Literasi Sains Siswa Kelas IX dengan Implementasi Media Pembelajaran Berbasis EXE Learning pada Materi Pewarisan Sifat

Noor Eka Febryana*  -  Tadris Biologi, Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia
Nurul Septiana  -  Tadris Biologi, Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia
Mukhlis Rohmadi  -  Tadris Biologi, Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia

(*) Corresponding Author

Literasi sains penting untuk dimiliki siswa karena berpotensi besar dalam mendukung pembangunan sumber daya manusia yang kompeten dan berkualitas guna menghadapi tantangan era globalisasi. Rendahnya literasi sains siswa di kelas IX MTs Muslmat NU Palangka Raya harus diatasi dengan implementasi media pembelajaran berbasis teknologi seperti eXe Learning. Penelitian ini nertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi media eXe Learning terhadap literasi sains siswa. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Nonequivalent control group. Hasil penelitian ini dapat menyatakan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan pada kemampuan literasi sains siswa kelas IX MTs Muslimat NU Palangka Raya setelah implementasi media pembelajaran berbasis eXe Learning materi pewarisan sifat karena diperoleh nilai thitung>ttabel, yaitu nilai thitung sebesar 5,147 dan nilai ttabel sebesar 1,665.

Keywords: eXe Learning; literasi sains; pewarisan sifat.

  1. Aisyah, D. W., Gipayana, M., & Djatmika, E. T. (2017). Mengembangkan Kebermaknaan Belajar dengan Rancangan Pembelajaran Tematik Bercirikan Quantum Teching. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.
  2. Andina, E. (2011). Buku Digital dan Pengaturannya. Jurnal Aspirasi, 2(1)
  3. Ardianto, D., & Rubini, B. (2016). Literasi sains dan aktivitas siswa pada pembelajaran IPA terpadu tipe shared. Unnes Science Education Journal, 5(1)
  4. Arief, M. K. (2015). Penerapan Levels of Inquiry Pada Pembelajaran IPA Tema Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Jurnal Edusentris, 2(2).
  5. Arisman, A. (2015). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Praktikum dalam Pembelajaran IPA Terpadu untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) (Vol. 4, pp. SNF2015- I).
  6. Arjunaita, A. (2020). Pendidikan Di Era Revolusi Industri 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
  7. Copriady, J. (2014). Penerapan SPBM yang Diintegrasikan dengan Program eXe Learning terhadap Motivasi Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Kimia Dasar. Jurnal Pendidikan, 5(2), 95-105.
  8. Ismail, I., Permanasari, A., & Setiawan, W. (2016). Efektivitas Virtual Lab Berbasis STEM dalam Meningkatkan Literasi Sains Siswa Dengan Perbedaan Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 190-201.
  9. Jamil, A., Listyono, L., & Norra, B. (2020). Pengembangan Big Book Untuk Meningkatkan High Order Thinking Skill Siswa SMP. Bioeduca: Journal of Biology Education, 2(2), 64-73. doi:http://dx.doi.org/10.21580/bioeduca.v2i2.6282
  10. Kurnia, F., & Fathurohman, A. (2014). Analisis Bahan Ajar Fisika Sma Kelas XI di Kecamatan Indralaya Utara Berdasarkan Kategori Literasi Sains. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 1(1)
  11. Kusmana, A. (2017). E-learning dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 14(1)
  12. Latip, A., & Permanasari, A. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Literasi Sains Untuk Siswa SMP Pada Tema Teknologi. Edusains, 7(2), 160-171.
  13. Lubis, A., & Napitupulu, E. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dengan Penggunaan Media Exelearning dan Komunikasi Interpersonal terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan lima puluh. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 3(2).
  14. Machril, Sadzali Yunaifi, & Darwin. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Exe (Elearning Xhtml Editor) terhadap Hasil Belajar Konstruksi Bangunan Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan pada Siswa Kelas X SMK Negeri 5 Medan. Jurnal Education Building, 1(1)
  15. Mukti, F. D. (2018). Integrasi Literasi Sains Dan Nilai-Nilai Akhlak di Era Globalisasi. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 318-338.
  16. Muzijah, R., Wati, M., & Mahtari, S. (2020). Pengembangan E-modul Menggunakan Aplikasi Exe-Learning untuk Melatih Literasi Sains. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 89-98.
  17. Nofiana, M., & Julianto, T. (2018). Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Keunggulan Lokal. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 9(1), 24-35.
  18. Odja, A. H., & Payu, C. S. (2014). Analisis Kemampuan Awal Literasi Sains Siswa pada Konsep IPA. Prosiding disajikan dalam Seminar Nasional Kimia (Vol. 20), Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, 20 September.
  19. OECD. (2015). PISA 2015 Draft Mathematic Framework. New York: Columbia University
  20. Putri, S. B., Sarwi, S., & Akhlis, I. (2018). Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Melalui Kegiatan Lab Virtual dan Eksperimen Riil untuk Peningkatan Penguasaan Konsep dan Pengembangan Aktivitas Siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 7(1), 14-22.
  21. Risma, M., Rahmayani, R., & Handayani, F. (2019). Analisis konten buku teks IPA terpadu kelas VIII semester 1 ditinjau dari aspek literasi saintifik. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 3(2), 200-208.
  22. Rohmawati, E., Widodo, W., & Agustini, R. (2018). Membangun Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Berkonteks Socio-Scientific Issues Berbantuan Media Weblog. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 8-14.
  23. Rosandi, A. K. F., Tjandrakirana, T., & Supardi, I. (2016). Pengembangan Multimedia IPA Berbasis Flash untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 4(1), 34-40.
  24. Said, Colle. (2016). Paradigma Pendidikan dalam Perspektif Surah Al-‘Alaq Ayat 1-5. Hunafa: Jurnal Studia Islamika, 13(1)
  25. Shihab, M. Quraish. (1997). Mujizat Alquran. Bandung: Mizan
  26. Sitompul, H. S. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Kimia Dan Karakter Peserta Didik Melalui Implementasi Model Problem Based Learming Dengan Media Exe Learning Di SMA Kelas X Berdasarkan Kurikulum 2013 (Doctoral dissertation, UNIMED).
  27. Sudirgayasa, I. G, I W. Suastra, dan N. P. Ristiati. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Nature of Science (NOS) terhadap Kemampuan Aplikasi Konsep Biologi dan Pemahaman NOS Siswa dalam Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Marga. E-Journal : Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan IPA Volume 4
  28. Sudjana, Nana. (2007). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
  29. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  30. Wibowo, T. H. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Blended Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Dan Self Efficacy (Doctoral dissertation, Universitas Lampung).
  31. Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2).

Open Access Copyright (c) 2021 Bioeduca : Journal of Biology Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Bioeduca: Journal of Biology Education
Published by Department of Biology Education, Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 812-2359-1990
Website: https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/index
Email: bioeduca@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-8009 (Print)
ISSN: 2715-7490 (Online)


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps