HUBUNGAN CITRA MEREK MAJALAH GADIS DENGAN LOYALITAS MEMBACA MAJALAH GADIS DI KOTA SEMARANG

Authors

  • Ahmad Khairul Nuzuli Magister Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21580/icj.2017.2.2.2167

Keywords:

Citra Merk, loyalitas Membaca, Majalah Gadis

Abstract

This study examines the Correlation between brand image Gadis Magazine with loyalty of reading Gadis Magazine in Semarang city. Rationale informing the research this is the Expectancy Value Theory States that the person's behavior is afunction of the value the results expected of a deed. The person's behavior will result in something, the higher the expected value, the higher the desire to realize a particular behaviours. Paradigm in this research is positivistic. This research is classified in explanative type of research. The population in this research is 425 students of Senior High School 1 Semarang, in 10th grade dan have known to read Girl Magazines. This research using multistage random sampling technique, taken a sample of 136 students. The results of the calculation of the correlation Statistics Kendall's Tau B between brand image Gadis Magazine with loyalty of reading Gadis Magazine in Semarang city, retrieved the significance of 0.018 or smaller than the critical numbers i.e. 0.05. So that there is a correlation between the two variables in this research by demonstrating significant results. If viewed from the coefficients of Correlation obtained results 1.0. It can be noted that the relationship is very high.

-----------------------------------------------------------------------------------

Penelitian ini meneliti hubungan antara Citra Merek Majalah Gadis dengan loyalitas membaca Majalah Gadis di Kota Semarang. Dasar pemikiran yang melandasi penelitian  ini  adalah  Expectancy  Value  Theory  menyatakan bahwa  perilaku seseorang merupakan fungsi nilai (value) hasil yang diharapkan dari sebuah perbuatan. Perilaku  seseorang  akan menghasilkan sesuatu,  semakin  tinggi  nilai  yang  diharapkan, semakin tinggi pula keinginan untuk mewujudkan perilaku tertentu. Paradigma dalam penelitian ini adalah positivistik. Penelitian ini digolongkan dalam jenis penelitian Eksplanatif. Jumlah Populasi dalam penelitain ini adalah 425 Siswa yang merupakan Siswi SMAN 1 Semarang, kelas 10  yang diketahui membaca  Majalah  Gadis.  Penelitian  ini mengunakan teknik multistage random sampling, diambil sampel 136 siswa. Hasil perhitungan statistik Korelasi Kendall‘s Tau B antara Citra Merek Majalah Gadis dengan loyalitas membaca Majalah Gadis di Kota Semarang, diperoleh signifikansi sebesar 0.018 atau  lebih  kecil  dari  angka  kritis  yaitu  0.05. Sehingga terdapat  korelasi  antara  kedua variabel dalam penelitian ini dengan menunjukkan hasil yang signifikan. Jika dilihat dari Koefisien Korelasi diperoleh hasil 1.0. Maka dapat diketahui bahwa hubungan sangat tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, Buchari. 2005. Manajemen Pemasaran dan Manajemen Pemasaran Jasa; Edisi 2. Bandung: Alfabeta.

Arafah, Willy. 2004. Analisis Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Terhadap Image (Studi pada Rumah Sakit pemerintah “X” di Jakarta Selatan). Metode Riset bisnis dan Manajemen. Volume 4. No.1.April: 55-75.

Derianto, dkk. 2004. Brand Equity Ten Strategi Memimpin Pasar, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Diah, Wardhani. 2008. Media Relations : Sarana Membangun Reputasi Organisasi. Graha Ilmu, yogyakarta : 2008

Danang Sunyoto. 2012. Dasar-dasar manajemen pemasaran. Cetakan Pertama. Yogyakarta : CAPS.

Fandy, Tjiptono. 2011. Pemasaran Jasa, Bayumedia, Malang.

Fandy, Tjiptono. 2004, Strategi Pemasaran, edisi kedua, Andi,. Yogyakarta.

Griffin, Hill. 2002. Customer Loyalty, How to Earn it How to Keep it. Loxington: Books An Imprint of The Free Press.

Hasan, Ali. 2008. Marketing. Yogyakarta : Media Utama.

Hartimbul Ginting, Nembah F. 2011. Manajemen Pemasaran. Bandung: CV. Yrama Widya.

Hermawan Kartajaya. 2003. Marketing In Venus. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Klandermans, Elie. 1997. The Social Psychology of Protest. Cambridge, Massachusetts: Blackwell Publishers.

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1, edisi Ketiga Belas; terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2005. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kriyantono, Rakhmat. 2008. Tenik Praktis Riset Komunikasi.Jakarta : Prenada Media Group.

Littlejohn, Stephen W dan Karen A. Foss. 2009. Teori Komunikasi; Theories of Human Communication; Edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika.

Lind, Douglass A.,Marchal, William G.,Wathen, Samuel A. 2011. Teknik-teknik STATISTIKA dalam BISNIS DAN EKONOMI Menggunakan Kelompok Data Global, Edisi Tiga Belas. Jakarta: Salemba Empat.

Rakhmat, J.2013. Psikologi Komunikasi.Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Rangkuti, Freddy. 2002. Measuring Custome Satisfaction, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Santoso, Singgih. 2014. SPSS 22 from Essential to Expert Skills, Gramedia anggota IKAPI, Jakarta.

Schiffman, Leon, Leslie Lazar Kanuk. 2000. Consumer Behaviour. Seventh Edition. Prentice Hall International, Inc, New Jersey.

Shimp, Terence A. 2003. Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jilid I, Edisi Kelima. Alih Bahasa Revjani Sjahrial & Dyah Anikasari. Jakarta : Erlangga.

Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Suryani, Tatik. 2008. Perilaku Konsumen: Implikasi pada Strategi Pemasaran. Edisi 1. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tybout, A. M. Calkins. 2005. Kellog On Branding. Jakarta: PT. Prenhallindo

Downloads

Published

2017-12-25

Issue

Section

Articles