ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PENYELESAIAN SKRIPSI MAHASISWA JURUSAN BIMBINGAN DAN PENYULUHAN ISLAM FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN WALISONGO SEMARANG

Anila Umriana*  -  UIN Walisongo Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author
Problem tentang penyelesaian studi selalu menarik untuk diteliti. Salah satunya yang berkaitan dengan hambatan dalam penyelesaian skripsi. Faktanya, persentase mahasiswa jurusan BPI yang mampu menyelesaikan skripsi tepat pada waktunya jauh lebih kecil daripada jumlah mahasiswa yang mengalami keterlambatan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisis faktor-faktor yang menjadi penghambat penyelesaian skripsi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif desktiptif. Sumber data primer yaitu mahasiswa jurusan BPI yang waktu tempuh skripsinya lebih dari satu tahun. Sumber data sekundernya adalah dosen pembimbing, dan dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada sepuluh faktor yang menghambat penyelesaian skripsi mahasiswa jurusan BPI FDK UIN Walisongo Semarang. Dari sepuluh faktor tersebut peneliti mengelompokkan menjadi dua bagian, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berupa; kesehatan, hambatan psikologis, kemampuan akademik, dan pendekatan (sikap dan kebiasaan belajar). Sedangkan faktor eksternal berupa; keluarga, lingkungan/teman, sistem admninstrasi skripsi, proses pembimbingan dosen, referensi, dan aktifitas lain

Keywords: Faktor penghambat; skripsi; BPI

  1. Catrunada, Linda, Perbedaan Kecenderungan Prokrastinasi Tugas Skripsi Berdasarkan Tipe Kepribadian Introvert dan Ekstrovert. Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma. 2007.
  2. Crow, D. Leatar & Crow, Alice, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Nur Cahya, 1989
  3. Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2006
  4. Djaali, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2011
  5. Gates, Arthur J. et. al., Educational Psychology, New York: The MacMillan Company, 1954
  6. Gredler, Margareth E. Bell, Learning and Instruction; Theory into Practice, New York: Macmillan Publishing Company, 1986
  7. Greenberg, Jerald, Managing Behaviors in Organizations, New York: Prentice Hall, 1996
  8. Hamid, Farid dan A. Rachman. Buku Paduan Skripsi . dalam https://id.wikipedia. Org /wiki /Skripsi. Diakses pada 28 Februari 2016
  9. Harlen, Wyne, Teaching and Learning Primary Science, London: Row Publisher, 1985
  10. Hartanto, Susanti, dan Maryana, Analisis Faktor Pendukung dan PenghambatPenyelesaian Tuas Akhir Skripasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan AkuntansiFE UNY Angkatan 2011. Dalam Jurnal PELITA Vol. XI No. 2 Agustus 2016
  11. Ibrahim, dkk, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Press, 2012
  12. Julita dkk. Faktor Penghambat dalam penyelesaian Skripsi Mahasiswa Jurusan Kesejahteraan Keluarga. Padang: Universitas negeri Padang, 2015.
  13. Kingsley, Howard, The Nature and Condition of Learning, New Jersey: Prentice Hall Ings Engliwood Clift, 1957
  14. Kusnendar, Febriyanto, Suwachid, dan Danar Susilo Wijayanto. 2012. Analisis Penghambat Penyelesaian Studi Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Pendidikan Teknik dan Kejuruan Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.
  15. Makmun, Abin Syamsudin, Psikologi Kependidikan, Perangkat Pengajaran Modul. Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2001.
  16. Mappiare, Andi, Psikologi Orang Dewasa, Surabaya: Usaha Nasional, 1983
  17. Narbuko, Cholid dan Abu Ahmadi, Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara, 2005
  18. Pai, Anant, How to Develop Self-Confidence. Singapore: S.S Mubarak and Brother, 1996
  19. Purwanto, Ngalim, Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007
  20. Putri dan Savira, Pengalaman Menyelesaikan Skripsi: Studi Fenomenologis pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya, dalam Jurnal Character. Volume 02 Nomor 02 Tahun 2013
  21. Ratnawati, Ike, Pendapat Mahasiswa Jurusan Seni dan Desain tentang Profil Dosen Pembimbing Skripsi yang dapat Membantu Penyelesaian Skripsinya. Malang: Universitas negeri Malang. 2007.
  22. Rismen, Sefna, Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Penyelesaian Skripsi di Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumbar, dalam Jurnal LEMMA, Vol. 1 No, 2. Mei 2015.
  23. Shaleh, Abdul Rahman. Psikologi: Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam, Jakarta: Kencana, 2008.
  24. Siswanto, Ibnu dan Yoga Guntur Sampurno, Faktor-faktor Penghambat Penyelesaian Tugas Akhir Skripsi Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
  25. Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010
  26. Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2007.
  27. Suryabrata, Sumadi, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press, 2004
  28. Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2010
  29. Winkel, Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi, 2005
  30. Wirartha, Pedoman penulisan usulan penelitian, skripsi, dan tesis, Yogyakarta: Andi Offset, 2006.
  31. Wittaker, James O., Introduction to Psychology, Tokyo, Toppan Company, 1970
  32. Wiyatmo ,Yusman, Mundilarto, Suharyanto, dan Eko Widodo, Efektivitas Bimbingan Tugas Akhir Skripsi (Tas) Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY, dalam Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 15 Mei 2010
  33. Wulan, Dyah Ayu Nur dan Sri Muliati Abdullah. Prokrastinasi Akademik dalam Penyelesaian Skripsi. Dalam Jurnal Sosio-Humanira. Vol 5. No. 1 Mei 2014. Hlm 55-74

Open Access Copyright (c) 2019 At-Taqaddum
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
At-Taqaddum
Published by Lembaga Penjaminan Mutu
Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang
Jl. Walisongo No.3-5 Semarang 50185, Indonesia
Phone: +62 857-1999-1679
Website: https://lpm.walisongo.ac.id/
Email: attaqaddum@walisongo.ac.id 
 
 
apps