PENGEMBANGAN PORTAL “CHANNEL PEMBELAJARAN SAINS” SEBAGAI VIDEO PEMBELAJARAN ONLINE MELALUI MODEL ADDIE (ANALYSIS, DESIGN, DEVELOPMENT,IMPLEMENTATION AND EVALUATION )

Arsini Arsini*  -  Jurusan Fisika FST UIN Walisongo, Indonesia

(*) Corresponding Author

Penelitian ini  bertujuan untuk mengembangkan Portal “ Channel Pembelajaran Sains” sebagai media pembelajaran online berbasis video yang dapat diakses secara global dan untuk meningkatkan ketersediaan sumber belajar online bagi para guru dan peserta didik  berupa Portal” Channel Pembelajaran Sains” yang berisi berbagai video pembelajaran sains.

            Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan ADDIE Model. Melalui siklus ADDIE Model, yaitu : (1)Analysis, (2)Design, (3)Development, (4)Implementation dan (5) Evaluation akan dikembangkan Portal “Channel Pembelajaran Sains”, sebuah Portal yang didesain sebagai media pembelajaran berbasis video yang dapat diakses melalui internet.

            Secara garis besar, penelitian ini terdiri dari sembilan tahap kegiatan. Tahap pertama, analisis materi pembelajaran sains yang sesuai untuk ditampilkan dengan menggunakan media video. Tahap kedua, pengambilan gambar dengan menggunakan Digital Video Shooting. Tahap ketiga, proses editing video menggunakan program aplikasi VideoPad Video Editor . Tahap keempat, mengunggah video ke internet dengan membuat sebuah channel di Portal berbagi video Youtube yang kemudian diberi nama Portal “Channel Pembelajaran Sains”. Tahap kelima, proses validasi media ke berbagai ahli (ahli komunikasi, ahli materi dan ahli media). Tahap keenam, revisi produk berdasarkan masukan para ahli. Tahap ketujuh, uji coba terbatas di sejumlah sekolah untuk memperoleh masukan dari guru dan peserta didik. Tahap kedelapan, revisi berdasarkan masukan dari guru dan peserta didik. Tahap kesembilan, uji coba produk akhir.

Keywords: Portal “Channel Pembelajaran Sains ”, Video Pembelajaran Online

  1. Alomari, Akram (2009). Investigating online learning environments in a web-
  2. based math course inJordan. International Journal of Education and Development using Information and Communication Technology (IJEDICT), 2009, Vol. 5, Issue 3, pp. 19-36
  3. Arani, Askari. (2004). The effect of ICT-based teaching method on medical students' ESP learning [versi elektronik]. Juornal of Medical Education, winter 2004, Vol 4, No.2
  4. Fose Luanne. (2015). Youtube Tips. Diakses dari http://mds.calpoly.edu/mds_videoservices/YouTube_Tips_Tutorial_%28A %29.pdf pada tanggal 1 Februari 2015.
  5. Fullick, Patrick. (2004). Teaching Secondary Science With ICT. New York:McGraw-Hill Education
  6. Juuti, Kalle et al (2009). Adoption of ICT in Science Education: A Case Study of Communication Channels in a teacher ‘s Profesional Development Project Education, 2009-5(2), 103-118.
  7. Mills, C Steven. (2006). Using the Internet for Active Teaching and Learning.Ohio: Pearson Merrill Prentice Hall.
  8. Moemennasab, Marzieh et al. (2002). The Effect of Video-Based Instruction on Student’s Cognitive Learning [versi elektronik]. Juornal of Medical Education spring 2002, Vol 1, No.3
  9. Newby, J Timothy at all. (2006). Educational Technology for Teaching and Learning. Ohio: Pearson Merrill Prentice Hall.
  10. Nikopoulou, Panagiota & Nicopoulou, Christos. (2010). Evaluating the Impact of Video-Based versus Tradisional Lectures on Student Learning [versi elektronik]. Educational Research (ISSN: 2141-5161) Vol. 1(8) pp. 304-311 September 2010.

Open Access Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps