PENGARUH MINAT DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEPUTUSAN WANITA MUSLIM BERWIRAUSAHA

Nurudin Nurudin*  -  Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Entrepreneurship is the creative and innovative ability that is used as the basis, the tips and resources to find opportunities for success. Currently, many women are moved to create a variety of businesses that can be used as a foundation of life. Entrepreneur­ship is based on interest and family environment. Interest is the source of motivation that encourages a person to do the dream. Furthermore, the business experience of the family will provide an indirect experience to a person to have an entrepreneurial interest.The purpose of this study is to determine the influence of family interest and environment on the decision of Muslim women entrepreneurship. The population in this study is all Muslim women who entrepreneurship in the Village Sukodono Bonang District Demak District with a total sample of 30 respondents. Analytical techniques in this study using multiple linear regression analysis techniques.The results showed that the interest (X1) has a significant effect on the decision of Muslim women entrepreneur­ship with p value (sig) of 0.048 below 0.05. Similarly, the family environment variable (X2) has a significant influence on the decision of Muslim women entrepreneurship, this is indicated by p value (sig) of 0.004 below 0.05.

_________________________________________________________

Kewirausahaan adalah kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat dan sumber daya untuk mencari peluang menuju sukses. Saat ini, wanita pun banyak yang tergerak untuk membuat berbagai macam usaha yang dapat dijadikan tumpuan hidup. Kewirausahaan dilatar belakangi oleh faktor minat dan lingkungan keluarga. Minat merupakan sumber motivasi  yang men­dorong seseorang untuk melakukan hal yang diimpikan. Selanjut­nya, pengalaman usaha dari keluarga akan memberikan peng­alaman secara tidak langsung kepada seseorang untuk me­miliki minat berwirausaha.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat dan lingkungan keluarga terhadap keputusan wanita muslim berwirausaha. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wanita muslim yang berwirausaha di Desa Sukodono Ke­camatan Bonang Kabupaten Demak dengan jumlah sampel se­banyak 30 responden. Teknik analisa dalam penelitian ini meng­gunakan teknik analisa regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa Minat (X1) berpengaruh signifikan terhadap ke­putusan wanita muslim berwirausaha dengan dengan p value (sig) sebesar 0,048 di bawah 0,05. Begitu juga variabel lingkungan keluarga (X2) memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan wanita muslim berwirausaha, hal ini ditunjukkan dengan p value (sig) sebesar 0,004 di bawah 0,05.

Keywords: keputusan wanita muslim berwirausaha; lingkungan keluarga; minat

  1. Adhitama, Paulus Patria, “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Ber¬wirausaha: Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Undip”, 2014.
  2. Antonio, Syafi’i. Muhammad saw: The super Leader Super Manager, Jakarta: ProLM, 2007.
  3. Badan Pusat Statistik, Kecamatan Bonang dalam Angka 2017, 2017.
  4. Dewi, Anita Volintia dan Endang Mulyatiningsih, “Pengaruh Pengalaman Pendidikan Kewirausahaan dan Keterampilan Kejuruan terhadap Motivasi Berwirausaha Siswa”, 2013.
  5. Ermawati, Tuti. n.d. Kewirausahaan dalam Islam. Pustaka LIPI E-Library http://www.pdii.lipi.go.id/repository/index.php/record/view/21185 di akses pada 27 Oktober 2017.
  6. Fatimah, Cut Erika Ananda, “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Wanita Muslim di Wilayah Tangerang Selatan Berwirausaha”, 2015.
  7. Husein, Umar, Riset dan Perilaku Pemasaran, Jakarta: Gramedia, 2000.
  8. Ichwan, Ziyad, Siti Khadijah, “Business Women Paling Terkenal di Dunia”, dalam http://www.sekolahumarusman.com diakses pada 27 Oktober 2017
  9. Moh, As’ad, Psikologi Industri, Yogyakarta: Liberty, 2002.
  10. Moko, Astamoen, Entrepreneurship dalam Perspektif Kondisi Bangsa Indonesia, Bandung: Alfabeta, 2005.
  11. Purwanti, Indah, 2015, “Analisis Karakteristik dan Perilaku Wanita Wirausaha” dalam http://repository.ipb.ac.id/jspui/bitstream/123456789/80860/1/ H15ipu.pdf., diakses 27 Oktober 2017.
  12. Sjanbandhy dkk, Pengembangan Kualitas SDM dari Perspektif PIO, Depok: Bagian PIO Fak. Psikologi UI, 2001.
  13. Suherman, Eman, Design Pembelajaan Kewirausahaan, Bandung: Alfabeta, 2008.
  14. Syamsi, Ibnu, Pengambilan Keputusan dan Sistem Informasi, Jakarta: Bumi Aksara, 2000.
  15. Torado, Michael, Pembangunan Ekonomi,Jilid I, Jakarta: Bumi Aksara, 2000.
  16. Trim, Bambang, Briliant Enterpreneur Muhammad SAW, Bandung. Salamadani, 2009.
  17. Witherington, H. C., Psikologi Pendidikan, Jakarta: Aksara Baru, 1999.
  18. Zimmerer, Thomas dan Scarborough, Pengantar Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis Kecil, Jakarta: Salemba Empat, 2004.

Publisher:
Center for Gender and Child Studies (Pusat Studi Gender dan Anak)
LP2M, Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang.
Central Java, Indonesia


Sawwa Visitor Statistics
 
apps