Penguasaan Konsep dan Retensi melalui Pogil (Process Oriented Guided Inquiry Learning) Bermuatan Multiple Level Representation
DOI:
https://doi.org/10.21580/jec.2019.1.1.3942Keywords:
hidrolisis, model POGIL, multiple level representation, penguasaan konsep, retensiAbstract
Rendahnya hasil belajar peserta didik pada materi hidrolisis khususnya pada level mikroskopik dan proses pembelajaran yang masih menggunakan metode pembelajaran konvesional di MA Uswatun Hasanah. Melalui model POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) bermuatan Multiple Level Representation diharapkan dapat mengetahui tingkat penguasaan konsep dan retensi peserta didik MA Uswatun Hasanah pada materi hidrolis. Data penelitian diperoleh dengan metode dokumentasi untuk mendapatkan daftar nama-nama peserta didik kelas XI jurusan IPA MA Uswatun Hasanah dan metode tes untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik yang diperoleh dari nilai pre-test, post-test, dan retest. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran melalui model POGIL bermuatan Multiple Level Representation dapat meningkatkan tingkat penguasaan konsep dan retensi peserta didik kelas XI IPA MA Uswatun Hasanah. Terdapat 30% peserta didik mengalami peningkatan penguasaan konsep kategori tinggi, 40% pada kategori sedang, dan 30% pada kategori rendah. Adapun tingkat retensi peserta didik adalah 92,7% yang tergolong tinggi.Downloads
References
Afidah, N. (2014). Efektivitas Pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) Pada Tatanama Senyawa dan Isomer Alkana, Alkena, dan Alkuna di Kelas X MA Kartayuda Blora, Skripsi, Semarang: IAIN Walisongo, hlm. 97-98.
Chandrasegaran, L., Treagust, D.F and Mocerino, M. (2007). The Development of A Two-Tier Multiple-Choice Diagnostic Instrument for Evaluating Secondary School Students’ Ability to Describe and Explain Chemical Reactions Using Multiple Levels of Representation, Journal of RSC, Australia: Curtin University of Technology, hlm. 304
Chang, R. (2005). Kimia Dasar: Konsep-konsep Inti, Jakarta: Erlangga, hlm.6
Darmawan, D. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, hlm. 242.
Hanson, D. (2006). Instructor’s guide to processoriented-guided-inquiry learning. Lisle, IL: Pacific Crest.
Johnstone, A.H. (2000). Teaching of Chemistry-Logical or Psychological? Chemistry Education Research and Practice, 1(1), 9. https://doi.org/10.1039/a9rp90001b
Purba, M. (2002). Kimia Untuk SMA Kelas XI, Jakarta: Erlangga, hlm. 88.
Seager, S.L. dan Michael R.S. (2008). Chemistry for Today: General, Organic, and Biochemistry, USA: Thomson Learning, hlm. 291.
Suryabrata, S. (2011). Metodologi Penelitian, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, hlm. 92.
Widyaningsih, S.Y. (2012). Model MFI Dan POGIL Ditinjau dari Aktivitas Belajar dan Kreativitas Siswa Terhadap Prestasi Belajar, Vol. 1, No. 3, hlm. 268
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.