STUDI AGAMA & ETIKA ISLAM DAN KEBERAGAMAAN MAHASISWA "Z" GENERATION: Kajian di Lingkungan Kampus ITB Bandung

Yedi Purwanto*  -  ITB, Bandung, Indonesia
Shohib Khoiri  -  ITB, Bandung, Indonesia

(*) Corresponding Author

Time is going on so fast, demanding man to have the quality and the courage to compete. Competition was sometimes make people forget the norm. To solve this problem it is required religion as a way of life. The method used herein are reviewing the literature and system of Islamic religious education activities in Bandung Institute of Technology (ITB). The findings of this study stated that the First, religious education in public universities is needed to foster the spirituality of younger generation. Second, "Z" generation is the object of da'wah who are very close to IT (information technology), so there must be a specific design of da’wa which is meetiing their need. Third, the role of Salman mosque is very central in implementing any Islamic da'wa to the students of ITB.

***

Perkembangan zaman yang serba cepat, menuntut manusia untuk mempunyai kualitas dan berani bersaing. Persaingan itu kadang membuat manusia lupa akan norma. Untuk mengatasi persoalan tersebut maka diperlukanlah agama sebagai way of life. Metode yang digunakan tulisan ini adalah mengkaji literatur dan sistem kegiatan pendidikan agama Islam di lingkungan Institut Teknologi Bandung. Temuan penelitian ini menyatakan bahwa Pertama, pendidikan agama di per­guruan tinggi umum sangat diperlukan guna memupuk spiritualitas generasi muda. Kedua, generasi “Z” merupakan objek dakwah yang sangat lekat dengan IT, dan oleh karena itu model dakwah yang memiliki kedekatan dengan IT me­rupakan sebuah keniscayaan. Ketiga, Peran masjid Salman sangat sentral dalam mengejawantahkan berbagai dakwah islam kepada mahasiswa ITB. 

Keywords : Islamic education; Salman Mosque; ITB; Bandung; “Z” generation

  1. Buku Data Pra Nikah Salman ITB 2015.
  2. Fadhilatussaniah, Siti, “Metode Penyiaran Islam Yayasan Salman ITB dalam Menyajikan Informasi melalui Website: Studi Deskriptif tentang Website www.salmanitb.com” Tesis Diploma, Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2011.
  3. Farida, Anik “Islamisasi Sains dan Saintifikasi Islam: Model Manajemen Pemberdayaan di Masjid Salman ITB Bandung,” Harmoni: Jurnal Multi¬kultural dan Multireligius, Vol. 13, No. 1, 2014.
  4. Fathurrazi, Asep, Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Islam, Tulungagung: Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Tulungagung, 2016.
  5. Furqan, Pedagogi Spiritual, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, 2016.
  6. http://kbbi.web.id/nikah. Diakses tanggal 02 Novenber 2016. Pukul 20: 55.
  7. https://id.wikipedia.org/wiki/Pubertas, diakses 02 November 2016. Pukul 21:07.
  8. http://dosenit.com/kuliah-it/teknologi-informasi/dampak-positif-dan-negatif-penggunaan-teknologi-informasi-dan-komunikasi. diakses 02 November 2016. pukul: 21.11.
  9. Masruri, Hadi dan Imron Rossidy, “Filsafat Sains dalam al-Qur'an: Melacak Kerangka Dasar Integrasi Ilmu dan Agama” dalam El-Qudwah Vol. 4, 2007
  10. Mas’ud, Abdurrahman, Islamic Education, Democracy and Civil Society. Univetsitas Islam Negeri Walisongo Semarang, 2016.
  11. Mukarromah, Khomsiatul, “Membangun Insan Kamil dari Perspektif Media: Media Literasi sebagai Kontrol sosial,” Dirosat: Journal of Islamic Studies Vol. 1, No. 2, 2016.
  12. Noor Azizah, Aulia Hening, Uswatun Hasanah, “Pengaruh Perkembangan IT Terhadap Intensitas Ibadah Mahasiswa S1 STEI ITB”, Laporan Penelitian, Bandung: ITB, 2016.
  13. Nurdin, Indra Fajar, Perbandingan Konsep Adab Menurut Ibn Hajar al-’Asqalany dengan Konsep Pendidikan Karakter di Indonesia, Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015.
  14. Nurudin, Perbandingan Pengelolaan Pendidikan Agama pada Sekolah di Indonesia dan Sekolah Republik Indonesia Tokyo. Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Agama dan Keagamaan, Kementerian Agama Republik Indonesia, 2015.
  15. Raharjo, Dawam, Insan Kamil: Konsepsi Manusia Menurut Islam, Jakarta: Pus¬taka Grafiti Pers, 1987.
  16. Rubiyanti, Yanti, “Perilaku Generasi Z dengan Karakteristiknya serta Pengaruh¬nya terhadap Cara Belajar dari Sisi Psikologi dan Pendidikan”, Simposium Nasional Pendidikan Tinggi, ITB, Bandung, Senin, 24 Oktober 2016, dalam laman http://event.elearning.itb.ac.id/assets/ download/ materi5.pdf
  17. Student Outcome Mata Kuliah Umum, Institut Teknologi Bandung, 2016.
  18. Surahman, Adang, “Pengalaman sebagai Dosen ITB Menghadapi Mahasiswa Generasi Z“, Simposium Nasional Pendidikan Tinggi, ITB, Bandung, Senin, 24 Oktober 2016, tersedia dalam laman http://event.elearning.itb.ac.id/ assets/download/materi2.pdf
  19. Suryadi, Rudi Ahmad, Visi dan Paradigma Pendidikan Agama Islam (PAI): Kualitas, Integratif, dan Kompetitif, Cianjur: STIS Nahdhatul ‘Ulama Cianjur, 2016.
  20. al-Syahrani, Fahd bin Mathar, Pendidikan Islam dalam Menghadapi Tantangan Global, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, 2016.
  21. Tafsir, Ahmad, Fisafat Pendidikan Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
  22. Wibawanto, Hari, “Generasi Z dan Pembelajaran di Pendidikan Tinggi,” Simposium Nasional Pendidikan Tinggi, ITB, Bandung, Senin, 24 Oktober 2016, tersedia dalam laman http://event. elearning.itb.ac.id/assets/ download/materi3.pdf
  23. Yoga S, Salam, “Dakwah di Internet: Konsep Ideal, Kondisi Objektif, dan Prospeknya,” Jurnal Al-Bayan Vol. 21, No. 31, 2015

Open Access Copyright (c) 2016 Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan
ISSN 0852-7172 (p) 2461-064X (e)

Publisher:
Institute for Research and Community Services (LP2M)
Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Rectorate Building, 3rd Floor
Jl. Prof. Hamka - Kampus 3, Tambakaji Ngaliyan 50185, Semarang, Central Java, Indonesia
Email: walisongo@walisongo.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

View My Stats

apps