STRATEGI PENINGKATAN MUTU PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM SWASTA (PTAIS) DI LINGKUNGAN KOPERTAIS WILAYAH X JAWA TENGAH (Dalam Perspektif Stakeholders)

Rahman El Junusi*  -  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Penyelenggaraan PTAIS di Kopertasis X Jawa tengah terdapat 36 PTAIS yang telah melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar, ada 11 PTAIS yang telah mengantongi Akreditasi. Dari sebelas PTAI dapat akreditasi A hanya satu yaitu FT. Unissula. 11 prodi mendapat akreditasi B dan 3 prodi mendapat akreditasi C. Sedangkan yang lain belum mengurus akreditasi Dari data tersebut dapat dilihat fenomena bahwa beberapa PTAIS tidak mempunyai ijin penyelenggaraan pendidikan dan akreditasi. Dari potret tersebut dapat dipahami bahwa kualitas PTAIS masih minim. Oleh karena itu dalam rangka meningkatkan mutu PTAIS diperlukan rumusan strategi peningkatan kinerja PTAIS untuk mencapai visi dan misi PTAI melalui meningkatkan kualitas pendidik dan tenaga. Oleh karena itu peneliti menawarkan konsep balanced scorecad yang bersifat teknis, taktis dan operasional dengan mengimplementasikan prinsisp-prinsip good governance sebagai bahan kebijakan strategi pengembangan PTAIS di masa yang akan datang.

Peneliti mengembangkan model  balanced scorcard  dari Kaplan (1996) yang didasarkan pada perspektif pemangku kepentingan (stakeholders), Adapun tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui implementasi  balanced scorecard pada PTAIS, (2) untuk strategi peningkatan mutu PTAIS berdasarkan pendekatan balanced scorecard kurang baik, hal ini disebabkan bebrapa keterbatasan antara lain : Mahasiswa Baru Sebagian besar PTAIS mengalami penurunan. Jumlah lulusan yang dapat bekerja, Jumlah Kerjasama dengan lembaga lain, Jumlah Penelitian dan publikasi Dosen.

Keywords : Balanced Scorecard; PTAIS; good governance; stakeholders.

Open Access Copyright (c) 2017 At-Taqaddum : Jurnal Peningkatan Mutu Keilmuan dan Kependidikan Islam

 

This journal has been indexed by:

 
  
Attaqaddum
Published by Lembaga Penjaminan Mutu
Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang
Jl. Walisongo No.3-5 Semarang 50185, Indonesia
Phone: +62 857-1999-1679
Website: https://lpm.walisongo.ac.id/
Email: attaqaddum@walisongo.ac.id 
 
ISSN: 1979-4703 (p)
ISSN: 2527-9726 (e)
DOI : 10.21580/at

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Lisensi Creative Commons

View My Stats

 
apps