Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab Melalui Metode Picture And Picture Bagi Kelas VIII MTs Negeri 2 Jepara

Moh Basori, Mahfudz Siddiq

Abstract


Pada pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab dengan materi pokok  Al-Hiwayah di kelas VIII I semester 1 di MTs Negeri 2 Jepara tahun 2022/ 2023 hasil belajar sangat rendah. Hal ini ditunjukkan dari 30 siswa hanya 20 orang siswa yang mencapai nilai di atas 70 sehingga prosentase ketuntasan belajar hanya 66,6% . Oleh karena itu penulis bermaksud memperbaikinya melalui Penelitian Tindakan Kelas.Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut : “Apakah terdapat peningkatkan hasil belajar bahasa arab tentang Al-Hiwayah melalui penerapan metode pembelajaran Picture and Picture pada siswa kelas VIII I MTs Negeri 2 Jepara Tahun Pelajaran 2022/2023?” Pada siklus pertama merubah metode ceramah menjadi metode diskusi yang berakibat pada peningkatan tes hasil belajar pada siklus I ini yaitu dari 30 siswa yang mendapat nilai tuntas 23 siswa sehingga prosentase ketuntasan naik menjadi 77 %, hal ini menunjukkan  peningkatan jumlah siswa yang tuntas mengerjakan tes hasil belajar. Mereka telah mampu menyelesaikan sendiri soal tentang materi pokok  Al-Hiwayah. Pada siklus kedua jumlah siswa yang mengerjakan tes hasil belajar, mengalami peningkatan yang cukup signifikan setelah guru menggunakan model pembelajaran Picture And Picture. Pada siklus ini terjadi peningkatan dalam jumlah siswa yang mendapatkan nilai tuntas yaitu 26 siswa dengan nilai ketuntasan 87 %, dengan nilai rata-rata kelas 84,67. Begitu juga pada  ketiga kedua jumlah siswa yang mengerjakan tes hasil belajar, mengalami peningkatan yang sangat signifikan setelah guru menggunakan metode pembelajaran Picture And Picture dan diskusi. Pada siklus ini terjadi peningkatan dalam jumlah siswa yang mendapatkan nilai tuntas yaitu 30 siswa dengan nilai ketuntasan 100 %, dengan nilai rata-rata kelas 93,67. Aktivitas dalam menerima pelajaran juga mengalami peningkatan, siswa yang cenderung menutup diri sudah berani bertanya tanpa rasa takut. Hal ini merupakan hasil tindakan guru yang selalu memberi pujian dan bimbingan secara individual. Disamping itu strategi dalam pembelajaran baik berupa metode, pendekatan yang bervariasi, sehingga minat siswa selalu tertarik dengan materi yang diajarkan. Dari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan beberapa hal antara lain : 1) Kemampuan siswa dalam materi pokok Al-Hiwayah dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode pembelajaran Picture And Picture. 2) Dalam pembelajaran senantiasa memberi motivasi, agar siswa giat berlatih mengerjakan soal-soal latihan dan tes/ulangan serta dikembangkan pada masalah sehari-hari dan yang menguji keterampilan/proses berpikir siswa. Adapun saran yang penulis sampaikan penerapan metode pembelajaran  Picture And Picture membuat pembelajaran lebih menarik dan efektif.

Keywords


Hasil Belajar, Picture And Picture, Al-Hiwayah

Full Text:

PDF

References


Agus Suprijno. (2013). Definisi Model Picture and picture. Yogyakarta: Pustaka Belajar

A.R., Mufid, (2017). Mudahnya Belajar Bahasa Arab untuk Pemula, Yogyakarta: Mueezza

Andayani, Problema dan Aksioma: dalam Metodologi Pembelajaran Bahasa Indonesia, Yogyakarta: Deepublish, 2015.

Anton, Moeliono. (1998). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Perum Balai Pustaka.

Arifin, Zainal, (2011). Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya

Arikunto. Dadang Iskandar. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Publikasinya. Semarang: Ihya Media

Aris Sohimin. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Baharudin. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Djamrah. (2008). Indikator Keberhasilan: Jakarta: PT. Gramedia

Fakhrurrozi, Aziz & Erta Mahyudin, Pembelajaran Bahasa Arab, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama RI, 2012, Cet. Kedua.

Hamalik, Oemar. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

______________. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamid, Abdul, dkk, (2008). Pembelajaran Bahasa Arab, Pendekatan, Metode, Strategi, Materi, dan Media, Malang: UIN Malang Press

Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Hermawan, Acep, (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: Remaja Rosdakarya

Huda, Miftahul. (2014). Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. (2007). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

____. (2009). Pembelajaran Kooperarif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Istarani. (2012). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada

Kasmadi & Sunariah. (2014). Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Kemendikbud RI. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Penerbitan Kemendikbud.

______________. (2017). Buku Guru Tema 3. Jakarta: Pusat Penerbitan Kemendikbud.

______________. (2017). Buku Siswa Tema 3. Jakarta: Pusat Penerbitan Kemendikbud.

Komalasari, Kokom. (2010). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Kunandar. (2010). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kurniasih, Ima & Sani Berlin. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Muslich, Mansur, (2007). Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik, Jakarta: Bumi Aksara

Mustofa, Syaiful, (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif, Malang: UIN-MALIKI PRESS

Nasikhin, N., & Shodiq, S. (2021). DIFFERENT PERSPECTIVE OF RELIGIOUS EDUCATION IN ISLAMIC THEOLOGY AND WEST THEOLOGY. Jurnal Al-Fatih, 4(2), 328-342.

Nasikhin, N., Ismutik, I., & Albab, U. (2022). PHILOSOPHY OF ISLAMIC SCIENCE IN AL-FARABI'S PERSPECTIVE. RUSYDIAH: Jurnal Pemikiran Islam, 3(1), 20-34.

Purwodarminto WS. (1998). Kamus Umum Besar Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Republik Indonesia. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretaris Negara.

.______________. (2005). Undang-undang tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Sekretaris Negara.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

______________. (2014). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sagala, Syaiful. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

______________.(2013). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Sumantri, Mulyani. (2017). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Suprijono, Agus. (2012). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

_____________ (2012). Metode dan Model-Model Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Suwarjo. (2008). Pembelajaran Kooperatif dalam Apresiasi Prosa Fiksi. Malang: Surya Pena Gemilang.

Thobroni, Muhammad & Arif Mustofa. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Jakarta: Prenada Media Group.

Udin S. Winataputra H,dkk. (1999). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Wekke, Ismail Suardi, Model Pembelajaran Bahasa Arab, Yogyakarta: Deepublish, 2014.

Zaenal. (2014). Definisi Model Picture and Picture. Bandung: Yrama Widya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Research Journal on Teacher Professional Development (ISSN 2988-0432) Published by Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia.

Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Tambakaji, Kec. Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kode Pos 50185