Da’wah approach to the strawberry generation: A study on Yuk Ngaji TV channel
DOI:
https://doi.org/10.21580/icj.2023.8.2.16331Keywords:
da’wah, strawberry generation, YukNgaji, mad’u.Abstract
The strawberry generation, Generation Z, has much potential but a fragile mentality like a strawberry, even though Indonesia will get a demographic bonus at a productive age. This is the responsibility of da'wah because it is part of the object of da'wah. YukNgaji TV is a channel that seeks to overcome the problems of millennial teenagers. The research aims to examine the da'wah approach of the YukNgaji TV channel for the strawberry generation using a content analysis approach, where data is collected using documentation and observation techniques. The findings were that the preacher of the channel was chosen from Generation Z (still young), an influencer with advanced knowledge. The da’wah method uses casual sharing discussions, lectures, inspirational stories, and brainstorming. The YouTube media is packaged with live streaming and live events and posting da'wah content, which contains themes of youth, morals, and relationships for the strawberry generation. The effects on the strawberry generation can be cognitive and affective, but further investigation is needed regarding the behavioral effects of the strawberry generation. In this way, the study can contribute to developing preaching approaches that are always required to be dynamic.
***
Generasi strawberi merupakan generasi Z yang memiliki banyak potensi, namun memiliki mental rapuh seperti layaknya buah strawberi, padahal Indonesia akan mendapatkan bonus demografi di usia yang produktif. Hal tersebut menjadi tanggungjawab dakwah, karena menjadi bagian dari objek dakwah. YukNgaji TV menjadi channel yang berupaya untuk mengatasi permasalahan remaja milenial ini. Tujuan penelitian untuk mengkaji pendekatan dakwah channel YukNgaji TV bagi generasi strawberi dengan menggunakan pendekatan content analysis, dimana data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi dan observasi. Temuannya adalah bahwa pada penelitian channel dakwah ini, berbagai pendekatan dakwah digunakan untuk menjawab persoalan dari generasi strawberi. Pendakwah dipilih dari generasi Z (masih muda), seorang influencer yang memiliki keilmuan yang mumpuni. Metode dakwah dilakukan dengan diskusi sharing santai, ceramah, cerita inspiratif dan brainstorming yang jarang dipakai didunia dakwah. Media pengantar pesan dakwah melalui youtube yang dikemas dengan live streaming dan live event serta postingan konten dakwah, yang berisikan tema keremajaan dan akhlak serta pergaulan bagi generasi strawberi. Efek bagi generasi strawberi ini dapat berupa kognitif dan afektif, namun perlu pendalaman terkait efek behavioral bagi generasi strwaberi. Dengan demikian studi dapat berkontribusi bagi pengembangan pendakatan dakwah yang dituntut untuk selalu dinamis.
Downloads
References
Abdullah. (2015). Ilmu dakwah kajian ontologi, epistemologi, aksiologi dan aplikasi dakwah. Perdana Mulya Sarana.
Abu Al-Fath Al-Bayanuni, M. (2021). Pengantar studi ilmu dakwah (Artawijaya, Ed.; Pertama). Pustaka Al-Kautsar.
Affandi, N. R. D., & Octavianti, M. (2019). Komunikasi dakwah pemuda hijrah. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(2). https://doi.org/10.24198/jmk.v3i2.20492.
Ahmad, M., & Tambak, S. (2018). Penerapan Metode diskusi dalam meningkatkan hasil belajar murid pada pelajaran fiqh. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 15(1), 64–84. https://doi.org/10.25299/jaip.2018.vol15(1).1585.
Aliyudin. (2010). Prinsip-prinsip metode dakwah menurut Al-Quran. Jurnal Ilmu Dakwah, 4(15), 1007–1022. https://doi.org/10.15575/idajhs.v5i15.431.
Astor, A. (2018). Paradigma dakwah: konsepsi dan dasar pengembangan ilmu. LKIS.
Aulia, S., Hapsari, M., Meilani, T., Zachrah, D., & Nabillah, N. (2022). Strawberry generation: Dilematis keterampilan mendidik generasi masa kini. Jurnal Pendidikan, 31(2), 237–244. https://doi.org/10.32585/Jp.V31i2.2485
Aziz, M. A. (2016). Ilmu dakwah. Prenadamedia Group.
Christiani, L. C., & Ikasari, P. N. (2020). Generasi Z dan pemeliharaan relasi antar generasi dalam perspektif budaya Jawa. Jurnal Komunikasi dan Kajian Media, 4(2), 84–105. Retrieved from https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/3326.
