Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang - Indonesia
ETIKA BISNIS ISLAMI: (Kajian Terhadap Konsep Kredibilitas, Citra Bisnis dan Manajemen Utang-Piutang Bagi Individu dan Perusahaan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui etika bisnis yang islami bagi individu dan perusahaan. Tulisan ini mengkaji persoalan yang berkaitan dengan masalah pemahaman terhadap konsep kredibilitas, citra bisnis dan manajemen utang piutang bagi individu dan perusahaan. yang penulis kumpulkan dari berbagai referensi yang ada dan penulis padukan dengan wahyu juga perkataan cendekiawan muslim juga pengamatan terhadap kultur di organisasi dan masyarakat. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Suatu rekonstruksi kesadaran baru tentang bisnis. Bisnis baik sebagai aktivitas yang dilakukan oleh individual, organisasi atau perusahaan, bukan semata-mata bersifat duniawi semata. Akan tetapi sebagai aktivitas yang bersifat material sekaligus immaterial. Suatu bisnis bernilai, apabila memenuhi kebutuhan material dan spiritual secara seimbang, tidak mengandung kebatilan, kerusakan dan kezaliman. Akan tetapi mengandung nilai kesatuan, keseimbangan, kehendak bebas, pertanggung-jawaban, kebenaran, kebajikan dan kejujuran. Sehingga dengan ketiga prinsip landasan praktek etika bisnis diatas, dapat dijadikan tolok ukur apakah suatu bisnis termasuk ke dalam wilayah yang bertentangan dengan etika bisnis atau tidak, karena sangat erat kaitannya dengan kredibilitas, citra di dalam bisnis, seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah dalam berbisnis sangat memperhatikan kredibilitasnya, hal ini dibuktikan dengan beliau sangat memperhatikan profesionalisme dan kejujuran dalam menjalankan sebuah bisnis yang beretika. Untuk itu sangat diperlukan manajemen utang piutang yang sesuai dengan syariat Islam
Keywords: Kredibilitas, Citra bisnis, Etika bisnis