EFEKTIVITAS SIMULASI DRAMA MATERI SISTEM PERNAFASAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP KREATIF SISWA

Banu Wicaksono*  -  Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Priyantini Widiyaningrum  -  Universitas Negeri Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Supp. File(s): common.other
Pembelajaran simulasi drama diyakini mampu meningkatkan dan mempermudah siswa dalam mengingat suatu materi yang sulit, dan meningkatkan kreativitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode simulasi drama pada materi sistem pernapasan terhadap hasil belajar dan sikap kreatif siswa SMA. Penelitian dirancang menggunakan one group pre-test post-test design. Populasi penelitian ialah seluruh kelas XI MIA SMAN 12 Semarang semester genap Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel diambil dua kelas dengan teknik purposive sampling.  Kedua kelas diberi perlakuan sama yaitu dengan menerapkan metode simulasi drama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal untuk kedua kelas rata-rata 93% (kriteria sangat tinggi), nilai N-Gain berdasarkan  skor pretes - postes siswa berkategori sedang, dan aktivitas siswa selama pembelajaran berkategori sangat aktif. Pembelajaran menggunakan simulasi drama juga dapat menumbuhkan sikap kreatif  siswa pada kategori tinggi dan sangat tinggi. Berdasarkan analisis diatas, dapat disimpulkan bahwa simulasi drama efektif meningkatkan hasil belajar dan menumbuhkan sikap kreatif  siswa.

Supplement Files

Keywords: Hasil belajar, sikap kreatif, simulasi drama, sistem pernapasan.

  1. Agnia, F., & W.R.R Hayu. 2017. Metode Sosiodrama Berpengaruh Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sociodrama Method Effect On Student Learning Motivation. Didaktika Tauhidi, 4(1): 1-9.
  2. Alfianto A.B., Sulistiono, & B. Utami. 2015. Penerapan Model Bermain Peran pada Materi Sistem Pernapasan terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Semen Kediri. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi. Solo: FKIP UNS.
  3. Anindityas, N.A., N.R. Utami., & P. Widiyaningrum. 2012. Penggunaan Alat Peraga Sistem Pernapasan Manusia Pada Kualitas Belajar Siswa Smp Kelas VIII. Unnes Science Education Journal, 1 (2): 59-69
  4. Ariyani, D. 2013. Penerapan Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah Dengan Metode Simulasi Taman Sirkulasi Berbasis Bioedutainment Di Smp Negeri 1 Gabus Kabupaten Pati. Skripsi. Semarang: FMIPA Unnes.
  5. Daghamin, R., I. Naser., & B. Khales. 2017. Effectiveness of Role Playing in Enhancing Creative Writing of English Major Students at Al-Quds University. British Journal of Education, Society, & Behavioural Science, 19 (2): 1- 12
  6. Dewi, I.L. 2017. Kontribusi Sikap Kreatif Siswa, Variasi Gaya Mengajar Guru, Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah 4 Surakarta. Naskah publikasi. FKIP, UMS.
  7. Falahudin, I. & M. Agustin. 2013. Penerapan Metode Simulasi Tentang Perkembangbiakan Vegetatif Buatan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Di Madrasah Ibtidaiyah Pangeran Aji Kabupaten Oku Timur. TA’DIB, 18( 01): 1-15.
  8. Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung. Pustaka Setia.
  9. Khaerani, C. 2010. Pengaruh metode role playing terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep gerak pada tumbuhan: kuasi eksperimen di smp muhammadiyah 4 tangerang. Skripsi. Jakarta: Fakultas Tarbiyah & Keguruan UIN Syarifhidayatullah
  10. McLennan, D.P. & K. Smith. 2007. Promoting Positive Behaviours Using Sociodrama. Journal of Teaching and Learning, 4(2): 47-55.
  11. Misdalina, Y.L. Ningsih, & Marhamah. 2017. Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan PGRI 2017: 858-861
  12. Rusilawati, A. (2009). Prosiding Seminar Nasional Penelitian Pendidkan dan Penerapan MIPA: Menumbuhkan Sikap Kreatif Siswa Melalui Pertanyaan Tingkat Tinggi dalam Model Pembelajaran Aktif Kreatif dan Menyenangkan. Universitas Negeri Yogjakarta: Fakultas MIPA.
  13. Saenab, S. 2012. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Pada Siswa Kelas Xi Ipa 2 Sma Negeri 1 Mangkutana. Jurnal Bionature, 13(2):.127-135
  14. Sanjaya, W. (2007). Strategi pembelajaran berorientasi pendidikan. Jakarta: Kencana.
  15. Silvia, C. 2010. The Impact of Simulations on Higher-Level Learning. Journal of Public Affairs Education, 18(2): 397–422
  16. Siregar, J. 2015. Penerapan Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pkn Siswa Di Sd Negeri 187/Iv Kota Jambi. JDP, 8(3):171-182
  17. Susilowati, S.M.E., A. Delima., & P. Widiyaningrum. 2017. Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Lks Kreasi Sistem Respirasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma. Satya Widya, 33(2): 154-164
  18. Tumurun, S.W, D. Gusrayani & A.K. Jayadinata. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1): 101-110
  19. Uno, H. 2007. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
  20. Wijaya, A.E.A. 2014. Pengaruh Kreativitas Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Tugas Akhir Siswa Mata Pelajaran Pengoperasian Dan Perakitan Sistem Kendali Di Smkn 2 Yogyakarta. Skripsi.Yogyakarta: FT Universitas Negeri Yogyakarta.

Open Access Copyright (c) 2020 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps