Analisis Permasalahan Guru dan Siswa Terhadap Model Pembelajaran Graphic Organizer dan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar

Authors

  • Sumartijah Sumartijah Pendidikan Biologi, Mulawarman University
  • Elsje Theodora Maasawet Pendidikan Biologi, Mulawarman University
  • Didimus Tanah Boleng Pendidikan Biologi, Mulawarman University

DOI:

https://doi.org/10.21580/bioeduca.v2i2.5837

Keywords:

analisis permasalahan, hasil belajar, model pembelajaran, metode penelitian.

Abstract

Fungsi pendidikan adalah menyiapkan peserta didik melalui proses yang berlangsung sebelum peserta didik itu siap bekerja di kehidupan nyata. Tujuan penelitian adalah mengetahui permasalahan guru dan siswa pada model pembelajaran Graphic Organizer terhadap berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas X berjumlah 60 orang. Penelitian dilakukan di SMAN 8 Samarinda. Pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment). Hasil angket yang dilakukan terhadap siswa siswi menunjukkan bahwa 50,00% masih kurang dalam berpikir kreatif pada saat proses pembelaran biologi di kelas. Sedangkan 60,00% hasil belajar siswa masih dibawah rata-rata, Perangkat pembelajaran yang dimiliki kurang lengkap.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sumartijah Sumartijah, Pendidikan Biologi, Mulawarman University

Program Studi Pendidikan Biologi

Elsje Theodora Maasawet, Pendidikan Biologi, Mulawarman University

Program Studi Pendidikan Biologi

Didimus Tanah Boleng, Pendidikan Biologi, Mulawarman University

Program Studi Pendidikan Biologi

References

Dimyati. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful bahri. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta . PT Bumi Aksara.

Masril. (2011). Pengembangan Model pembelajaran Fisika Berbasis Graphic Organizer Melalui Belajar Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika1, 1-17.

McKnight, K. S. (2013) The elementary Teacher’s Big Book of Graphic Organizerz: 100+ Ready-to-Use Organizers that Help Kids Learn Language Arts, Scince, Social Studies, and More!. San Fransisco: John Willey & sons, Inc.

Orlich, D.C., Harder, R.J., Callahan, R. C., Trevisan, M.S & Brown, A.H. (2010). Teaching Strategis, A Guide to Effective Instruction, 9ed. Boston: Wadswordth Cegage Learning.

Sugihartono. (2007). Faktor-faktor mempengaruhi hasil belajar. Psikologi Pendidikan. Yogyakarya: UNY Press.

Trianto. (2011). Model – Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivstik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Tsui, C. & Treagust, D.F. (2013). Introduction to Multiple Representations: Their Importance in Biology and Biological Education. In Tsui, C. & Treagust, D. F. (Ed), Multiple Representations in Biological Education (pp. 3-18). London: Springer.

Rochmayatun, Miswari, Bunga Ihda N. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Berbasis Media Tebak Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Materi Sistem Ekskresi Di Man Kendal Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. UIN Walisongo Semarang.

Robert j marzano. (2007). The Art And Science Of Teaching. ASCD : Alexandria.

Lukluatun Nisa, Siti Mukhlishoh Setyawati, Bunga Ihda Norra. (2019). Increasing analytical thinking skills through a popup booklet development with digestive system. Journal of Physics: Conference Series.1241.iop publishing

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

Siti Alfiah, MIswari, Bunga Ihda Norra. (2018). Pengembangan media pembelajaran biologi berbasis permainan biodakon materi vertebrata kelas X MA Matholi’ul Huda Troso Jepara. Skripsi. UIN Walisongo Semarang

Downloads

Published

2020-10-19