ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PENYELESAIAN SKRIPSI MAHASISWA JURUSAN BIMBINGAN DAN PENYULUHAN ISLAM FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN WALISONGO SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.21580/at.v11i2.4566Keywords:
Faktor penghambat, skripsi, BPIAbstract
Problem tentang penyelesaian studi selalu menarik untuk diteliti. Salah satunya yang berkaitan dengan hambatan dalam penyelesaian skripsi. Faktanya, persentase mahasiswa jurusan BPI yang mampu menyelesaikan skripsi tepat pada waktunya jauh lebih kecil daripada jumlah mahasiswa yang mengalami keterlambatan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisis faktor-faktor yang menjadi penghambat penyelesaian skripsi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif desktiptif. Sumber data primer yaitu mahasiswa jurusan BPI yang waktu tempuh skripsinya lebih dari satu tahun. Sumber data sekundernya adalah dosen pembimbing, dan dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada sepuluh faktor yang menghambat penyelesaian skripsi mahasiswa jurusan BPI FDK UIN Walisongo Semarang. Dari sepuluh faktor tersebut peneliti mengelompokkan menjadi dua bagian, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berupa; kesehatan, hambatan psikologis, kemampuan akademik, dan pendekatan (sikap dan kebiasaan belajar). Sedangkan faktor eksternal berupa; keluarga, lingkungan/teman, sistem admninstrasi skripsi, proses pembimbingan dosen, referensi, dan aktifitas lainDownloads
References
Catrunada, Linda, Perbedaan Kecenderungan Prokrastinasi Tugas Skripsi Berdasarkan Tipe Kepribadian Introvert dan Ekstrovert. Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma. 2007.
Crow, D. Leatar & Crow, Alice, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Nur Cahya, 1989
Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2006
Djaali, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2011
Gates, Arthur J. et. al., Educational Psychology, New York: The MacMillan Company, 1954
Gredler, Margareth E. Bell, Learning and Instruction; Theory into Practice, New York: Macmillan Publishing Company, 1986
Greenberg, Jerald, Managing Behaviors in Organizations, New York: Prentice Hall, 1996
Hamid, Farid dan A. Rachman. Buku Paduan Skripsi . dalam https://id.wikipedia. Org /wiki /Skripsi. Diakses pada 28 Februari 2016
Harlen, Wyne, Teaching and Learning Primary Science, London: Row Publisher, 1985
Hartanto, Susanti, dan Maryana, Analisis Faktor Pendukung dan PenghambatPenyelesaian Tuas Akhir Skripasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan AkuntansiFE UNY Angkatan 2011. Dalam Jurnal PELITA Vol. XI No. 2 Agustus 2016
Ibrahim, dkk, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Press, 2012
Julita dkk. Faktor Penghambat dalam penyelesaian Skripsi Mahasiswa Jurusan Kesejahteraan Keluarga. Padang: Universitas negeri Padang, 2015.
Kingsley, Howard, The Nature and Condition of Learning, New Jersey: Prentice Hall Ings Engliwood Clift, 1957
Kusnendar, Febriyanto, Suwachid, dan Danar Susilo Wijayanto. 2012. Analisis Penghambat Penyelesaian Studi Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Pendidikan Teknik dan Kejuruan Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Makmun, Abin Syamsudin, Psikologi Kependidikan, Perangkat Pengajaran Modul. Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2001.
Mappiare, Andi, Psikologi Orang Dewasa, Surabaya: Usaha Nasional, 1983
Narbuko, Cholid dan Abu Ahmadi, Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara, 2005
Pai, Anant, How to Develop Self-Confidence. Singapore: S.S Mubarak and Brother, 1996
Purwanto, Ngalim, Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007
Putri dan Savira, Pengalaman Menyelesaikan Skripsi: Studi Fenomenologis pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya, dalam Jurnal Character. Volume 02 Nomor 02 Tahun 2013
Ratnawati, Ike, Pendapat Mahasiswa Jurusan Seni dan Desain tentang Profil Dosen Pembimbing Skripsi yang dapat Membantu Penyelesaian Skripsinya. Malang: Universitas negeri Malang. 2007.
Rismen, Sefna, Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Penyelesaian Skripsi di Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumbar, dalam Jurnal LEMMA, Vol. 1 No, 2. Mei 2015.
Shaleh, Abdul Rahman. Psikologi: Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam, Jakarta: Kencana, 2008.
Siswanto, Ibnu dan Yoga Guntur Sampurno, Faktor-faktor Penghambat Penyelesaian Tugas Akhir Skripsi Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2007.
Suryabrata, Sumadi, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press, 2004
Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2010
Winkel, Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi, 2005
Wirartha, Pedoman penulisan usulan penelitian, skripsi, dan tesis, Yogyakarta: Andi Offset, 2006.
Wittaker, James O., Introduction to Psychology, Tokyo, Toppan Company, 1970
Wiyatmo ,Yusman, Mundilarto, Suharyanto, dan Eko Widodo, Efektivitas Bimbingan Tugas Akhir Skripsi (Tas) Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY, dalam Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 15 Mei 2010
Wulan, Dyah Ayu Nur dan Sri Muliati Abdullah. Prokrastinasi Akademik dalam Penyelesaian Skripsi. Dalam Jurnal Sosio-Humanira. Vol 5. No. 1 Mei 2014. Hlm 55-74
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Therefore, the author must submit a statement of the Copyright Transfer Agreement.*)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In line with the license, authors and third parties (readers, researchers, and others) are allowed to share and adapt the material. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.
________
*) Authors whose articles are accepted for publication will receive confirmation via email and send a Copyright Transfer Agreement.