ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PENYELESAIAN SKRIPSI MAHASISWA JURUSAN BIMBINGAN DAN PENYULUHAN ISLAM FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN WALISONGO SEMARANG

Authors

  • Anila Umriana UIN Walisongo Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21580/at.v11i2.4566

Keywords:

Faktor penghambat, skripsi, BPI

Abstract

Problem tentang penyelesaian studi selalu menarik untuk diteliti. Salah satunya yang berkaitan dengan hambatan dalam penyelesaian skripsi. Faktanya, persentase mahasiswa jurusan BPI yang mampu menyelesaikan skripsi tepat pada waktunya jauh lebih kecil daripada jumlah mahasiswa yang mengalami keterlambatan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisis faktor-faktor yang menjadi penghambat penyelesaian skripsi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif desktiptif. Sumber data primer yaitu mahasiswa jurusan BPI yang waktu tempuh skripsinya lebih dari satu tahun. Sumber data sekundernya adalah dosen pembimbing, dan dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada sepuluh faktor yang menghambat penyelesaian skripsi mahasiswa jurusan BPI FDK UIN Walisongo Semarang. Dari sepuluh faktor tersebut peneliti mengelompokkan menjadi dua bagian, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berupa; kesehatan, hambatan psikologis, kemampuan akademik, dan pendekatan (sikap dan kebiasaan belajar). Sedangkan faktor eksternal berupa; keluarga, lingkungan/teman, sistem admninstrasi skripsi, proses pembimbingan dosen, referensi, dan aktifitas lain

Downloads

Download data is not yet available.

References

Catrunada, Linda, Perbedaan Kecenderungan Prokrastinasi Tugas Skripsi Berdasarkan Tipe Kepribadian Introvert dan Ekstrovert. Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma. 2007.

Crow, D. Leatar & Crow, Alice, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Nur Cahya, 1989

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2006

Djaali, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2011

Gates, Arthur J. et. al., Educational Psychology, New York: The MacMillan Company, 1954

Gredler, Margareth E. Bell, Learning and Instruction; Theory into Practice, New York: Macmillan Publishing Company, 1986

Greenberg, Jerald, Managing Behaviors in Organizations, New York: Prentice Hall, 1996

Hamid, Farid dan A. Rachman. Buku Paduan Skripsi . dalam https://id.wikipedia. Org /wiki /Skripsi. Diakses pada 28 Februari 2016

Harlen, Wyne, Teaching and Learning Primary Science, London: Row Publisher, 1985

Hartanto, Susanti, dan Maryana, Analisis Faktor Pendukung dan PenghambatPenyelesaian Tuas Akhir Skripasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan AkuntansiFE UNY Angkatan 2011. Dalam Jurnal PELITA Vol. XI No. 2 Agustus 2016

Ibrahim, dkk, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Press, 2012

Julita dkk. Faktor Penghambat dalam penyelesaian Skripsi Mahasiswa Jurusan Kesejahteraan Keluarga. Padang: Universitas negeri Padang, 2015.

Kingsley, Howard, The Nature and Condition of Learning, New Jersey: Prentice Hall Ings Engliwood Clift, 1957

Kusnendar, Febriyanto, Suwachid, dan Danar Susilo Wijayanto. 2012. Analisis Penghambat Penyelesaian Studi Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Pendidikan Teknik dan Kejuruan Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Makmun, Abin Syamsudin, Psikologi Kependidikan, Perangkat Pengajaran Modul. Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2001.

Mappiare, Andi, Psikologi Orang Dewasa, Surabaya: Usaha Nasional, 1983

Narbuko, Cholid dan Abu Ahmadi, Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara, 2005

Pai, Anant, How to Develop Self-Confidence. Singapore: S.S Mubarak and Brother, 1996

Purwanto, Ngalim, Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007

Putri dan Savira, Pengalaman Menyelesaikan Skripsi: Studi Fenomenologis pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya, dalam Jurnal Character. Volume 02 Nomor 02 Tahun 2013

Ratnawati, Ike, Pendapat Mahasiswa Jurusan Seni dan Desain tentang Profil Dosen Pembimbing Skripsi yang dapat Membantu Penyelesaian Skripsinya. Malang: Universitas negeri Malang. 2007.

Rismen, Sefna, Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Penyelesaian Skripsi di Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumbar, dalam Jurnal LEMMA, Vol. 1 No, 2. Mei 2015.

Shaleh, Abdul Rahman. Psikologi: Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam, Jakarta: Kencana, 2008.

Siswanto, Ibnu dan Yoga Guntur Sampurno, Faktor-faktor Penghambat Penyelesaian Tugas Akhir Skripsi Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2007.

Suryabrata, Sumadi, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press, 2004

Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2010

Winkel, Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi, 2005

Wirartha, Pedoman penulisan usulan penelitian, skripsi, dan tesis, Yogyakarta: Andi Offset, 2006.

Wittaker, James O., Introduction to Psychology, Tokyo, Toppan Company, 1970

Wiyatmo ,Yusman, Mundilarto, Suharyanto, dan Eko Widodo, Efektivitas Bimbingan Tugas Akhir Skripsi (Tas) Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY, dalam Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 15 Mei 2010

Wulan, Dyah Ayu Nur dan Sri Muliati Abdullah. Prokrastinasi Akademik dalam Penyelesaian Skripsi. Dalam Jurnal Sosio-Humanira. Vol 5. No. 1 Mei 2014. Hlm 55-74

Downloads

Published

2019-11-30

Issue

Section

Articles