PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBANTU WOLFRAM MATHEMATICA DAN FLIPBOOK MAKER DENGAN MODEL TIME GAME TOURNAMENT PADA MATERI TURUNAN KELAS XI SMA
Main Article Content
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul pembelajaran berbantu Wolfram Mathematica dan Flipbook Maker dengan model Time Game Tournament yang teruji kevalidan dan keefektifannya untukmeningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi turunan kelas XI Semester II SMA Negeri 1 Juwana tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pengembangan (research and development), dengan model pengembangan yang dipilih adalah model pengembangan Borg and Gall. Metode pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini adalah : 1) Hasil review dari ahli materi menyatakan modul pembelajaran berada pada kualifikasi sangat layak. 2) Ahli media memberikan tanggapan modul pembelajaran berada pada kualifikasi sangat layak. 3) Hasil tanggapan peserta didik diperoleh persentase tingkat pencapaian berada pada kualifikasi layak. 4) Pengembangan modul pembelajaran ini efektif meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Juwana. Hal ini ditunjukkan melalui uji kesamaan dua rata-rata yaitu uji t satu pihak kanan bahwa hasil belajar peserta didik menggunakan modul pembelajaran berbantu Wolfram Mathematica dan Flipbook Maker dengan model TGT materi Turunan lebih baik dari pada hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan modul pembelajaran berbantu Wolfram Mathematica dan Flipbook Maker dengan pembelajaran konvensional.
Downloads
Article Details
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PHENOMENON.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Ismail, Abid Khoirul dan dkk. 2013. Unnes Journal of Mathematics Education ISSN NO 2252-6927 (Efektivitas Model Pembelajaran Teams Group Tournament (TGT) dengan Menggunakan Media “3 IN 1” dalam PembelajaranMatematika)http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/ download/3335/3076(Online). Semarang: Universitas Negeri Semarang. Diakses pada tanggal 10 November 2014.
Kosasih, Sali dan dkk. 2013 Prosding Seminar Kontribusi Fisika 2013 ISBN: 978-602-19655-5-9 http://portal.fi.itb.ac.id/skf201/files/ProsidingSKF013(Online). Bandung: Program Studi Magister Pengajaran Fisika FPMIPA ITB. Diakses pada tanggal 10 November 2014.
Nisa, Khoirun. 2014. Pengembangan Modul Berbasis Flipbook Maker Berbantuan Camtasia Materi Pokok Bilangan Pecahan Kelas VII. Semarang: Universitas PGRI Semarang. (Skripsi Tidak Dipublikasikan).
Santoso, Budi dan dkk. 2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika ISSN: 2339-1685 Vol 2, No.1, Hal 88-98 (Eksperimentasi Model Pembelajaran TGT dan Jigsaw dengan Pendekatan Matematika Realistik Ditinjau dari Kecemasan Menghadapi Tes Siswa Kelas VII SMP Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013)http://jurnal.fkip.uns.ac.id/ index.php /s2math/ article/viewFile/4598/3168(Online). Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta. Diakses pada tanggal 10 November 2014.
Slavin, Robert. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.