Claretta, D., Rachmawati, F., & Sukaesih, A. (2022). Communication pattern family and adolescent mental health for strawberry generation. International Journal Of Science And Society, 4(3), 79–93. https://doi.org/10.54783/ijsoc.v4i3.501.
Eken, M. (2020). Modern görsel kültürde m nesli’nin online inanç pratikleri. Bilimname, (43), 31-71. https://doi.org/10.28949/bilimname.762744.
Fahrurrozi, F., & Kadri. (2019). Ilmu dakwah. Prenadamedia Group. www.prenadamedia.Com
Fuadh Naim. (2018). Fuadh Naim Official Website. Fuadh Naim. https://fuadhnaim.com/
Habibah, S. M., Setyowati, R. R. N., & Fatmawati, F. (2022). Moderasi beragama dalam upaya internalisasi nilai toleransi pada generasi Z. Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, 126–135. https://doi.org/10.52738/pjk.v2i1.70.
Hadi, S. (2016). Epistemologi ilmu dakwah. Al-Hikmah, 13(1), 1–12. http://ejournal.iain-jember.ac.id/index.php/alhikmah/article/view/380.
Hardani, Hikmataul Auliya, N., Andriani, H., Asri Fardanim, R., Ustiawaty, J., Fatmi Utami, E., Juliana Sukmana, D., & Rahmatul Istiqomah, R. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. Pustaka Ilmu. https://www.researchgate.net/publication/340021548
Hadrian, N. (2018). Dakwah dalam perspektif Al-Qur’an dan Hadits. Al Hikmah: Jurnal Dakwah dan Ilmu Komunikasi, 41–51. https://doi.org/https://doi.org/10.15548/al-hikmah.v0i0.92.
Kaelan, H. (2013a). Negara kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Paradigma Indonesia.
Khasali, R. (2017). Strawberry generation. Mizan.
Kholis, N. (2021). Dakwah virtual, generasi Z dan moderasi beragama. Iqtida: Journal of Da’wah and Communication, 1(02), 155–168.
Kusumawati, S. P., Nihaya, N., Avicena, H. N., & Alamsyah, D. (2022). Penyampaian dakwah Islam di media sosial bagi Generasi Z. Al-Insan Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 3(1), 1–14. Retrieved from https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/alinsan/article/view/190.
Lestari, P. P. (2020). Dakwah digital untuk generasi milenial. Jurnal Dakwah, 21(1).
Mas’udi. (2017). Dakwah Nusantara (kerangka harmonis dakwah Walisongo dalam diseminasi ajaran Islam di Nusantara). At-Tabsyir: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 3(2), 279–298. http://repository.iainkudus.ac.id/1366/.
Nasution, I., Arianto, N., & Samiyah. (2022). Komunikasi interpersonal remaja masjid al-Azhar dalam membina akhlak generasi muda Islam di Kecamatan Nibung Hangus Kabupaten Batubara Al-Manaj, 2(2), 38-49. Retrieved from https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/almanaj/article/view/986/789.
Naqiah, L.Y., & Hendi. (2022). Komunikasi empati dakwah Ustadz Fuadh Naim: Analisis isi pada channel dakwah Ustadz Fuadh Naim). Journal of Islamic Social Science and Communication (Jissc) Diksi, 1(02), 85–98. Retrieved from https://journal.iaipibandung.ac.id/index.php/diksi/article/view/115.
Putri, D. L., & Nugroho, R.S. (2023, February 12). Perempuan dibunuh mantan kekasih dengan kloset, komnas: Superioritas maskulin mendorong femisida. Kompas.com. https://www.kompas.com/tren/read/2023/02/12/070000365/perempuan-dibunuh-mantan-kekasih-dengan-kloset-komnas--superioritas?page=all.
Rahman, T. (2020). Komunikasi dakwah untuk kaum millenial melalui media sosial. At Tadabbur, 10(2), 67–85. Retrieved from https://ejournal.an-nadwah.ac.id/index.php/Attadabbur/article/view/211.
Remind Me. (2019, January 21). Bincang bersama founder Yuk Ngaji [Video]. YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=qdjqilo0e3c.
Rikawati, K., Sitinjak, D., Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan keaktifan belajar siswa dengan penggunaan metode ceramah interaktif. Journal of Educational Chemistry, 2(2), 40–48. https://doi.org/10.21580/Jec.2020.2.2.6059.
Ridha, M. R., Rifa’i, A., & Suisyanto. (2017). Pengantar ilmu dakwah: Sejarah, perspektif, dan ruang lingkup. Penerbit Samudra Biru.
