PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBANTU WOLFRAM MATHEMATICA DAN FLIPBOOK MAKER DENGAN MODEL TIME GAME TOURNAMENT PADA MATERI TURUNAN KELAS XI SMA

Ali Shodiqin Fiqi Annisa Indrawati Sutrisno*  -  Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul pembelajaran berbantu Wolfram Mathematica dan Flipbook Maker dengan model Time Game Tournament yang teruji kevalidan dan keefektifannya untukmeningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi turunan kelas XI Semester II SMA Negeri 1 Juwana tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pengembangan (research and development), dengan model pengembangan yang dipilih adalah model pengembangan Borg and Gall. Metode pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini adalah : 1) Hasil review dari ahli materi menyatakan modul pembelajaran berada pada kualifikasi sangat layak. 2) Ahli media memberikan tanggapan modul pembelajaran berada pada kualifikasi sangat layak. 3) Hasil tanggapan peserta didik diperoleh persentase tingkat pencapaian berada pada kualifikasi layak. 4) Pengembangan modul pembelajaran ini efektif meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Juwana. Hal ini ditunjukkan melalui uji kesamaan dua rata-rata yaitu uji t satu pihak kanan bahwa hasil belajar peserta didik menggunakan modul pembelajaran berbantu Wolfram Mathematica dan Flipbook Maker dengan model TGT  materi Turunan lebih baik dari pada hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan modul pembelajaran berbantu Wolfram Mathematica dan Flipbook Maker dengan pembelajaran konvensional. 

Keywords: Modul Pembelajaran, Wolfram Mathematica, Flipbook Maker, Time Game Tournament

  1. Ismail, Abid Khoirul dan dkk. 2013. Unnes Journal of Mathematics Education ISSN NO 2252-6927 (Efektivitas Model Pembelajaran Teams Group Tournament (TGT) dengan Menggunakan Media “3 IN 1” dalam PembelajaranMatematika)http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/ download/3335/3076(Online). Semarang: Universitas Negeri Semarang. Diakses pada tanggal 10 November 2014.
  2. Kosasih, Sali dan dkk. 2013 Prosding Seminar Kontribusi Fisika 2013 ISBN: 978-602-19655-5-9 http://portal.fi.itb.ac.id/skf201/files/ProsidingSKF013(Online). Bandung: Program Studi Magister Pengajaran Fisika FPMIPA ITB. Diakses pada tanggal 10 November 2014.
  3. Nisa, Khoirun. 2014. Pengembangan Modul Berbasis Flipbook Maker Berbantuan Camtasia Materi Pokok Bilangan Pecahan Kelas VII. Semarang: Universitas PGRI Semarang. (Skripsi Tidak Dipublikasikan).
  4. Santoso, Budi dan dkk. 2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika ISSN: 2339-1685 Vol 2, No.1, Hal 88-98 (Eksperimentasi Model Pembelajaran TGT dan Jigsaw dengan Pendekatan Matematika Realistik Ditinjau dari Kecemasan Menghadapi Tes Siswa Kelas VII SMP Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013)http://jurnal.fkip.uns.ac.id/ index.php /s2math/ article/viewFile/4598/3168(Online). Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta. Diakses pada tanggal 10 November 2014.
  5. Slavin, Robert. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
  6. Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
  7. Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Open Access Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps