PENGEMBANGAN PENYUSUNAN INSTRUMEN FOUR-TIER DIAGNOSTIC TEST UNTUK MENGUNGKAP MISKONSEPSI MATERI SISTEM EKSKRESI DI SMA NEGERI 1 MAYONG JEPARA
Main Article Content
Abstract
Downloads
Article Details
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PHENOMENON.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Budiningsih, Munardjito dan Asim. 2013. Pengembangan Instrumen Diagnostik Three-Tier untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Listrik Dinamis Siswa Kelas X SMA. Malang: Jurusan Fisika FMIPA UM.
Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Tes Diagnostik. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Fariyani, Qisthi, dkk. 2015. Pengembangan Four-Tier Diagnostic Test untuk Mengungkap Miskonsepsi Fisika SMA Kelas X. Journal of Innovation Science Education. Vol.4 No.2.Universitas Negeri Semarang.
Fitrianingrum, Aufa Maulida, Sarwi dan Budi Astuti. 2017. Penerapan Instrumen Three-Tier Test untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa SMA pada Materi Keseimbangan Benda Tegar. Jurnal Phenomenon. 7 (2): 88-98.
Nugraeni, D. Jamsuri dan Suwarto. 2013. Penyusunan Tes Diagnostik Materi Listrik Dinamis. Jurnal Pendidikan Fisika. 1(2): 12-15.
Septiana, Dwi. 2014. Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Konsep Archaebacteria dan Eubacteria Menggunakan Two-Tier Multiple Choice.Skripsi. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparno, Paul. 2005. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: Grasindo.
Susanti, Dwi, et al. 2014. Penyusunan Instrumen Tes Diagnostik Miskonsepsi Fisika SMA Kelas XI pada Materi Usaha dan Energi.Jurnal Pendidikan Fisika. Vol.2 No.2 Universitas Sebelas Maret.
Suwarno, Iwan Permana. 2013. Analisis Miskonsepsi Siswa SMA Kelas X Mata Pelajaran Fisika Melalui CRI Termodifikasi.Jurnal Metlit. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta