Analisis Permasalahan Guru dan Siswa Terhadap Model Pembelajaran Graphic Organizer dan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.21580/bioeduca.v2i2.5837Keywords:
analisis permasalahan, hasil belajar, model pembelajaran, metode penelitian.Abstract
Fungsi pendidikan adalah menyiapkan peserta didik melalui proses yang berlangsung sebelum peserta didik itu siap bekerja di kehidupan nyata. Tujuan penelitian adalah mengetahui permasalahan guru dan siswa pada model pembelajaran Graphic Organizer terhadap berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas X berjumlah 60 orang. Penelitian dilakukan di SMAN 8 Samarinda. Pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment). Hasil angket yang dilakukan terhadap siswa siswi menunjukkan bahwa 50,00% masih kurang dalam berpikir kreatif pada saat proses pembelaran biologi di kelas. Sedangkan 60,00% hasil belajar siswa masih dibawah rata-rata, Perangkat pembelajaran yang dimiliki kurang lengkap.
Downloads
References
Dimyati. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful bahri. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta . PT Bumi Aksara.
Masril. (2011). Pengembangan Model pembelajaran Fisika Berbasis Graphic Organizer Melalui Belajar Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika1, 1-17.
McKnight, K. S. (2013) The elementary Teacher’s Big Book of Graphic Organizerz: 100+ Ready-to-Use Organizers that Help Kids Learn Language Arts, Scince, Social Studies, and More!. San Fransisco: John Willey & sons, Inc.
Orlich, D.C., Harder, R.J., Callahan, R. C., Trevisan, M.S & Brown, A.H. (2010). Teaching Strategis, A Guide to Effective Instruction, 9ed. Boston: Wadswordth Cegage Learning.
Sugihartono. (2007). Faktor-faktor mempengaruhi hasil belajar. Psikologi Pendidikan. Yogyakarya: UNY Press.
Trianto. (2011). Model – Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivstik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Tsui, C. & Treagust, D.F. (2013). Introduction to Multiple Representations: Their Importance in Biology and Biological Education. In Tsui, C. & Treagust, D. F. (Ed), Multiple Representations in Biological Education (pp. 3-18). London: Springer.
Rochmayatun, Miswari, Bunga Ihda N. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Berbasis Media Tebak Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Materi Sistem Ekskresi Di Man Kendal Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. UIN Walisongo Semarang.
Robert j marzano. (2007). The Art And Science Of Teaching. ASCD : Alexandria.
Lukluatun Nisa, Siti Mukhlishoh Setyawati, Bunga Ihda Norra. (2019). Increasing analytical thinking skills through a popup booklet development with digestive system. Journal of Physics: Conference Series.1241.iop publishing
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung : Alfabeta.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.
Siti Alfiah, MIswari, Bunga Ihda Norra. (2018). Pengembangan media pembelajaran biologi berbasis permainan biodakon materi vertebrata kelas X MA Matholi’ul Huda Troso Jepara. Skripsi. UIN Walisongo Semarang
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.