Improving Student Learning Outcomes Through the Application of the Problem Based Learning Model in Natural Sciences Subjects
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin. 2013. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.
Asmani, Jamal Ma’mur. 2009. Jurus-Jurus Belajar Efektif untuk SMP dan SMA. Yogyakarta: DIVA Press.
BSNP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Badan Standar Nasional Pendidikan.
Gagne & Bringgs, Suprihatiningrum, Jamil. 2014. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Junaedi, M., Nasikhin, N., & Hasanah, S. (2022). Issues in the Implementing of Online Learning in Islamic Higher Education During the Covid-19 Pandemic. Ta'dib, 25(1), 33-46.
Khanifatul. 2013. Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Moleong, Lexy J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Rosdakarya.
Nasikhin, N., & Raaharjo, R. (2022). Moderasi Beragama Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah dalam Konsep Islam Nusantara dan Islam Berkemajuan. Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman, 11(1), 19-34.
Nasikhin, N., & Shodiq, S. (2021). DIFFERENT PERSPECTIVE OF RELIGIOUS EDUCATION IN ISLAMIC THEOLOGY AND WEST THEOLOGY. Jurnal Al-Fatih, 4(2), 328-342.
Nasikhin, N., Ismutik, I., & Albab, U. (2022). PHILOSOPHY OF ISLAMIC SCIENCE IN AL-FARABI'S PERSPECTIVE. RUSYDIAH: Jurnal Pemikiran Islam, 3(1), 20-34.
Nasikhin, N., Shodiq, S., Albab, U., Al-Ami, B., & Ismutik, I. (2022). Tantangan Pendidikan Agama Islam di Era Posh Truth. Al Manam: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 2(1), 25-36.
Oemar Hamalik. 1986. Media Pendidikan. Bandung: Alumni.
Poerwanti, Endang dkk. 2008. Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jenderal.
Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Samatowa, Usman. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.
Sanjaya. 2007. Metode pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Srini M. Iskandar. 2001. Pendidikan IPA II. Jakarta: Depdikbub. Dirjen Dikti Proyek Pembinaan Tenaga Kerja.
Sudjana dan Ibrahim. 2007. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
Sukidin, Basrowi & Suranto. 2010. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Insan Cendikia.
Suprihatiningrum, Jamil, 2014. Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Susanto, Ahmad. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.
Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wardhani, IGAK dan Kuswaya Wihardit. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang: Universitas Terbuka.
Wisudawati, Asih Widi dan Eka Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Research Journal on Teacher Professional Development (ISSN 2988-0432) Published by Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia.
Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Tambakaji, Kec. Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kode Pos 50185