PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KAWASAN WISATA GOA KREO PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SMA NEGERI 16 SEMARANG
Main Article Content
Abstract
Upaya pengembangan modul biologi berbasis kearifan lokal masih belum banyak digunakan dalam pembelajaran di sekolah. Salah satu sekolah yang belum menggunakan modul mata pelajaran biologi yang berbasis kearifan lokal ialah SMA Negeri 16 Semarang. SMA Negeri 16 Semarang pada tahun 2016 telah memperoleh penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata, yaitu sekolah yang mampu menerapkan kepedulian terhadap lingkungan yang ada di sekitarnya. Oleh karenanya sebagai sekolah berwawasan kepedulian terhadap lingkungan diperlukan adanya modul pembelajaran biologi berbasis kearifan lokal sekitar untuk dapat diterapkan dalam lingkungan sekolah. Salah satu upaya mewujudkan hal tersebut, maka diperlukan pengembangan modul ekosistem berbasis kearifan lokal di Kawasan Wisata Goa Kreo. Dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sumber belajar peserta didik, mampu memberikan nilai-nilai kearifan lokal kepada peserta didik, serta sebagai upaya menjaga kelestarian tradisi alam sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul materi ekosistem yang telah dikembangkan. Penelitian ini dilakukan dengan metode Research and Development, mengacu pada model 4D (define, design, develop, dan dessiminate) Thiagarajan. Hasil pengembangan sangat layak digunakan delam pembelajaran, hal tersebut berdasarkan pada penilaian kualitas modul oleh ahli materi dengan presentase sebesar 84,54 persen, ahli modul dengan presentase sebesar 93.34 persen, guru mata pelajaran biologi dengan presentase sebesar 90,23 persen, dan menurut tanggapan peserta didik dengan presentase sebesar 97,2 persen. Berdasarkan penilaian tersebut maka modul yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan.
Downloads
Article Details
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PHENOMENON.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Alwasilah, Suryadi dan karyono. 2009. Etnopedagogi ,Landasan Praktek Pendidikan dan Pendidikan Guru. Bandung, Kiblat
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta, Depdiknas
Halim, Abdul. 2014. Pendidikan Berwawasan Lingkungan Berbasis Nilai Kearifan Lokal (Studi Kasus Ritual Among Tani Di Legoksari Tlogomulyo Temanggung). Semarang, LP2M UIN Walisongo Semarang
Koentjaraningrat. 2010. Pengantar Antropologi I. Jakarta :Rineka Cipta
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan ,Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RnD. Bandung, Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan , Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RnD. Bandung , Alfabeta.
Suherman, Yuyus. 2008. Pengembangan Media Pembelajaran Bagi ABK. Diklat Profesi Guru PLB Wilayah X Jawa Barat Bumi Makmur, Bandung.
Taradipa, Reda. Dan Siswandari. 2013. Pengaruh kombinasi Media Pembelajaran terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Teknologi Pembelajaran akuntansi DI FKIP UNS Tahun 2013. Surakarta , UNS.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta, Kencana Prenada Media Group.
Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta, Bumi Aksara
Anonim, KawasanWisata Goa Kreo, http//seputarsemarang.com/ kawasan wisata goa kreo 3221/. Diakses pada tanggal 22 Oktober 2016
Anonim, Tentang Goa Kreo, http//goakreo wadukjatibarang. blogspot.co.id/2016/02/tentang goa kreo.html. Diakses pada tanggal 22 Oktober 2016
Mukminan. 2011. Perspektif Teori dan Implementasi Sekolah Berbasis Keunggulan Lokal Pada Seminar Nasional Dengan Tema ”Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal Sebagai Model Pendidikan Berkarakter di Era Global”. Universitas Samawa Sumbawa Besar ,Pekan Ilmiah Mahasiswa seNTB. http//staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/dr mukminan/basunsaperspektif teori n implmnts pbkl disamawa.pdf. Diakespadatanggal 10 Oktober 2016