INOVASI INDO-MUDSKIPPER-BOOK BERBASIS UNITY OF SCIENCES SEBAGAI SUMBER BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI
Main Article Content
Abstract
Penelitian pengembangan ini didasarkan pada kebutuhan informasi tentang ikan gelodok bermuatan unity of science. Sumber belajar menjadi sarana alternatif untuk memenuhi kebutuhan informasi ikan gelodok pada perkuliahan zoology vertebrata. Tujuan dari pengembangan penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku ikan gelodok dan menguji kualitas buku yang telah dikembangkan. Metode yang digunakan untuk mengembangkan buku ikan gelodok adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D (Design, Define, Develop, Disseminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan tahun 1974. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi oleh ahli materi, ahli media dan ahli integrasi sebagai validator kelayakan buku. Validasi oleh mahasiswa sebagai respon pengguna. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan skala likert. Hasil menunjukkan bahwa persentase hasil validasi dari ahli materi sebesar 95%, ahli media sebesar 73%, ahli integrasi sebesar 88%. Rata-rata persentase adalah 88% yang tergolong dalam kategori sangat valid. Uji skala kecil dengan 10 mahasiswa mendapatkan persentase sebesar 89% yang menunjukkan sangat valid sehingga dapat dilanjutkan pada uji skala lebih luas. Uji skala lebih luas dengan 68 mahasiswa menunjukkan persentase sebesar 85% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Hal tersebut menunjukkan bahwa buku ikan gelodok layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri.
Downloads
Article Details
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PHENOMENON.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya Offset.
Gordon, M.S., Boetius, I., Evans, D.H., Carthy, R.Mc., and Oglesby, L.C. 1969. Aspects of The Physiology of Terestrial Life in Amphibious Fishes. I. The Mudskipper, Periophthalmus sobrinus. Journal of Experimental Biology. 50 :” 141-149.
Mulyatiningsih, E. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta : Alfabeta.
Muhyar Fanani. 2014. Transformasi Paradigma Dan Implikasinya Pada Desain Kurikulum Sains: Studi atas UIN Syarif Hidayatullah, UIN Sunan Kalijaga, dan UIN Maliki. Semarang : UIN Walisongo
Rosyadi, K. 2009. Pendidikan Profetik. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Rudyatmi Ely, Endah Peniati, Ning Setiati. 2016. Hakekat Biologi Sebagai Ilmu. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Guru dan Tenaga” Kenpendidikan.
Sayer, M.D.J and Davenport, J. 1991. Amphibious Fish: Why Do The Leave Water? Review in fish biology and Fisheries,1”: 159-181.
Sitepu. 2014. Pengembangan Sumber Belajar. Depok : Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Penerbit Alfabeta.
Sudjana dan A. Rifai. 2000. Sumber Belajar dan Alat Pelajaran. Jakarta : Bumi Aksara. 2002. Media Pembelajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Tim penyusun. 2016. Naskah Akademik Pendidikan Biologi UIN Walisongo Semarang.