does not affect the performance directly but through the direct influence of motivation because scores compensation is smaller than the indirect effect. Competence directly influence performance significantly due to the direct influence of competence scores greater than the indirect effect scores. 


Abstrak

Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh supervisi pengawas PAI, kompensasi, kompetensi, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru PAI. Hasil uji analisis regresi linier berganda disimpulkan bahwa keempat aspek tersebut secara bersama-sama berpengaruh secara siginifikan terhadap kinerja guru PAI. Hasil uji regresi secara parsial menjelaskan bahwa supervisi dan kompetensi berpengaruh signifikan, sementara kompensasi dan motivasi berpengaruh tetapi tidak signifikan. Berdasar pada uji model ditemukan, bahwa supervisi pengawas berpengaruh secara langsung terhadap kinerja. Supervisi memiliki skor pengaruh langsung lebih besar dari skor pengaruh tidak langsung. Kompensasi berpengaruh terhadap kinerja secara tidak langsung tetapi melalui motivasi karena skor pengaruh langsung kompensasi lebih kecil dari pengaruh tidak langsung. Kompetensi berpengaruh langsung terhadap kinerja secara signifikan karena skor pengaruh langsung kompetensi lebih besar dari skor pengaruh tidak langsung. 

Keywords: supervision; compensation; competence; motivation; supervisi; kompensasi; kompetens; motivasi

  1. Beck, Robert C., Motivation, Theories and Principles, (New Jersey: Prentice-Hall, 1990).
  2. Brookfield, Stephen D., The Skillful Teacher on Technique, Trust, and Responsiveness in The Classroom, (San Fransisco: Jossey-Bass, 2006).
  3. Brotosedjati, Soebagyo, Pengaruh Diklat, Pengalaman Kerja, Beban Kerja dan Sistem Penilaian Terhadap Kompetensi, Motivasi Kerja, dan Kinerja Pengawas TK-SD se eks karidenan Surakarta, Disertasi, (Semarang: Unnes, 2011).
  4. Darmawan, Didit, Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi, (Surabaya: Pena Semesta, 2013).
  5. Hoy, Wayne K. dan Miskel, Cecil G., Educational Admintration, Theory, Research, and Practice, (United State: McGrawhill, 1991).
  6. Ivancevich, John M, et al., Perilaku dan Manajemen Organisasi, Jilid I, (Jakarta: Erlangga, 2006).
  7. Lipham, James M., Rankin, Robb E., Hoeh Jr., James, The Principalship, Concepts, Competencies, and Cases, (New York: Longman, 1985).
  8. Luthans, Fred, Organizational Behaviour, terj. Vivin Andika Yuwono, dkk. (Yogyakarta: Penerbit Andi, 2006).
  9. Mujib, Fathul, Super Power in Educating: Kegiatan Belajar-Mengajar yang Super Efektif, (Yogyakarta: Diva Press, 2012).
  10. Mullin, Mark, Educating for 21st Century: The Challenge for Parents and Teachers, (New York: Madison Books, 1991).
  11. Oliva, Peter F., Supervision for Today's Schools. (New York: Longman, 1984).
  12. Owens, Robert G., Organizational Behavior in school, (New Jersey: Prentice-Hall, 1970).
  13. Pedhazur, Elazar J., Mutltiple Regression in Behavioral Rexearch, Explanation and Prediction, (New York: CBS College Pubishing, 1982).
  14. Priyatno, Duwi, Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. (Jakarta: Media Komputindo, 2010).
  15. Raharjo, Rahmat, Inovasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam: Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran, (Yogyakarta: Magnum Pustaka, 2010).
  16. Rivai, Veithzal & Murni, Sylviana, Education Management, Analisis Teori dan Praktik. (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010).
  17. Sahertian, Piet A., Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, (Jakarta: Rinneka Cipta, 2008).
  18. Sarwono, Jonathan, Path Analysis, Teori, Aplikasi, Prosedur Analisis untuk Riset Skripsi, Tesis dan Disertasi (Mengguna-kan SPSS), (Jakarta: Elex Media Komputindo, 2012).
  19. Siagian, P, Sondang, Manajemen Sumber Daya Manusia, (Jakarta: Bumi Aksara, 2007).
  20. Sinambela, Lijan Poltak, Kinerja Pegawai, Teori, Pengukuran dan Implikasi, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012).
  21. Sofanudin, Aji, Mengukur Kompetensi Guru PAI Tersertifikasi dan Belum Tersertifikasi, Laporan Penelitian, Semarang: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama, 2012).
  22. Sukandar, Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, (Jakarta: Pustaka Candra, 2006).
  23. Uno, Hamzah B., & Lamatenggo, Nina, Teori Kinerja dan Pengukurannya, (Jakarta: Bumi Aksara, 2012).

Open Access Copyright (c) 2016 Nadwa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 INDEXED BY

Journal Terindex di CrossrefJournal Terindex di LeidenJournal Terindex di MorarefJournal Terindex di Google ScholarJournal Terindex di GarudaJournal Terindex di Base

View My Stats
apps