Penerapan Model Blended Learning untuk meningkatkan Pemahaman Konsep Termokimia Siswa
DOI:
https://doi.org/10.21580/jec.2019.1.1.3830Keywords:
blended learning, pemahaman konsep, termokimiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model blended learning untuk meningkatkan pemahaman konsep termokimia pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experimental dengan Randomized Posttest Only Control Design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Lasem. Data penelitian yang diambil berupa pemahaman konsep siswa melalui hasil belajar kognitif. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara dan observasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis uji t-test related (Independent-Sample T-Test) dari hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil dan analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan model blended learning efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep termokimia siswa. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai evaluasi pemahaman konsep termokimia kelas eksperimen sebesar 77,3 dan kelas kontrol sebesar 69,7 dan pada pengujian juga didapatkan hasil yaitu thitung = -4,672 dan ttabel = -2,037 (α = 5%) sehingga thitung < ttabel.Downloads
References
Afdhila, R, Nazar, M, dan Hanum, L. 2012. Penerapan Pembelajaran Blended Learning Pada Materi Larutan Penyangga di SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK), 2 (3): 165-172.
Alam, U. D.; Syarifuddin & Manurung, B. 2016. Pengaruh Blended Learning Berbasis Edmodo & Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi & Retensi Siswa Pada Sistem Peredaran Darah Manusia Di Kelas VIII SMAN 5 Medan. Jurnal Pendidikan Biologi, 6 (1): 260-266.
Alfi, S. S. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas 8 Di SMAN 36 Jakarta. Skripsi. Makassar: Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Fisika Pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.
Aprina. 2009. Penerapan E-learning vs Blended Learning di Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Lampung. Manajemen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Lampung. (Online), (http://blog.unila.ac.id/ adhel/files/2009/06/mini-paper-sistiminformasi-manajemen2.pdf, diakses 2 januari 2019).
Budhi, J. P. 2013. Penerapan Blended Learning dengan Number Heads Together Untuk Meningkatkan Minat & Prestasi Belajar pada Materi Kelarutan & Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas XI IPA 1 SMAN Gondangrejo Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 2 (4): 96-101.
Creswell, J. 2009. Research Design; Qualitative, Quantitative, and Mix Methods Approaches. California: SAGA.
Hadi, A. S. 2012. Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hikmah, N. A. 2017. Efektivitas Media Pembelajaran Edmodo Terhadap Minat Belajar & Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fisika Kelas XI IPA SMAN 1 Ternate Riau. Skripsi. Makassar: Jurusan Pendidikan Fisika Pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.
Kose, U. 2010. A Blended Learning Model Suported With Web 2.0 Technologi. Jurnal Procedia Social & Behavioral Sciences, 2 (2): 2794-2802
Majid, A. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.
Munir. 2012. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Yogyakarta: Alfabeta
Rahmawati, D. 2008. Analisis Faktor-faktor Yang Berpengaruh Terhadap Pemanfaatan Teknologi Informasi. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 5 (1): 107-118.
Sandi, G. 2012. Pengaruh Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Kimia Ditinjau Dari Kemandirian Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 45 (3): 241-251.
Sari, M. 2014. Blended Learning, Model Pembelajaran Abad Ke-21 Di Perguruan Tinggi. Ta’dib, 17 (2): 126-136
Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Sita, D. A & Elizabeth, M. R. 2014. Penerapan E-learning Melalui Edmodo Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Simulasi Digital Siswa Kelas X APK 1 SMKN 1 Magentan. Jurnal Admistrasi Perkantoran, 2 (2): 1-21
Wibowo, T, Supartono dan Supardi, K. I. Pengembangan Modul Termokimia dengan Pendekatan Inkuiri Terpadu Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Logika Siswa. Journal of Innovative Science Education, 4 (1): 1-6.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.