FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI

Authors

  • Ahmad Aunur Rohman UIN Walisongo Semarang, Indonesia
  • Sayyidatul Karimah Universitas Pekalongan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21580/at.v10i1.2651

Keywords:

faktor, pengaruh, motivasi belajar

Abstract

Abstract

This study have the aim to determine what factors are influencing the low motivation of students in class XI. The study on grade XI students of SMA al-Fusha Pekalongan. Data collection using questionnaires. Interviews with 10% of all grade XI students to support the questionnaire data obtained. The results obtained are the factors that affect the low motivation of student learning such as place of learning, physical function, intelligence, facilities and infrastructure, time, study habit, teacher, parents, emotional and health, and friend factor.

==================================================

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor apa saja-kah yang memepengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa kelas XI. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas XI SMA al-Fusha Pekalongan. Pengumpulan data menggunakan angket. Wawancara dilakukan dengan 10% dari keseluruhan siswa kelas XI untuk mendukung data angket yang telah diperoleh. Diperoleh hasil yaitu faktor yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa diantaranya tempat belajar, fungsi fisik, kecerdasan, sarana dan prasarana, waktu, kebiasaan belajar, guru, orang tua, emosional dan kesehatan, serta faktor teman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cope, N. 2002. “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar” dalam Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol 12 No 2.

Dalyono. 1997. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Jogjakarta : Ar-Ruz Media.

Nana, S.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : ROSDA, 2011

Purwanto, Ngalim. psikologi pendidikan, Bandung : ROSDA, 1992

Rohmah, Noer, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta : Teras, 2012

Saroni, M. 2006. Belajar dan pembelajarn. Yogyakarta: Teras

Slameto. 2010. Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Cipta Karya.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2006.

Uno, Hamzah B. Belajar dengan pendekatan PAIKEM, Jakarta : Bumi Aksara, 2011

Downloads

Published

2018-07-31

Issue

Section

Articles