Implementasi Discovery Learning dalam Pembelajaran Biologi Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Hewan
DOI:
https://doi.org/10.21580/bioeduca.v3i1.6529Keywords:
discovery learning, hasil belajar, pembelajaran biologiAbstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan untuk mendapatkan hasil dari Implementasi Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan hewan di SMA Negeri 3 Medan. Sistem implementasi ini dilakukan dalam dua siklus, masing - masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan (observation) dan refleksi. Terdapat 13 Kelas XI MIA sebagai populasi penelitian, di mana siswa kelas XI MIA-8 yang berjumlah 42 orang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan sebagai subjek penelitian ini. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Peningkatan hasil belajar siswa mengalami perubahan yakni 85,71% pada siklus ke I dan 97,62% pada siklus ke II. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dan masuk ke dalam kategori tinggi.
Downloads
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Azhari, (2015). Penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI-IPA1 pada materi sistem pernapasan di SMA Negeri Unggul Sigli, Jurnal Biologi Edukasi Edisi 14, Volume 7 Nomor 1, hal 13-21
Campbell, N. A., & Reece, J. B. (2008). Biologi Jilid 1 Edisi 8. Jakarta: Erlangga
Daryanto. (2007). Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta
Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Muhamad,N. (2016). Pengaruh Model Discovery learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut ISSN: 1907-932X
Nasution, L.,M. (2017). Statistik Deskriptif. Jurnal Hikmah, Volume 14, No. 1
Oemar,Hamalik. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara
Pangaribowo, D., Keliat, N., Sastrodihardjo,S., Hutangoal.,D., (2017). Penerapan model Pembelajaran Discovery Learning dan Permainan Smart Case untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII C SMP Kristen 2 Salatiga. BIOEDUKASI Volume 10, Nomor 1 Halaman 47- 57
Putrayasa, I., Syahruddin, H. & Margunayasa, I. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa, II(1), hlm 1-11.
Rosarina, G., Sudin, A., Sujana, A., (2016). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda, Jurnal Pena Ilmiah Vol.1, No.1, hlm 371-380
Sani, R. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sujana, A. (2014). Pendidikan IPA, Bandung: Rizqi Press.
Trihartanti, W. (2015). Penerapan pendekatan saintifik pada materi dunia tumbuhan di SMA negeri 1 Gedangan sidoarjo. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, Vol.4 No.1 ISSN: 2302-9528
Widiadnyana I W., Sadia I W., Suastra I W. (2014). Penelitian yang berjudul Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, Volume 4.
Yuliana, N. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. PPs Universitas Pendidikan Ganesha
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.