PERANAN BIMBINGAN KONSELING ISLAM DALAM MENINGKATKAN MORAL NARAPIDANA ANAK: Studi pada BAPAS Kelas I Semarang

Authors

  • Safa'ah Safa'ah MA Nurul Ulum Mranggen, Demak, Indonesia
  • Yuli Nur Khasanah Ponpes Ngruki Surakarta, Indonesia
  • Anila Umriana Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo, Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21580/sa.v12i2.1709

Keywords:

Islamic guidance counseling, kid prisoners, the Probation and Parole Office (BAPAS) Class I Semarang

Abstract

This paper describes the role of Islamic guidance and counseling to improve the morality of kid prisoners in the Probation and Parole Office (BAPAS) Class I Semarang. Initially, kid prisoners have low morals. However, having conducted Islamic guidance and counseling, the moral increased to be better. It was proven that Islamic guidance and counseling could help the kid prisoners restoring their spiritual mental and optimism in changing their behavior for the better moral quality. In addition, Islamic guidance and counseling has an important role to improve the kid prisoners’ moral in the Probation and Parole Office (BAPAS) Class I Semarang. Its activities are particular­ly focused on the consciousness reversion through the faith strength, confidence, acceptance, and patience. Furthermore, patience and gentleness of the mentors make the kid prisoners have more spirit and confidence to participate in the process of Islamic guidance and counseling activities.

_________________________________________________________

Tulisan ini mendiskripsikan tentang peranan bimbingan dan konseling Islam dalam meningkatkan moralitas narapidana anak di BAPAS Kelas I Semarang. Pada awalnya narapidana anak memiliki moral yang ren­dah, tetapi setelah dilakukan kegiatan BKI moral menjadi me­ningkat. Bimbingan Konseling Islam membantu narapidana anak mengembali­kan mental spiritual, dan sikap optimisme dalam merubah perilaku mereka menjadi lebih baik, sehingga tercipta moral yang berkualitas. Bimbingan dan konseling Islam memiliki peran penting dalam meningkatkan moral narapidana anak di BAPAS Kelas I Semarang ter­utama merubah perilaku ke arah yang lebih baik dari sebelumnya. Kegiatan bimbingan konseling Islam lebih dikhususkan pada peng­ambilan kesadaran melalui kekuatan iman, keyakinan, penerimaan, dan kesabaran. Kesabaran dan kelembutan pembimbing menjadikan narapidana anak semakin semangat dan percaya diri dalam meng­ikuti proses bimbingan dan konseling Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barjie, Ahmad B., Moralitas Generasi Muda dan Pendekatan Agama dalam Upaya Pembinaannya, Jakarta: Proyek Pembinaan Kemahasiswaan Departemen Agama, 1987.

Data observasi pendahuluan tanggal 22 Mei 2016.

Departemen Agama RI, al-Qur’an dan Terjemahannya, Bandung: al-Jumanatul ‘Ali, 2004.

adz-Dzaky, Hamdani Bakran, Psikoterapi dan Konseling Islam, Yogyakarta: Fajar Pustaka, 2001.

Faqih, Ainur Rahim, Bimbingan dan Konseling Dalam Islam, Yogyakarta: UUI Press, 2001.

Fitriyah, Anis, dkk, “Pengaruh Bimbingan Konseling Islam terhadap Peningkatan Moral Anak Jalanan di Sanggar Alang-Alang”, Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 3 (1), 2013, h. 102.

Gunarsa, Singgih, Konseling dan Psikoterapi, Jakarta: Gunung Mulia, 1992.

Hasan, Aliah B. Purwakania, Psikologi Perkembangan Islami: Menyingkap tentang Rentang Kehidupan Manusia dari Prakelahiran hingga Kematian, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.

al-Hilali, Syaikh Salim bin 'Ied, Syarah Riyadhus Shalihin, Jakarta: Pustaka Imam Syafi’i, 2015.

http://m.gresnews.com/berita/sosial/2014 kasus kriminalitas anak diakses 26 Desember 2015 pukul 21.00.

Hurlock, Elizabeth B., Perkembangan Anak, Jakarta: Penerbit Erlangga1989.

Salahudin, Anas, Bimbingan dan Konseling, Bandung: Pustaka Setia, 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2010.

Surna, I Nyoman, dkk, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Erlangga, 2014.

Syamsul, Yusuf dan Juntika Nurihsan, Landasan Bimbingan dan Konseling, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Thalib, Syamsul Bachri, Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif,, Jakarta: Prenada Media Group, 2010.

Usman, Husaini dan Akbar Purnomo Setyadi, Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: Bumi Aksara, 2000.

Wawancara dengan Catur, tanggal 20 Mei 2016.

Wawancara dengan Ka. Sie.Bimbingan Narapidana Anak Bapas Kelas I Semarang, tanggal 16 Oktober 2016.

Wawancara dengan Putri, tanggal 21 Mei 2016.

Wawancara dengan Ustadz Anas tanggal 22 Juni 2016.

Wawancara Ustadz Anas, tanggal 22 Agustus 2016.

Downloads

Published

2017-04-30

Issue

Section

Articles