Dinamika Pembelajaran Madrasah Diniyah Wustha dan Relevansinya dengan Hasil Prestasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII SMP Negeri 2 Kedung
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Zainal, and Moh. Miftachul Choiri. “Manajemen Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Madrasah Diniyah Wustha Al Jariyah Jarakan Banyudono Ponorogo.” Excelencia: Journal of Islamic Education & Management 1, no. 1 (2021): 169–86.
Aliyan, Dewi Nur Annisa, and Abdulloh Hamid. “Implementasi Pengelolaan Education Management Information System (EMIS) Di Madrasah Diniyah Takmiliyah Al Hidayah Mojokerto.” Jurnal Ilmiah Iqra’ 15, no. 2 (2021): 174–86. https://doi.org/10.30984/jii.v15i2.1533.
Amin, Headri. Peningkatan Mutu Terpadu Pesantren Dan Madrasah Diniyah. Jakarta: Diva Pustaka, 2004.
Arief, Furchan. “Transformasi Pendidikan Islam Di Indonesia; Anatomi Keberadaan Madrasah Dan PTAI.” Yogyakarta: Gama Media, 2004.
Daradjad, Zakiah. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1995.
Direktorat Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam. “Pola Pengembangan Madrasah Diniyah.” Jakarta: Depag RI, 2001.
Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Republik Indonesia. Pedoman Penyelenggaraan Madrasah Diniyah Takmiliyah, Kementerian Agama RI § (2014).
Fauzi, Anis, and Cecep Nikmatullah. “Pelaksanaan Pendidikan Madrasah Diniyah Di Kota Serang.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 1, no. 2 (2016): 157–78. https://doi.org/10.24832/jpnk.v1i2.763.
Irawan, Kukuh Adi, Hisam Ahyani, Ahmad Jafari, and Achmad Rofik. “Peran Madrasah Diniyah an Nur Dalam Pengembangan Pendidikan Islam Melalui Tradisi Keagamaan.” Fitrah: Journal of Islamic Education 2, no. 1 (2021): 52–65.
Istifadah, Eviatul, Suhartono, and H. Mu’arif. “Peran Pendidikan Madrasah Diniyah Ula Dalam Membentuk Karakter Santri.” Al I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 1 (2020): 1–10.
Istijanto. Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005.
Istiyani, Dwi. “Tantangan Dan Eksistensi Madrasah Diniyah Sebagai Entitas Kelembagaan Pendidikan Keagamaan Islam Di Indonesia.” Edukasia Islamika 2, no. 1 (2017): 127–45. https://doi.org/10.28918/jei.v2i1.1665.
Junanto, Subar. “Evaluasi Pembelajaran Di Madrasah Diniyah Miftachul Hikmah Denanyar Tangen Sragen.” At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam 1, no. 2 (2016): 177–96. https://doi.org/10.22515/attarbawi.v1i2.176.
Majid, Abdul. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
Marwan, Nurhayati Zein Murny Afrida Mirawati. “Problematika Pelaksanaan Program Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha Al-Furqan Kandis.” Instructional Development Journal (IDJ) 6, no. 1 (2023): 1–6.
Masyhudunnury. “Madrasah Diniyah : Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Keagamaan Di Kabupaten Bangkalan.” Biokultur 10, no. 1 (2021): 70–84.
Muhaimin. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2001.
Nizah, Nuriyatun. “Dinamika Madrasah Diniyah: Suatu Tinjauan Historis.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 11, no. 1 (2016): 181–202. https://doi.org/10.21043/edukasia.v11i1.810.
Junaedi, M., Nasikhin, N., & Hasanah, S. (2022). Issues in the Implementing of Online Learning in Islamic Higher Education During the Covid-19 Pandemic. Ta'dib, 25(1), 33-46.
———. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (2006).
Ramayulis. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2005.
Suharsimi, Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Research Journal on Teacher Professional Development (ISSN 2988-0432) Published by Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia.
Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Tambakaji, Kec. Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kode Pos 50185