Implementasi Discovery Learning dalam Pembelajaran Biologi Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Hewan

Authors

  • Manganju Manik Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Medan
  • Fauziyah Harahap Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.21580/bioeduca.v3i1.6529

Keywords:

discovery learning, hasil belajar, pembelajaran biologi

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan untuk mendapatkan hasil dari Implementasi Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan hewan di SMA Negeri 3 Medan. Sistem implementasi ini dilakukan dalam dua siklus, masing - masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan (observation) dan refleksi. Terdapat 13 Kelas XI MIA sebagai populasi penelitian, di mana siswa kelas XI MIA-8 yang berjumlah 42 orang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan sebagai subjek penelitian ini. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Peningkatan hasil belajar siswa  mengalami perubahan yakni 85,71% pada siklus ke I dan 97,62% pada siklus ke II. Kesimpulan dari  hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dan masuk ke dalam kategori tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Manganju Manik, Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Medan

Pendidikan Biologi,  FMIPA

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Azhari, (2015). Penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI-IPA1 pada materi sistem pernapasan di SMA Negeri Unggul Sigli, Jurnal Biologi Edukasi Edisi 14, Volume 7 Nomor 1, hal 13-21

Campbell, N. A., & Reece, J. B. (2008). Biologi Jilid 1 Edisi 8. Jakarta: Erlangga

Daryanto. (2007). Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Muhamad,N. (2016). Pengaruh Model Discovery learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut ISSN: 1907-932X

Nasution, L.,M. (2017). Statistik Deskriptif. Jurnal Hikmah, Volume 14, No. 1

Oemar,Hamalik. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara

Pangaribowo, D., Keliat, N., Sastrodihardjo,S., Hutangoal.,D., (2017). Penerapan model Pembelajaran Discovery Learning dan Permainan Smart Case untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII C SMP Kristen 2 Salatiga. BIOEDUKASI Volume 10, Nomor 1 Halaman 47- 57

Putrayasa, I., Syahruddin, H. & Margunayasa, I. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa, II(1), hlm 1-11.

Rosarina, G., Sudin, A., Sujana, A., (2016). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda, Jurnal Pena Ilmiah Vol.1, No.1, hlm 371-380

Sani, R. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sujana, A. (2014). Pendidikan IPA, Bandung: Rizqi Press.

Trihartanti, W. (2015). Penerapan pendekatan saintifik pada materi dunia tumbuhan di SMA negeri 1 Gedangan sidoarjo. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, Vol.4 No.1 ISSN: 2302-9528

Widiadnyana I W., Sadia I W., Suastra I W. (2014). Penelitian yang berjudul Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, Volume 4.

Yuliana, N. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. PPs Universitas Pendidikan Ganesha

Downloads

Additional Files

Published

2021-03-31