Pengembangan Kualitas Kepribadian Guru

Ahwy Oktradiksa*  -  Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

(*) Corresponding Author

Teachers play a role in improving the quality of education. As individuals, the teacher is the embodiment of all the unique characteristics according to its position as the teaching profession stakeholders. Personality is the primary foundation for self-realization as an effective teacher in carrying out their professional duties. This requires a teacher to be able to realize effective personal to carry out the functions and responsibilities. Teachers must know himself and is able to develop in the direction of the realization of a healthy personal and plenary. Teacher's personality is an important factor for the success of ter-learning students. Personality of the teacher becomes an example for their students. Teacher's personality into the factors that determine good or bad personality of the child. Good personality became a teacher requirements. 


Abstrak

Guru memegang peran dalam peningkatan mutu pendidikan. Sebagai pribadi, guru merupakan perwujudan dari seluruh keunikan karakteristik yang sesuai dengan posisinya sebagai pemangku profesi keguruan. Kepribadian merupakan landasan utama bagi perwujudan diri sebagai guru yang efektif dalam melaksanakan tugas profesionalnya. Hal ini menuntut seorang guru harus mampu mewujudkan pribadi yang efektif untuk dapat melaksanakan fungsi dan tanggung jawabnya. Guru harus mengenal dirinya sendiri dan mampu mengembangkannya ke arah terwujudnya pribadi yang sehat dan paripurna. Kepribadian guru merupakan faktor terpenting bagi keberhasilan belajar anak didik. Kepribadian guru menjadi contoh bagi peserta didiknya. Kepribadian guru menjadi faktor yang menentukan baik atau buruknya kepribadian anak. Kepribadian yang baik menjadi persyaratan sorang guru.
Kunci kunci: n.

Keywords: teachers; quality; personality; guru; kualitas; kepribadia

  1. Anwar, Moch. Idochi. 2004. Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  2. Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Pengajaran Secara Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Asmani, Jamal Ma’ruf. 2009. 7 Kompetensi Guru Menyenangkan dan Professional. Yogyakarta: Power Books.
  4. Djamarah, Syaiful. 1977. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Banjarmasin: Rineka Cipta.
  5. Himpunan Undang-Undang Republik Indonesia. 2009. Guru dan Dosen, Sistem Pendidikan Nasional, Standar Nasional Pendidikan. Surabaya : Wacana Intelektual.
  6. Kosasi, Rafli. 1994. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.
  7. Koesoema, Doni. 2009. (Resume oleh: Ahmad Makki Hasan Mahasiswa Program Pascasarjana UIN Malang dan Guru SMA Negeri 1 Kota Malang), Mengembangkan Visi Guru sebagai Pelaku Perubahan dan Pendidik Karakter. Jakarta: Grasindo.
  8. Mulyasa. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  9. Roqib, Moh. dan Nurfuadi. 2009. Kepribadian Guru, Upaya Mengembangkan Kepribadian Guru yang Sehat Dimasa Depan.Yogyakarta: Grafindolitera Media bekerjasama dengan STAIN Purwokerto.
  10. Purwanto, Ngalim. 1985. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
  11. Sahabuddin. 1999. Mengajar dan Belajar. Makassar: State University of Makassar Press.
  12. Syah, Muhibbin. 2000. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  13. Surya, Muhammad. 2003. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Yayasan Bhakti Winaya.

Open Access Copyright (c) 2016 Nadwa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 INDEXED BY

Journal Terindex di CrossrefJournal Terindex di LeidenJournal Terindex di MorarefJournal Terindex di Google ScholarJournal Terindex di GarudaJournal Terindex di Base

View My Stats
apps