KARAKTER ANAK DALAM NOVEL NEGERI LIMA MENARA: PERSPEKTIF NILAI AJARAN ISLAM

Novi Maria Ulfah*  -  IAIN Walisongo, Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author
Tulisan ini bermaksud mencari nilai-nilai karakter apa saja yang terkandung dalam novel Negeri Lima Menara. Novel Negeri Lima Menara merupakan novel yang terinspirasi dari kisah nyata dari sang penulis yaitu Ahmad Fuadi. Novel ini bercerita mengenai keseharian Ahmad Fuadi ketika menuntut ilmu di pondok modern gontor. Nilai-nilai karakter yang peneliti temukan kemudian dianalisis menggunakan kajian interteks­tual. Kajian intertekstual dimaksudkan untuk menghubungkan nilai-nilai karakter tersebut dengan ayat al-Qur’an dan Hadits. Nilai-nilai karakter dalam novel Negeri Lima Menara antara lain: keikhlasan, patuh, giat belajar, kebersamaan, jujur, gigih, tawakkal, ikhtiar, optimis, sungguh-sungguh, setia kawan, qanaah, minta ampun, berani, persatuan serta pengorbanan. Nilai pendidikan tersebut mempunyai korelasi dengan beberapa ayat al-Qur’an dan al Hadits. Dalam kajian intertekstual, ayat al-Qur’an dan hadits merupakan hipogram atas nilai-nilai karakter tersebut.

Keywords: novel Negeri Lima Menara; pendidikan karakter anak

  1. Budiman, Kris, Semiotika Visual (Konsep, Isu dan Problem Ikonitas), Yogyakarta: Jalasutra, 2011.
  2. Culler, Jonathan, Structuralist Poetics: Structuralism, Linguistic, and the Study of Literature, New York: Cornell University Press, 1982.
  3. Djoko Pradopo, Rachmat, Kritik Sastra Indonesia Modern,Yogyakarta: Gama Media, 2002.
  4. Lubis, AT., Penelitian Teks dan Metode Penelitian Filologi, Jakarta: Yayasan Media Alo Indonesia, 2001.
  5. Muzayyin, Arifin, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
  6. Rifattere, Semiotic of Poetry, London: Indiana University Press, 1978.
  7. Soegito, AT., “Kontribusi PAI terhadap Pembentukan Karakter Bangsa”, Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2013.
  8. Supriyadi, Asep, “Transformasi Nilai-nilai Ajaran Islam dalam Ayat-ayat Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy: Kajian Interteks”, Semarang: Program Pascasarjana UNDIP, 2006.
  9. Santosa, Puji, Rancangan Semiotika dan Pengkajian Susastra, Bandung: Angkasa, 2004.
  10. Sutrisno dan Subiyantoro, “Kontribusi Madrasah dalam Pembentukan Karakter Bangsa”, Yogyakarta: UIN Yogyakarta, 2013.
  11. Zuchdi, Darmiyati, Pendidikan Karakter, Konsep Dasar dan Implementasi di Perguruan Tinggi, Yogyakarta: UNY Press, 2012.
  12. Zubaidi, Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasi dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2012.

Publisher:
Center for Gender and Child Studies (Pusat Studi Gender dan Anak)
LP2M, Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang.
Central Java, Indonesia


Sawwa Visitor Statistics
 
apps