Pengembangan Bahan Ajar Kimia berbasis Integrasi Islam-Sains materi Minyak Bumi sebagai Implementasi Pendidikan Karakter
DOI:
https://doi.org/10.21580/jec.2019.1.1.3937Keywords:
hidrolisis, model POGIL, multiple level representation, penguasaan konsep, retensiAbstract
Rendahnya hasil belajar peserta didik pada materi hidrolisis khususnya pada level mikroskopik dan proses pembelajaran yang masih menggunakan metode pembelajaran konvensional di MA Uswatun Hasanah, sehingga dilakukan penelitian ini. Model POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) bermuatan Multiple Level Representation diharapkan dapat mengetahui tingkat penguasaan konsep dan retensi peserta didik MA Uswatun Hasanah pada materi hidrolisis. Metode: Penelitian ini menggunakan satu sampel untuk memperoleh data penelitian yaitu kelas XI jurusan IPA. Data penelitian diperoleh dengan metode dokumentasi untuk mendapatkan daftar nama-nama peserta didik kelas XI jurusan IPA MA Uswatun Hasanah dan metode tes untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik yang diperoleh dari nilai pretest, posttest, dan retest. Hasil penelitian : Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran melalui model POGIL bermuatan Multiple Level Representation dapat meningkatkan tingkat penguasaan konsep dan retensi peserta didik kelas XI IPA MA Uswatun Hasanah. Terdapat 30% peserta didik mengalami peningkatan penguasaan konsep kategori tinggi, 40% peserta didik mengalami peningkatan penguasaan konsep kategori sedang, dan 30% mengalami peningkatan penguasaan konsep kategori rendah. Adapun tingkat retensi peserta kelas XI IPA MA Uswatun Hasanah adalah 92,7% yang tergolong tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran dengan menggunakan model POGIL bermuatan Multiple Level Representation dapat meningkatkan tingkat penguasaan konsep dan retensi peserta didik kelas XI IPA MA Uswatun Hasanah.
Downloads
References
Azra. (2002). Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta : Rekonstruksi dan Demokratisasi
Baiquni, A. (1995). Al-Quran, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Yogyakarta : dana Bhakti Wakaf
Chang, R. (2004). Kimia Dasar Konsep-konsep Inti Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Fakhry, J. (2010). Sains dan Teknologi dalam Al-Quran dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Ta’dib, 15(1)
Maksudin. (2013). Pendidikan Karakter Non Dikotomik. FTK UIN Sunan Kalijaga Cetakan ke 1. Yogyakarta
Maulida, R. (2013). Energi dan Perubahannya Pengembangan Modul Pembelajaran Sains Berbasis Integrasi Islam-Sains untuk Peserta Didik Difabel Netra MI/SD Kelas 5 Semester 2 Materi Pokok. Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Nata, A., dkk. (2005). Integrasi Ilmu Agama dan Ilmu Umum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suwahono. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan Kimia. t.t.p: t.p.
Thoyyar. (2012). Model-Model Integrasi Ilmu dan Upaya Membangun Landasan Keilmuan Islam
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.