Fungsi pendidikan adalah menyiapkan peserta didik melalui proses yang berlangsung sebelum peserta didik itu siap bekerja di kehidupan nyata. Tujuan penelitian adalah mengetahui permasalahan guru dan siswa pada model pembelajaran Graphic Organizer terhadap berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas X berjumlah 60 orang. Penelitian dilakukan di SMAN 8 Samarinda. Pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment). Hasil angket yang dilakukan terhadap siswa siswi menunjukkan bahwa 50,00% masih kurang dalam berpikir kreatif pada saat proses pembelaran biologi di kelas. Sedangkan 60,00% hasil belajar siswa masih dibawah rata-rata, Perangkat pembelajaran yang dimiliki kurang lengkap.
Keywords :
Analisis permasalahan; model pembelajaran; metode penelitian; hasil belajar
Dimyati. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta . PT Bumi Aksara.
Masril. 2011. Pengembangan Model pembelajaran Fisika Berbasis Graphic Organizer Melalui Belajar Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika1, 1-17.
Sugihartono, dkk. 2007. Faktor-faktor mempengaruhi hasil belajar _Psikologi Pendidikan. Yogyakarya:UNY Pers.
Trianto. 2011. Model – Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivstik. Jakarta: Prestasi Pustaka.