Sazali, H. A. & Khatibah. (2023). Pengaruh penyampaian konten dakwah di Tiktok terhadap efektifitas dakwah salam tv. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 8(2), 345–362. https://doi.org/10.47200/jnajpm.v8i2.1713.
Sinaga, D. Y., Hasibuan, S. H., & Sembiring, E. H. (2022). Implementasi metode cerita islami dalam penanaman moral keagamaan. Tarbawi: Journal on Islamic Education, 6(1), 1–16. Retrieved from https://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1249.
Siregar, M. (2019). Penerapan metode brainstorming untuk meningkatkan hasil belajar PKN Siswa VIII SMP Negeri 2 Satu Atap Pangkatan Labuhanbatu Tahun Pelajaran 2013/2014. Civitas (Jurnal Pembelajaran Dan Ilmu Civic), 5(1), 27–33. Https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/civic/article/view/1516.
Siregar, R. A. (2022, October 2). Putus cinta, pria di Bengkalis nekat gantung diri. Detik Sumut. https://www.detik.com/sumut/hukum-dan-kriminal/d-6328946/putus-cinta-pria-di-bengkalis-nekat-gantung-diri.
Supriadi, B. (2022, December 2). Cemburu, remaja di Jember tusuk pria yang bonceng pacarnya. Kompas.com. https://surabaya.kompas.com/read/2022/05/09/171008878/cemburu-remaja-di-jember-tusuk-pria-yang-bonceng-pacarnya?page=all.
Ummah, I., Mila Rosa, E., & Samsul Mutaqin, R. (2022). Interpretasi hadis dan strategi dakwah: Studi kasus komunitas pemuda hijrah yuk ngaji). Ulil Albab : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(11), 4134–4145. Retrieved from https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/1024.
Usop, T. B. (2019). Kajian literatur metodologi penelitian fenomenologi dan etnografi, 1-19. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/tari-usop/publication/330651306_kajian_literatur_metodologi_penelitian_fenomenologi_dan_etnografi/links/5c4c16e7a6fdccd6b5c9d7af/kajian-literatur-metodologi-penelitian-fenomenologi-dan-etnografi.pdf.
Wirabumi, R. (2020). Metode pembelajaran ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought (Aciet), 1(1), 105–113. Retrieved from https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/660.
YNTV. (2023, January 14). Pengen jadi Al-Fatih tapi bapak gue bukan “sultan” | Part 1 live Q&A bareng Ust Felix Siauw & Shifrun [Video]. YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=g8nukuwcuok.
YNTV. (2020). Videos (YouTube channel]. YouTube. Retrieved January 12, 2023, from https://www.youtube.com/@yukngajitv/videos.
YNTV. (2023b, February 20). Budaya cancel: Bagus atau nggak buat hidup kita? - The last part is a live Q&A [Video]. YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=z4gxop74hcm.
YNTV. (2023c, February 20). Ust Felix: Waktu aku putus pacaran serasa ingin mengakhiri hidup - (1/3) [Video]. YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=uaijjrs7ksk.
YNTV. (2020). About [YouTube channel). YouTube Retrieved February 20, 2023, from https://www.youtube.com/@yukngajitv/about.
YNTV. (2020). Featured [YouTube channel]. YouTube. Retrieved January 13, 2023 from https://www.youtube.com/@yukngajitv/featured.
YNTV. (2023, February 6). Fuadh Naim: Di tengah laut aku diselamatin Mario Teguh - (2/3) [Video]. YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=6r4trbftr7y.
Yukngajiid [@yukngajiid]. (2023, January 23). Merangkul bukan memecah belah sesama muslim itu bersaudara. alangkah indahnya jika sesamanya saling sapa, saling memberikan nasihat [Video]. Instagram. Https://www.instagram.com/p/btpjk7ihbfu/?Utm_medium=copy_link%2f
Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan perilaku komunikasi generasi milenial dan generasi z di era digital. Satwika: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69–87. https://doi.org/10.22219/Satwika.V5i1.15550.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Therefore, the author must submit a statement of the Copyright Transfer Agreement.*)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
In line with the license, authors and third parties (readers, researchers, and others) are allowed to share and adapt the material only for non-commercial purposes. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors and third parties (readers, researchers, and others) remix, transform or build upon the material, they must distribute their contributions under the same license as the original.
*) Authors whose articles are accepted for publication will receive confirmation via email to send a Copyright Transfer Agreement.