Implementasi Discovery Learning dalam Pembelajaran Biologi Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Hewan

Manganju Manik*  -  Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Fauziyah Harahap  -  Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Medan, Indonesia

(*) Corresponding Author

Supp. File(s): Research Instrument

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan untuk mendapatkan hasil dari Implementasi Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan hewan di SMA Negeri 3 Medan. Sistem implementasi ini dilakukan dalam dua siklus, masing - masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan (observation) dan refleksi. Terdapat 13 Kelas XI MIA sebagai populasi penelitian, di mana siswa kelas XI MIA-8 yang berjumlah 42 orang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan sebagai subjek penelitian ini. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Peningkatan hasil belajar siswa  mengalami perubahan yakni 85,71% pada siklus ke I dan 97,62% pada siklus ke II. Kesimpulan dari  hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dan masuk ke dalam kategori tinggi.

Supplement Files

Keywords : discovery learning; hasil belajar; pembelajaran biologi

  1. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
  2. Azhari, (2015). Penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI-IPA1 pada materi sistem pernapasan di SMA Negeri Unggul Sigli, Jurnal Biologi Edukasi Edisi 14, Volume 7 Nomor 1, hal 13-21
  3. Campbell, N. A., & Reece, J. B. (2008). Biologi Jilid 1 Edisi 8. Jakarta: Erlangga
  4. Daryanto. (2007). Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta
  5. Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
  6. Muhamad,N. (2016). Pengaruh Model Discovery learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut ISSN: 1907-932X
  7. Nasution, L.,M. (2017). Statistik Deskriptif. Jurnal Hikmah, Volume 14, No. 1
  8. Oemar,Hamalik. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara
  9. Pangaribowo, D., Keliat, N., Sastrodihardjo,S., Hutangoal.,D., (2017). Penerapan model Pembelajaran Discovery Learning dan Permainan Smart Case untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII C SMP Kristen 2 Salatiga. BIOEDUKASI Volume 10, Nomor 1 Halaman 47- 57
  10. Putrayasa, I., Syahruddin, H. & Margunayasa, I. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa, II(1), hlm 1-11.
  11. Rosarina, G., Sudin, A., Sujana, A., (2016). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda, Jurnal Pena Ilmiah Vol.1, No.1, hlm 371-380
  12. Sani, R. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
  13. Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  14. Sujana, A. (2014). Pendidikan IPA, Bandung: Rizqi Press.
  15. Trihartanti, W. (2015). Penerapan pendekatan saintifik pada materi dunia tumbuhan di SMA negeri 1 Gedangan sidoarjo. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, Vol.4 No.1 ISSN: 2302-9528
  16. Widiadnyana I W., Sadia I W., Suastra I W. (2014). Penelitian yang berjudul Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, Volume 4.
  17. Yuliana, N. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. PPs Universitas Pendidikan Ganesha

Open Access Copyright (c) 2021 Bioeduca : Journal of Biology Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Bioeduca: Journal of Biology Education
Published by Department of Biology Education, Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus II Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 812-2359-1990
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: bioeduca@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-8009 (Print)
ISSN: 2715-7490 (Online)


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps