Diagnostic Assessment in Differentiated Learning: Supporting Learners' Needs for Improved Learning Achievement
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aslihah, Aslihah, Enung Nugraha, and Fitri Hilmiyati. “Pengembangan Asesmen Diagnostik Kognitif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka.” Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 3 (2023): 496–502.
Dhahana Aris Saputra, Aryo Andri, and Joko Sulianto. “Analisis Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Dengan Model Problem Based Learning Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Di Sd.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9, no. 04 (2023): 1570–82. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1749.
Elviya, Diyanayu Dwi, and Wahyu Sukartiningsih. “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sekolah Dasar Di Sdn Lakarsantri I/472 Surabaya.” Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jurnal-Penelitian-Pgsd/Article/View/54127 11, no. 8 (2023): 1–14.
Firmanzah, Diki, and Eko Sudibyo. “Implementasi Asesmen Diagnostik Dalam Pembelajaran Ipa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smp/Mts Wilayah Menganti, Gresik.” Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains 9, no. 2 (2021): 165–70. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/index.
Herwina, Wiwin. “Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi.” Perspektif Ilmu Pendidikan 35, no. 2 (2021): 175–82. https://doi.org/10.21009/pip.352.10.
Kurniawan, Nanda Alfan. “PARADIGMA PENDIDIKAN INKLUSI ERA SOCIETY 5.0.” JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 2020, 1–6.
Mansur, Hamsi. Pendidikan Inklusif Mewujudkan Pendidikan Untuk Semua, 2019.
Marlina. Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Inklusif, 2020.
Maut, Arini Ode Wa. “Pentingnya Asesmen Diagnostik Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Di SD Negeri Tongkuno Kecamatan Tongkuno Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara.” Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian 02, no. 4 (2022): 1305–12. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas%0AAsesmen.
Nur Budiono, Arifin, and Mochammad Hatip. “Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka.” Jurnal Axioma : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran 8, no. 1 (2023): 109–23. https://doi.org/10.56013/axi.v8i1.2044.
Purnawanto, Ahmad Teguh. “Pembelajaran Berdiferensiasi.” Jurnal Ilmiah Pedagogy 2 (2023).
Salend, S. J. “Assessment in Special Education: A Practical Approach (5th Ed.).” Pearson, 2019.
Setiawan, Yukki, Galih Jatu Kurnia, Zakaria Sukarya Soetedja, and Taswadi Taswadi. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Asesmen Diagnosis Pada Pembelajaran Seni Rupa Di SMA.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 5, no. 2 (2023): 1584–94. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/5421.
Setyo Adji Wahyudi, Mohammad Siddik, and Erna Suhartini. “Analisis Pembelajaran IPAS Dengan Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka.” Jurnal Pendidikan Mipa 13, no. 4 (2023): 1105–13. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1296.
Tomlinson, C. A., & Strickland, C. A. Differentiation in Practice: A Resource Guide for Differentiating Curriculum, Grades 9-12. ASCD, 2005.
Tomlinson, C. A. The Differentiated Classroom: Responding to the Needs of All Learners., 2014.
Yani, Dwi, Susriyati Muhanal, and Aynin Mashfufah. “Implementasi Assemen Diagnostic Untuk Menentukan Profil Gaya Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Diferensiasi Di Sekolah Dasar.” Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan JURINOTEP 1, no. 3 (2023): 241–360. https://doi.org/10.46306/jurinotep.v1i3.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Research Journal on Teacher Professional Development (ISSN 2988-0432) Published by Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia.
Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Tambakaji, Kec. Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kode Pos 50185